Kdrama; Sweet Home yang Sama Sekali Tidak Sweet.

Still can’t get enough for this.

Karena saya lebih sering buka youtube, terkadang ada iklan menyelip diantara video yang saya tonton. Atau sekadar banner kecil poster Sweet Home, saya tertarik dengan karakter yang diperankan Lee Do Hyun. Seorang pria berbaju kotak-kotak dengan rupa yang lusuh. Film apa ini? Penasaran.. tetapi belum berminat untuk mencari tahu lebih lagi.

Kemudian di Running Man entah episode ke berapa diundanglah Lee Si Young, Lee Do Hyun, Song Kang, Lee Jin Wook. Dalam rangka mempromosikan projek mereka “Sweet Home”.

Akhirnya saya mulai mencari apa sih Sweet Home itu? Oh.. ternyata drama korea yang diproduksi Netflix, merupakan drama yang diangkat dari webtoon terkenal. Kim Kan-Bi (webcomic), Hwang Young-Chan (webcomic) yang menciptakan Sweet Home. Memang lagi musimnya mengangkat cerita dari webtoon menjadi drama ya?

Sayang sekali hanya memiliki 10 episode, padahal kan penasaran para monsternya apa saja? Webtoonnya pun yang bisa diakses.., mungkin karena saya rada kudet jadi gak tau baca full episodenya dimana? Soalnya kalau webtoon versi Indonesianya yang legal baru berapa episode doang.

Cha Hyun Soo

Cha Hyun Soo Saya pertama kali melihat Song Kang disini, ternyata dia juga pernah main drama bareng Kim So Hyun, Kim So Hyun cewek lho ya.. bukan Kim Soo Hyun, wkwk memang kedengarannya lebih anggun Kim Su Hyun buat cewek tapi plis bacanya emang Kim Su Hyun (Drama It’s Okay itu lho).

Di dramanya diceritakan dia ini baru saja kehilangan keluarganya yang meninggal karena kecelaka’an. Hyun Soo semula hanya mencoba ramah ke salah seorang temannya, tetapi malah disalahpahami, dan akhirnya menjadi bulan-bulanan para geng anak-anak nakal. Hyun Soo dikucilkan oleh banyak orang, bahkan keluarganya. Membuatnya menutup diri, tidak percaya orang karena kebaikannya dianggap sia-sia.

Membuatnya menolak pergi ke sekolah dan hanya bermain game online. Sampai orangtua dan adiknya meninggal pun dia harus berjuang dengan sisa uang yang tidak seberapa. Ya marah lah dia, masih usia sekolah tetapi ditinggali warisan segitu aja? Wkwkk #plakk, dia nangis bukan karena sedih mereka mati tapi sedih bagaimana dia akan melanjutkan hidupnya nanti? Bedebah.. hahahaha..

Lalu dia pindah apartemen, perumahan Green namanya. Sejak datang ke sana suasananya sudah aneh, penjaga keamanan yang memotong rumput dengan mesin pemotong rumput, bahkan pisaunya terlontar nyaris mengenai wajahnya. Sesampainya di kamar Hyun Soo juga dibuntuti untuk segera mengisi identitasnya.

Hyun Soo datang bukan untuk tinggal, melainkan sudah jauh-jauh hari merencanakan bunuh diri. Yang saya heran dari Hyun Soo di drama dengan webtoon entah kenapa jauh sekali, atau cuman perasa’anku saja. Di Webtoon masih kelihatan sedikit atraktif karena bicara dalam hati dan mengungkapkan keresahannya dan pemikirannya. Seperti dia curiga kenapa Bapak Penjaga keamanan sok asik, mba mba yang jadi monster di ruang sebelahnya kog punya kucing ya? Hyun Soo pun juga memerah sendiri wajahnya karena bisa denger mba mba itu mandi, agak kesal karena suara band band-bandanannya Ji Soo tengah malam. Menggerutu karena mienya datangnya telat. Tapi Hyun Soo di drama lebih tertutup lagi, mungkin konsepnya begitu ya? Beneran dibuat setertutup itu untuk ngasih feel ke penonton kalau Hyun Soo sudah tidak tertarik untuk hidup lagi, sudah banyak dikecewakan oleh dunia.

Lee Eun Hyeok,

Lee Do Hyun Kelihatan Ganteng Di Sweet Home. Pertama kali mendengar Lee Do Hyun adalah di Hotel De Luna, aktingnya dikritik di sana oleh beberapa orang. Kurang tau ya? Saya baru ini lihat Do Hyun secara utuh akting, biasanya di Variety Shows dan kelihatan polos ceroboh lucu. IU baik lho..Do Hyun dikirimi truk minuman sebagai penyemangatnya syuting. Tapi saya cukup puas dengan Lee Do Hyun sebagai Lee Eun Hyeok, saya baru di Sweet Home inilah beneran ngasih atensi banyak ke Do Hyun.. wkwk, gimana sih? Aktor kelahiran 1995 ini jadi magnet tersendiri saat lihat teaser atau posternya.

Semula Lee Do Hyun ini casting mengincar tokoh utama (Hyun Soo), Do Hyun lumayan tertarik dengan karakternya Hyun Soo. Tetapi dia gagal dan diberikan naskah untuk menjadi Lee Eun Hyeok. Tapi dia tidak menyesal, suatu kehormatan bisa terlibat dengan produksi Sweet Home.

Lee Eun Hyeok adalah kakaknya Lee Eun Yoo. Dia sedang cuti kuliah kedokterannya karena fokus membiayai les baletnya Eun Yoo. Mereka bukanlah saudara kandung, sepertinya ayah dan ibu mereka menikah sehingga membuat mereka bersaudara atau mereka berdua salah satunya adalah anak angkat, kurang tau juga sih.. kalau ada yang tau boleh banget dikoreksi bebs..

Keberada’an Eun Hyeok sebagai pemimpin dan mengarahkan semua yang masih bisa diselamatkan di lantai satu. Dia yang dingin, terkesan main aman endingnya malah memutuskan mati tertimbun runtuhan gedung. Padahal Eun Hyeok lari masuk ke banker bisa harusnya ya kan? Hiks..

Keputusan Eun Hyeok yang membuatnya terkesan jahat; dia meminta Seo Yi Kyung mengecek listrik yang padahal di sana ada monster laba-laba, sehingga membuat Yi Kyung harus mati-matian bertahan hidup. Selamat, setelah sampai ke lantai satu dia menonjok perut Eun Hyeok.

yang kedua saat membuat Cha Hyun Soo menjadi senjata mereka, memanfaatkan kemampuan Hyun Soo yang cepat pulih tetapi belum berubah sepenuhnya menjadi monster karena masih bisa mengendalikan diri.

Eun Hyeok tidak sejahat itu kog, dia membantu mengoperasi Ji Soo yang usus buntu. Berusaha mencegah Hyun Soo dan mengajaknya pergi bersama penghuni lainnya.

Seo Yi Kyung,

Pemadam Kebakaran yang Sangar. Lee Si Young itu adalah perempuan kaya yang dirundung di Boys Before Flower, dia dibilang operasi plastik kemudian digunjingkan satu sekolah. Akhirnya milih pergi. Waktu itu masih imut banget!! Setelahnya dia aslinya memang menjalani operasi plastik beneran, padahal mukanya udah cantik alami ya? Duh..

Sekarang masih cantik, kelahiran April 17, 1982 dan sudah menikah serta dikaruniai anak.

Lee Si Young merupakan artis yang juga tergabung dengan TimNas Tinju, bukan sekadar olahraga untuk pribadi tapi dia beneran jadi atlet. Waw kan?

Auranya memang gangster, kuat menakutkan. Kita bisa lihat ototnya saat kejar-kejaran dengan laba-laba. Lee Eun Hyuk ditonjok perutnya dan ada adegan didorong ke tembok wkwkwk, atit ya Mas? Hahahah..

Pasangannya adalah dokter dan terinfeksi monsterisasi juga, Yi Kyung sempat melihat blog pacarnya itu yang ternyata memberikan informasi tentang monsterisasi. Sepertinya gini, mereka sudah mendaftarkan pernikahan mereka tetapi belum ada resepsian. Soalnya kadang dibilang tunangan kadang dibilang suaminya.. kan saya bingung, wkwk

Yang jelas sembari melawan monster, dia juga mencari pacarnya. Ternyata Yi Kyung sedang hamil anak mereka.

Pyeon Sang-Wook

Pasti ada karakter yang ditambahi dan ada yang disesuaikan, toh pencipta Sweet Home juga berkontribusi sebagai penulis dramanya juga.

Kalau di drama Sang Wook kelihatan bengis, jarang bicara, bertindak sesuka hati. Benar-benar dingin dan tidak bisa dicegah. Keberada’annya serba misterius.

Wajar dong saya kaget saat baca webtoon-nya kog Sang Wook chill banget? Ala ala ngopi ora oraaaa!! Genjeeh~! yang banyolan dan temennya semua orang.

Tetapi so sweet sih dia bisa lumayan luluh oleh Yoo Ri dan mati-matian menolongnya meski ditembaki.

Lee Jin Wook aslinya berhati hello kitty baik hati dan mudah tersentuh.

Penampilannya yang rapih dan pagi-pagi nyebut-nyebut Tuhan membuat kita curiga dia adalah misionaris. Wwkwk,

padahal cuman orang baik yang sempat punya hobi mabuk-mabukan, karena monster dia jadi punya kesempatan untuk menggunakan pedang samurainya. Jung Jae-Heon sebelum meninggal sudah menyatakan cinta ke Ji Soo yang terkulai lemah selepas dioperasi Eun Hyeok, maklum sih.. bisa secepat itu cinta datang karena sama-sama menjalani masa sulit, kiamat monster-monster. Jung Jae-Heon yang menciptakan monster gak bisa lihat karena mene bas kepalanya.

Sumpah ngilu banget lihat Jung Jae-Heon bertarung melawan monster penjaga gedung yang mukanya hancur dan membawa mesin pemotong rumput, walhasil tangannya terpotong dan merelakan dirinya mati bersama si monster demi menyelamatkan semuanya.

Ji Soo

Mba Mba kalem yang bernama Nam Joo Ri di It’s Okay to Not Be Okay ini kali ini menjadi mba mba metal. Aktris kelahiran 93 an ini ternyata maen di Romance is a Bonus Book kog saya gak tau ya? Wwkk dia kan baru terkenal setelah gelud sama Moon Young rebutan Gang Tae.

Diriku kalau sudah nonton suatu drama biasanya bisa langsung hafal nama asli aktor aktrisnya kalau menarik hati, jadi lumayan sebel sama anak-anak yang baru kenal drama dan nyebutnya cuman si itu si ini yang main di itu ini, wkkw sebel banget.. apalagi sebel taunya cuman Moon Young Kang Tae Han Ji Pyeong Nam Do San, wkwkkw. Seo Ye Ji, Kim Soo Hyun, Kim Seon Ho, Nam Joo Hyuk.. pelan-pelan… menghargai hal-hal kecil yuk.. wkwk,

Ji Soo termasuk penghuni baru di Green Home, dia musisi indie. Hobinya ngerokok sambil mengetes bass atau latihan band band-annya malam-malam. Gak heran kalau di webtoon si Hyun Soo ngedumel karena berisik, secara.. dindingnya tidak kedap suara.

Pernah ke rumah susun? Rumah susun yang ada liftnya wkwk, keknya gak secanggih itu tapi juga tidak seprimitif itu si Green Home ini.

Ji Soo nangis habis-habisan sepeninggalnya Akang Guru Bahasa Korea yang rajin ke gereja tiap minggu, alias Jung Jae-Heon. Merasa terpukul karena mengira dirinya adalah pembawa sial, karena sebelumnya dia juga punya pacar anak band. Meninggal karena bunuh diri, meninggalkan bass yang dia bawa-bawa sebagai peninggalan terakhir untuk Ji Soo. Saya ngakak lihat barang-barang yang dibawa Ji Soo salah satunya adalah satu slop rokok, Marlboro merah pula’… di Indonesia itu mahal lho mba, 30k ke atas di sini.. dianggap salah satu rokoknya cowok tajir.. bukan Esse berry pop, honey, po double click gitu lho, Esse kan rokoknya orang Korea, produksinya dari sana… hahahahaha… aku benci orang ngerokok tapi paham rokok, hahahaha Astagfirullah..

Tapi kzl juga karena ada adegan Ji Soo kelihatan dodol banget.. jelas-jelas yang gedor-gedor pintu ruangannya bukan manusia, masih bisa-bisanya mencemaskan “Apa kau sakit? Ada apa dengan wajahmu?” hilih..

Kalau Hyun Soo lebih kreatif lagi, “Bisa tolong perlihatkan tanganmu..?”

Lee Eun Yoo

Saya suka saat dia adegan menari balet dan diperhatikan Hyun Soo, kemudian memarahi Hyun Soo jangan bunuh diri di sini, akan menyusahkan banyak orang. Meski kelihatannya kasar, Eun Yoo juga punya sisi baik kog. Masih mau ngajakin Hyun Soo mengobrol, memarahi penghuni egois.

Dia berhenti balet karena kakinya sakit, merasa bersalah pada Eun Hyeok. Walau kasar pada kakaknya dia sepertinya cuman tidak mau menjadi beban kakaknya, hubungan kakak adek ini lumayan so sweet pas endingnya Eun Hyeok dengerin musik dan memandangi foto keluarga mereka saat ayah dan ibu masih ada.

Adegan favoritku saat Eun Yoo memaki Bapak Bapak pemilik minimarket yang botak itu dengan tangannya, ala-ala anak tik tok wkwkwk. Juga saat ngajakin Hyun Soo janjian.. kemudian kepergok Eun Hyeok “Selamat, kalian adalah cinta pertama..”

Monsterisasi

Mereka ada karena hasrat manusia yang berlebihan dan sudah tidak terbendung lagi. Huwaaaa… saya butuh 3 harian (?) untuk lumayan move on dengan monsternya. Karena ngeri, sebelum sinematografi banyak bermain.. aslinya costum para monsternya juga membuat merinding disko. Dengar-dengar demi 10 episode yang menakjubkan ini, Sweet Home menjadi drama dengan budget yang sangat tinggi.

Biasanya tayangan Netflix adalah tayangan yang berseri, tidak menutup kemungkinan Sweet Home akan dibuatkan seri keduanya. Mengingat bagaimana kita masih butuh penjelasan bagaimana monster itu terjadi? Katanya pemerintah memiliki andil atas percoba’an? Ataukah ini murni bencana alam? Atau bagaimana? Bisakah dimusnahkan dan manusia kembali hidup normal?

Monster favorit? Wahahahaha… pertanya’an macam apa itu? Si slime ijo mungkin? Bukan karena saya suka warna hijau pekat. Lebih karena imut dia bantuin Yeong Su bersembunyi, eh.. saat mau ngajak Yeong Su main malah dibakar para penghuni. Pemerannya Yeong Su namanya Choi Gu, saya sudah kenal aktingnya dia di Into the ring.. menjadi anak kecil yang ngikutan mikirin politik wkwk.

Belum semua monsternya dimunculkan, usut punya usut ada monster ganteng. Dulunya aktor gitu.. terobsesi, tiap ketemu orang nanyain “Aku ganteng gak?” Padahal mukanya mengerikan heuhu~

Jangan nampilin monster ya? Ngeri saya tuh, . Yang masih agak bisa diterima ya si Protein, berasa lihat Kim Jong Kook cosplay.

Satu kata untuk Sweet Home?; “DAEBAK!”


Don't be shy. Leave a reply ;)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s