Kingdom: Joseon Exorcist Mengantarkan Saya ke Kingdom.

Syukurlah baru kenal drama ini setelah hampir semua orang sedang harap-harap cemas menantikan season 3.
Karena apa? ASLI SERU BANGET!! Bisa penasaran kalau berhenti di season 1 dan nungguin yang kedua.

Joseon Exorcist yang membawa saya kepada Kingdom. 2 episode drama horror besutan SBS tersebut bahkan saya bisa nonton masing-masing episodenya dua kali, tetapi memang sejak awal saya khawatir Joseon Exorcist akan dibanned karena keabsahan sejarahnya.. cerita yang terlalu mengada-ada. Masyarakat Korea Selatan paling sensi jika menyangkut sejarah Joseon.

  1. Karena Raja pertama Joseon, Lee Seong Gye atau Raja Taejo. yang dulunya merupakan seorang Jenderal perang tersohor berhasil menaklukan dinasti Georyo.. kemudian mendirikan Joseon. Terlihat menghantui sosok Raja Taejong.. yang barangkali itu adalah Azazel yang sedang mengolok Raja Taejong karena Raja Taejong menggulingkan tahta kakaknya, anaknya Raja Taejo salah satunya bernama Lee Bangwon.. Lee Bangwon dari artikel yang saya kepoin.. dan beberapa drama sejarah yang pernah saya tonton.. juga merupakan anak yang paling banyak kontribusinya membantu ayahnya melawan Georyo. Mendapatkan tahtanya setelah melakukan pemberontakan pada Raja Jeongjong.. Kakaknya Lee Bangwon. Kemudian dikenal sebagai Raja Taejong. Naaah… Raja Taejong ini sepertinya di Joseon Exorcist berkongsi dengan Raja Taejo untuk melawan Georyo menggunakan roh jahat dari barat bernama Azazel.., meski baru eps 2 saya nangkepnya gitu. Atau.. Raja Taejong menggulingkan tahta Raja sebelumnya dengan bantuan para roh jahat. Dapet fiksi begituan ya marahlah warga Korea! Wkwkkw, melencengnya jauh banget.. yang nulis naskah jelas-jelas lagi bunuh diri. Apa nggak konsultasi duluan sama pakar sejarah ya?………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  2. Joseon Exorcist, “EXORCIST” yang hobi nonton triller dan horor pasti bisa nebak kalau drama tersebut bakalan masukin Pastor. Ya ngawur lagi kan? Wkwkkw Joseon itu terkenal sekali dengan paham Konfusius.. dimana perempuan biasa yang bukan bangsawan dianggap paling tinggi kedudukannya adalah menjadi Gisaeng atau penghibur, teman minum-minum. Jika bangsawan dia paling mentok akan dinikahkan.. jadi penghubung keluarga sesama bangsawan agar kedudukan semakin kuat. Kalau beruntung dan masih ada keturunan dari fraksi dalam istana bisa banget menjadi Ratu atau Selir. Lah.. kog gw cerita ginian? Wkwk.. ya intinya Konfusius.. serba tertata dan ajarannya lebih banyak seperti puisi yang super bijak (Menurutku..).Dimasukin Pastor?? Laah.. ngamuknya dobel dong warga korea.. hahaha………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
  3. Beberapa pakaian tokohnya terlihat seperti kebudaya’an Cina, mungkin di bagian rambut yang digerai, baju compang campingnya kog tidak serapih itu, stylenya membuatku teringat pada drama cina. Apalagi Korea-Cina sedang panas-panasnya karena Cina mengklaim hanbok adalah kebudaya’annya.

.
.

.
dan naskahnya bocor kalau anak ketiganya Rajalah yang akan menjadi Raja berikutnya, tokohnya diperankan Dong Yoon. Padahal saya juga lumayan suka karena ada Park Sung hoon.

Dibanned, banyak sponsor yang mundur. Tempat syuting melarang mereka lanjut syuting.
Agak kecewa.. tapi sejak melihat ada pastor di sana saya sudah curiga drama ini tidak akan bertahan lama.

Keputusan yang bijak, di negeri saya sendiripun jika melihat Sejarah mendasar dilencengkan sejauh itu pasti juga marah.
Tapi saya menikmati drama ini kog, saya menganggapnya fiksi semata yang menghibur.
Tetapi harus diakui juga, kalau anak-anak atau orang yang tidak tau sebelumnya tentang Joseon.. akan salah paham dan menjadikannya PAKEM.

Seperti semisal, kenapa Spongebob dan Tom & Jerry sempat dilarang tayang di TV? Mungkin beberapa orang yang nyensor beranggapan gak baik untuk tumbuh kembang anak.. anak yang nonton tikus berantem dengan kucing akan menganggap pukul-pukulan dan saling rundung adalah hal biasa dan lumrah gak dosa, atau beberapa karakter di Spongebob yang rada gak masuk akal.. sepelit Tuan Krab atau gak pakai baju lengkap macam Patrick & Squidword. Palingan gitu yaaaa.. wkwkwkkwk, alam bawah sadar bocil membenarkan.. wkwk
Takutnya pas gede justru pas mukul temennya dia BIASALAH~!!

Kek gitu kasusnya paling ya.. hahahhaa

**

.

.

.

Sinopsis singkat:

Sepertinya ini sepenuhnya fiksi, mereka cuman pinjam latar Joseon dan tidak menggunakan nama-nama Raja sesungguhnya.

Raja sudah sakit selama berhari-hari, tidak ada yang mengetahui keadaannya selain tabib, kasim, dayang terdekatnya. Juga Ratu dan Menteri Jo Hak Joo. Bahkan Putera Mahkota tidak diizinkan oleh Ratu untuk menjenguk ayahnya sendiri.
Lee Chang adalah satu-satunya anak Raja, jika Raja wafat maka Chang lah yang akan menempati tahta. Tetapi.. Jo Hak Ju punya rencana lain, Ratu adalah anak gadisnya dan sedang mengandung anak Raja.

Jo Hak Ju ingin anak itu lahir setidaknya sebelum Raja wafat.. agar bisa memonopoli pemerintahan dan memperkuat kedudukan klannya. Sayangnya Raja sudah wafat setelah diobati dengan berbagai cara karena sudah tua dan belum diketahui penyakitnya apa? Mengingat terbatasnya pengetahuan medis saat itu, maka setelah itu Jo Hak Ju berinisiatif menghidupkan Raja kembali menggunakan tanaman kecil berwarna ungu yang disebut tanaman pembangkit.
Raja bisa hidup kembali tetapi sebagai zombie yang haus akan darah dan daging manusia.

Selama itu pulalah Jo Hak Ju merantai Raja yang tidur disaat pagi sampai sore, terbangun dengan buasnya saat matahari tenggelam. Setidaknya Raja harus hidup sampai anak Ratu lahir meski sebagai monster mengerikan, karena Chang adalah anaknya Selir.. jadi anak yang lahir langsung dari Ratulah yang lebih berhak untuk menempati tahta nantinya.

Lee Chang melakukan perjalanan ditemani oleh Moo Young si pengawal pribadinya untuk menemui tabib yang terakhir merawat ayahnya. Menanyakan kebenarannya karena dia curiga ada yang Ratu dan para pendukungnya sembunyikan selama ini, disaat yang sama dia difitnah akan melakukan pemberontakan. Nahasnya Tabib yang dia cari telah berubah menjadi Zombie.. Chang melihat sendiri zombie-zombie dan mulai bertarung untuk memusnahkannya dan menghindari pasukan yang hendak membawanya kembali ke istana.

Lee Chang bertemu dengan Seobi yang merupakan murid dari tabib yang dicarinya, juga Young Shin si orang yang pandai bela diri serta menggunakan senjata melebihi pengawal kerajaan terlatih.. yang akhirnya setia padanya karena melihat masa depan yang baik jika Lee Chang yang memimpin Joseon kedepannya. Selain tujuan utamanya adalah balas dendam kepada Jo Hak Ju dan An Hyun. Karena penduduk desanya dibunuhi dan dijadikan sebagai zombie untuk melawan Jepang.

Lee Chang juga sempat bertemu dengan gurunya yang bernama An Hyun, mereka bersama dengan orang-orang yang mau mengikuti mereka memerangi para zombie yang terus menerus muncul karena Jo Hak Ju hendak membunuh Chang bersama para pengikutnya, pun juga dendam karena Chang memenggal kepala anak lelakinya.

Plot Twistnya, ternyata Ratu sudah lama keguguran. Dia pura-pura masih hamil, menuju hari H kelahiran dia sengaja mengambil bayi laki-laki dari para perempuan yang hamil dan melahirkan di hari yang sama seharusnya anaknya dilahirkan jika masih ada dalam kandungan. Jo Hak Ju murka mengetahuinya, hendak menggulingkan posisi Ratu, lebih memilih mencari kerabat jauh Raja yang diasingkan di Pulau Ganghwa. Tetapi sepertinya Ratu meracuninya karena dendam pada ayahnya tsb selama ini, dendam karena diremehkan hanya karena dirinya adalah perempuan, kemudian apapun yang terjadi Ratu akan tetap naik tahta dan menjadikan anak tersebut sebagai alat kekuasaan kedepannya.

Lee Chang sudah memasuki istana dan hendak menghukum Ratu yang telah memalsukan kehamilannya. Beserta para pendukungnya.. para Menteri dan petinggi istana seharusnya sudah mulus mulus aja kan jalannya? Tapi.. Ratu sengaja mengeluarkan para Zombie yang dikurung sebelumnya sehingga menimbulkan kekacauan di istana sampai dirinya sendiri juga menjadi zombie.

Seo Bi membawa bayi tadi, yang sebenarnya adalah anaknya Pengawal Pribadi Lee Chang atau Mooyoung. Seo Bi mengobatinya dengan memasukkannya ke dalam air seperti yang dia lakukan pada Jo Hak Ju sebelumnya, beberapa parasit zombie keluar tetapi kasus terhadap bayi ini masih membuat Seo Bi penasaran.

Lee Chang menggiring para zombie ke danau yang beku, saat mereka semua yang sudah tergigit dan para zombie masuk ke air akhirnya para cacing parasit keluar.

Endingnya.. Sebagai Putra Mahkota yang merasa bersalah karena telah memenggal kepala Aba Mama-nya, sekalipun saat itu Raja sudah menjadi zombie.. tentunya Chang tetap merasa terpukul karena seperti membunuh ayahnya sendiri. Lagipula dia anaknya selir dan dianggap memberontak, merasa tidak pantas naik tahta. Meski tahu bayi di tangan Seo Bi bukan dari keturunan ayahnya, Lee Chang lebih memilih ditulis di sejarah sudah meninggal bersama Raja dan Ratu disebabkan karena wabah. Tidak perlu tulis detailnya seperti apa.

7 tahun kemudian Raja kecil masih dalam pengawasan para orang dalam mulai mempertanyakan kenapa keluarganya meninggal, meski tidak memiliki darah kerajaan dari silsilah seharusnya.. ku pikir keren juga karena dia ini dijaga oleh Pamannya Lee Chang yang masih berdarah kerajaan.

Sebenarnya setelah mundur dari istana, Lee Chang bersama Seo Bi dan Young Shin melakukan penyelidikan lebih mendalam tentang tanaman pembangkit dan zombie.. serta beberapa kasus berbeda di tiap daerah, bagaimana zombie bisa hidup dan karakteristiknya.
Ending dari Season 2 sungguh jahil pemirsaaa, karena memancing rasa penasaran kita lebih lagi.. wkwk

ditemukan tanaman pembangkit hampir ada di seluruh negeri ini, bahkan ada yang sengaja menanamnya untuk dijual kembali ke pihak cina. Terlihat beberapa zombie dikurung di balok-balok kayu dan dirantai, sepertinya sedang diteliti untuk disempurnakan..
semisal kan.. sebelumnya dibilang takut air, mati jika dipenggal, orang yang tergigit akan menjadi zombie berikutnya, takut api, jika suhu udaranya dingin mereka bisa keluar siang hari.

dan Jun Ji Hyun noleh ke layar.. kemudian ending..

bikin penasaran kan? Wkkw geregetan..

.

.

.

.

.

.

.

Terima Kasih Kepada Song Joong Ki.. Saranghae~

Melihat di Asianwiki ternyata semula karakter Putra Mahkota ditawarkan kepada Song Joong Ki (Descendant of the Sun). Saya bengong.. WTF! Ku pikir langsung jatuh ke tangan Ju Ji Hun. Song Joong Ki itu imut wajahnya, sedangkan Ju Ji Hun laki abis.. mereka tentunya memiliki pesona berbeda. Tetapi saya tidak bisa membayangkan jika karakter Lee Chang diperankan selain Ju Ji Hun. Kharismatiknya gilaaaseeh.. keren luar biasa! Masih terngiang-ngian dia di “Hyena” pas bilang “Ku ingin semua waktuku jadi milikmu.. ❤️” Hahaha.

Betewe kabarnya Song Joong Ki menolak Kingdom karena ingin lebih fokus dalam persiapan pernikahannya dengan Song Hye Kyo saat itu.

.

.

.

Adegan Kesuka’an!

Ketika Lee Chang melemparkan tanda pengenalnya di kantor petinggi desa wabah pertama.

Pejabat yang semena-mena tadi ketakutan karena sedang berhadapan dengan Putra Mahkota.

Semua penduduk di sana langsung bersujud di tanah.

*”

Atau saat Chang memasuki gerbang Hanyang, dia nunjukin pengenalnya lagi. Penjaga yang jaga gerbang langsung lari tunggang langgang melapor ke atasan karena Putra Mahkota datang.

Saat Lee Chang memutuskan untuk merelakan kekuasaan didepan matanya dan mencurahkan uneg-uneg hatinya.. membunuh Raja dan dianggap penghianat, meski para petinggi istana memaksanya membunuh bayi di tangan Seo Bi agar dirinya bisa menjadi Raja berikutnya. Padahal kita pun sebagai penonton menginginkan ending sebahagia itu… Lee Chang naik tahta dan membangun negeri sesuai keinginannya bebas dari pejabat korup dan tidak adil. Setelah semua hal berat yang Lee Chang alami sebelum ini.

**

Momen ketika cacing-cacing parasit keluar dari tubuh. Sebel kan ya? Lihat modelan sekecil ini mengacaukan seluruh negeri.. wkwkw,

**

Saat lihat Pil Go memerankan Raja kecil, Pil Go memang langganan memerankan film dan drama berkualitas. Doi anak kecil yang berkemah saat hujan di Film Parasite.

**

Melihat Park Byung Eun memanah, ganteng.. auranya berwibawa gitu wkwk, gatau kenapa saya suka lihat beliau ini. Semenjak kenal di drama Oh My Baby dengan Jang Nara. Ternyata teman baiknya Cha Tae Hyun dan Zo In Sung.

**

Pas Seo Bi menemukan jari di panci sup yang dimasak. Kemudian bertengkar dengan Young Shin karena sudah tega memasak daging mayat.

**

Saat Mooyoung meninggal kemudian dalam keadaan sekarat dia meminta maaf dari lubuk hatinya yang paling dalam, karena sudah berkhianat demi istrinya dan ancaman pihak Jo Hak Ju. Bahkan dia mengingat-ingat kebaikan Putra Mahkota yang memergokinya mencuri kudapan demi istrinya yang tengah hamil, Lee Chang justru menyuruhnya mencoba makanannya terlebih dahulu sebelum diberikan ke istrinya. Ia hanya ingin Moo Young setia padanya sampai akhir hayat. Saya nangis pas adegan tersebut.
Banyak banget sih, hampir semua adegannya saya suka.

.

.

.

Zombie Lainnya?

Saya belom nonton Train to Busan, belum..beluuum. Padahal kelihatannya seru, nanti kapan-kapan.

Katanya nuansa Kingdom sama dengan Train to Busan. Baru kali ini sih saya nonton drama genre Sejarah tetapi horor begini. Biasanya yang romantis-romantis atau lucu.

Terakhir Mr Queen, Ratu yang bodor.. yang pastinya Ratu Cheorin ini dianggap diejek juga oleh warganet, karena mana ada Ratu seaneh itu?? Netizen Korea memang sensitif sekali kalau membicarakan sejarah. Apalagi Drama Sejarah yang dianggap tidak sesuai fakta sebenarnya. Dulu drama Jang Ok Jung juga dibilang gak bagus karena melenceng juga dari sejarah.

Kingdom 3 menurut kabar burung yang beredar akan lebih menyorot sosok Ashin (Jun Ji Hyun) dan Min Chi Rok (Park Byung Eun). Tayang 2021 tetapi tepatnya belum pasti.
Semoga 6 episode juga ya.. soalnya dikabarkan hanya akan menjadi 1 episode spesial. Huhuhu..

.

.

.

Sumber:

– Asianwiki
http://deleigeven.blogspot.com/2014/05/dinasti-joseon-waktu-dan-peristiwa_16.html?m=1
– news.abs-cbn.com
– imdb.com
– hellokpop.com
– line.17qq.com

Don't be shy. Leave a reply ;)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s