Sungkyunkwan Scandal 2 || Pernah Naksir Tokoh Dalam Buku? Saya Sering!

Gu Yong Ha, Kim Yoon Hee, Lee Seon Joon, Moon Jae Shin

Mungkin beberapa kawan akan mengirimkan link lomba menulis padaku sesekali tiap mereka menemukan acara sejenisnya dan langsung teringat padaku. Dan saya akan menolak mentah-mentah, aku hanya iseng.. ini hanya hobi.. aku tidak seambisius itu, aku menulis hanya ketika ingin saja. Ah, aku tidak sejago itu..

Saya tidak mengerti kenapa membaca ini rasanya agak melelahkan, hanya sangat suka membaca novel, beberapa mungkin teorinya patut dipertanyakan dan diuji. Karena setiap fiksi pastinya membias bagaimanapun juga. Biarkan.. apa peduli ku? Selama aku bahagia kenapa harus dengar kata orang? hahah, ada banyak hal yang membuat kagum pada Lee Seon Joon. Ternyata Yeorim Goo Yong Ha memang sudah memiliki istri, kecewa.., tetapi hubungan mereka hanya seperti keluarga, entah kenapa ternyata Geol Oh/Moon Jae Shin lebih lembut di bukunya ketimbang di drama, saya tidak menyangka Kaisar di sini begitu kocak karena semangatnya yang menggebu menginginkan dirinya berbaur dengan para mahasiswa Sungkyunkwan. Yoon Hee yang kelewat berani meskipun dia perempuan.

Semua diksi-ku parah sekarang kalau maksa mengarang-ngarang XD, apa yang ku tulis menjadi jelek karena jarang sekali membaca buku seperti dulu. Tetapi karena suatu hal, akhir-akhir ini tiba-tiba saya ingin menerbitkan buku, apakah aku sedang jatuh cinta sehingga ingin menulis lagi? Apakah ada sesuatu yang menarik hingga hatiku terketuk lagi? Ah, bukan.. lagi lagi karena menuruti ingin saja, akan ku ceritakan kelak jika sudah selesai, sebuah ide yang benar-benar baru. Pernah sih punya dua buku yang sudah diterbitkan, beberapa tahun lalu. Sayangnya saya kurang puas karena masih mentah rasanya..

Padahal setelah menyelesaikan ini saya berjanji ke diri sendiri untuk membeli The Secret of Red Sky. Ditulis oleh Jung Eun Gwol juga. Sayangnya tak kunjung selesai, mungkin karena alurnya yang begitu lambat serta detail tempat yang sungguh banyak.

“Lakukan apapun yang kau mau, aku akan melindungimu”  Ucap Seon Joon ke Yoon Hee, argh! Meski ku tak tau sebenarnya yang dibayangkan penulisnya seperti apakah Seon Joon paras dan perangainya, begitu saja sudah…

Ketika sampai pada kalimat tersebut, saya tersenyum dan menghentikan aktifitas membaca, menghela napas karena merasa sesak sendiri.. Astagfirullah.. jatuh hati tak perlu serumit itu ternyata, disaat seseorang membiarkan orang yang dicintai berbuat semaunya dan tetap menjaga impian orang yang ia sayangi, hal sesepele kalimat tersebut lebih indah dibanding apapun.

“Kalau begitu, bolehkah aku mencintaimu dengan sepenuh hatiku?” Kata Seon Joon setelah mengetahui Yoon Hee memang wanita. Karena sebelumnya dia kebingungan apakah dia ini penyuka sesama jenis kalau kalau menaruh hati pada Kim Yoon Shik? Tetapi Yoon Shik sendiri tidak seperti pria, semua tanda fisiknya terlalu seperti perempuan. Tetapi terkadang Yoon Shik begitu tangguh dan berani melebihi perempuan. Mengikuti naluri maka Seon Joon akan dianggap tercela oleh semua orang, tetapi bersikap biasa-biasa saja makin membuatnya tersiksa.

Ya, lakukanlah.. kau bisa berbuat sesukamu dan luruhkan semua yang kau pendam selama ini. Ketika kau bertanya begitu kau hanya sedang meminta izin Yoon Hee, meski kau tau kau takkan bisa menahan diri juga setelah sekian lama menderita sakit cinta-mu itu.

Ya lucu juga cinta segitiga antara Yoon Hee, Moon Jae Shin dan Lee Seon Joon. Serta sedikit membahas masalah politik pada jaman itu, perseteruan ketiga partai.

Di bukunya tidak begini, hahahaha.. Yoon Hee ketahuan kalau dia perempuan setelah anak-anak bermain ke sungai. Malamnya Yoon Hee demam dan memaksakan belajar karena esok hari akan ada ujian penting. Tetapi Seon Joon melarangnya, menyuruhnya tidur saja. Karena Yoon Hee bersikeras untuk tetap belajar, akhirnya Lee Seon Joon membacakan buku untuknya sembari tiduran, dengan begitu Yoon Hee tetap bisa beristirahat sekaligus Seon Joon akan mengajarinya.

Modusnya Seon Joon adalah mengajarinya cara menulis karakter huruf cina dengan menggambarkannya di telapak tangan Yoon Hee, sengaja mengulangi membuat bulatan-bulatan. Padahal aslinya tentu saja ingin memegangi tangan Yoon Hee.

Menjelaskannya pun juga lucu, *dunia ini butuh keseimbangan maka dari itu ada energi yin dan yang, semuanya berpasang-pasanganan ada baik dan ada buruk, ada laki-laki dan ada perempuan, ada kau dan juga ada aku. Yang menjembatani kita berdua adalah adanya perasaan yang disebut sayang. 

Seketika saya ngakak, nutup bukunya dan kepengen lempar jauh-jauh, bangke Lee Seon Joon ini! XD. Orang kalau jatuh cinta bisa sereceh ini? Hahahahaa!

K-Drama: Mystic Pop Up Bar || Percaya Reinkarnasi?

  • Kkondae Intern: eps 21-22
  • Mystic Pop Up Bar: 12 End
  • Oh My Baby: eps 10
  • Backstreet Rookie: eps 2
  • It’s Okay Not be Okay: 2
  • Team Bulldog: Off-Duty Investigation eps 10

 

Itu semua adalah drama yang saya tonton belakangan ini, semula saya ngejar Kkondae Intern dan mencoba mencintai Park Hae Jin lagi, hahah.. sambil ngejar Oh My Baby karena kangen sama Jang Na Ra, Mystic Pop Up Bar karena saya suka sama Sung Jae BTOB.. lucu Sung Jae tuh, cukup bingung kenapa dia keluar dari Jibsabu dan yang mengisi slot kosong anak muda adalah Cha Eun Woo. Siapa yang tidak tau Cha Eun Woo? Manusia manekin, gantengnya seperti patung pahatan abad Yunani. Sayangnya saya kog kurang sreg dengan Eun Woo ya? Mulus banget kulitnya, putih bersih, minder ini.. aneh saja..

Harusnya akan adil kalau dibikin postingan satu-persatu. Wkwkwk

Sebelumnya saya mau cerita hal lucu, kenapa saya tetiba iri dengan ayam?. Nenek saya punya ayam jago, sendirian. Kalau ada uang lebih sebenernya pengen saya belikan banyak, 10 ekor apa berapa? Atau mau beli bebek saja? Rencana-ku sih.. tetapi karena terjadi perdebatan kecil, akhirnya tidak jadi.. karena ku ingin bebek, ada yang pernah lihat bebek terbang? Sejauh ini saya belom pernah, orang-orang ingin ayam. Saya memikirkan bagaimana ayam tetaplah unggas yang bisa terbang meski tidak tinggi.. *cielah.. seperti kutu kasur yang orang jawa sebutnya “Tinggi” tapi hidupnya di kasur, wkwk filosofinya? Ya silakan mimpi setinggi-tingginya paling tinggi sampai tak bisa dijamah ketika tidur, wkwk. Realitas akan selalu mengguncangmu, bahwa kehidupanmu tidak berputar-putar pada dirimu seorang.

Karena ayam jago tersebut terbang keluar kandang mengikuti betina ayam ayam tetangga. Dibelikanlah ayam betina sebagai temannya. PDKT tuh, jagonya terlihat antusias gas pol serta terlalu agresif, ya mungkin karena dia sudah lama mendambakan pasangan makanya jadi tidak sabaran. Tapi… akhirnya betinanya kabur! Mas jago sih~ gak sabaran, tapi sekesepian apapun ayam bisalah dibelikan jodohnya.. kalau manusia? Capek bangun branding dulu baru nemu pasangan pas.. tidak bisakah manusia hanya jatuh cinta saja?

wkwk intermezo! “Masa’ mau dibeli juga jodohnya kita?” tukas seorang kawan, wkwk ya enggaklah.. mungkin kita juga akan membelinya, bukan membelinya sih.. barter untung rugi mungkin? Siapa yang tau ‘kan?

Mystic Pop Up Bar duluan deh, kan sudah rampung. Kalau lihat drama tokoh utamanya adalah Hwang Jung Eum, pastinya lebih banyak unsur komedinya. Setelah ini tamat diikuti oleh dramanya Song Ji Hyo, Was it Love?.. Song Ji Hyo dari poster dramanya memang dikelilingi oleh banyak pria, melihat drama modelan begini juga di Oh My Baby.. karena dikelilingi oleh banyak lawan jenis. Kata yang terlintas dalam benak adalah “Harem”

Harem (ハーレムもの hāremumono; “dari harem”) dalam anime dan manga adalah sebuah pengisahan dari hubungan poligami atau cinta segitiga yang dikarakteristisasikan oleh seorang protagonis yang dikelilingi oleh tiga orang atau lebih dari gender yang berlawanan dan/atau sama. ( Harem (genre) – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia …id.wikipedia.org )

  • Drama: Mystic Pop-up Bar (English title) / Ssanggab Cart Bar (literal title)
  • Revised romanization: Ssanggabpocha
  • Hangul: 쌍갑포차
  • Director: Jeon Chang-Geun
  • Writer: Bae Hye-Soo (webcomic), Ha Yoon-A
  • Network: JTBC
  • Episodes: 12
  • Release Date: May 20 – June 25, 2020
  • Runtime: Wed. & Thu. 21:30
  • Language: Korean
  • Country: South Korea

Plot Synopsis by AsianWiki Staff ©

Ssanggab Cart Bar opens only at night on the rooftop of a building. Wol-Ju (Hwang Jung-Eum) runs the mysterious food cart. Customers who visit Ssanggab Cart Bar consist of normal people and the dead. While drinking alcohol and eating dishes with Wol-Ju, the customers of Ssanggab Cart Bar talk about themselves and try to heal their internal wounds.

Tokoh utama adalah Wol Ju, seorang anak dukun yang gantung diri di atas pohon keramat. Ia mengutuk seluruh negeri membuat negeri banyak orang tewas dalam perang karena kesaktian pohon keramat yang melindungi seluruh negeri hilang kesaktiannya. Alasannya bunuh diri karena dia merasa sakit hati pada keluarga kerajaan. Cintanya dengan Putra Mahkota kandas, ia pikir Ratu sengaja membunuh ibunya karena tidak merestui mereka. Ternyata setelah meninggal ia baru mengetahui bahwa ia sebenarnya memiliki seorang anak yang bahkan tidak sempat lahir.

Perbuatannya dianggap berdosa, menghilangkan kesaktian pohon keramat sehingga membunuhi 100.000 nyawa orang-orang. Membunuh anaknya sendiri. Wol Ju awalnya ingin menebus dosanya ke neraka saja, disiksa dibangkitkan kembali dan begitu seterusnya.

Tetapi setelah mengetahui dia memiliki anak yang di setiap reinkarnasinya selalu menderita, dia memutuskan untuk membantu anaknya agar tak menderita lagi. Jalannya dengan cara mendengarkan curahatan hati manusia dan membantu mereka menyelesaikan masalahnya, 100.000 manusia yang harus ia tolong agar siksa anaknya terputus.

Selama itu pulalah dia dibantu oleh Gwi-banjang, mantan anggota elit kepolisian dari alam baka. Kemudian Wol Ju juga bertemu dengan Han Kang Bae. Seorang anak muda yang punya kekuatan mistis aneh juga, tiap menyentuh seseorang maka orang tersebut akan menceritakan keluhannya pada Kang Bae.

Rupanya Mereka adalah Keluarga..

Wol Ju dan Gwi-banjang dahulunya merupakan sepasang kekasih, karena ulahnya Kim Won Hyung mereka menjadi salah paham selama 500 tahun. Wol Ju selalu membenci keluarga istana, mengenang Putra Mahkota sebagai segala sumber malapetaka. Padahal yang memulai semua deritanya adalah Kim Won Hyung, Kim Won Hyung sendiri merupakan teman masa kecilnya Putra Mahkota. Dia sengaja membunuh Ibunya Wol Ju dan membuatnya seolah seperti semua kesalahannya Ratu dan keluarga kerajaan.

Diceritakan Won Hyung mencemburui ayahnya yang teramat sangat perhatian pada Putra Mahkota serta mendedikasikan penuh hidupnya. Sehingga Won Hyung ingin membuat adiknya menjadi Ratu disaat Putra Mahkota naik tahta. Tetapi rencananya tersebut tersendat karena Seja (Putra Mahkota) mencintai Wol Ju. Wol Ju sendiri dulunya bisa mengenal Seja karena diminta Ratu untuk menyembuhkan penyakitnya, Seja tertidur dengan gusar dan tidak pernah bisa bangun. Wol Ju yang memiliki kekuatan mistis pun membantunya. Sampai akhirnya ketika bangun, Seja menjadi jatuh hati padanya.. Mereka mulai menjadi sepasang kekasih, meski Ratu tidak suka.

Won Hyung hendak melakukan kudeta, dia memperdaya roh batu bertuah dengan cara menjual batu berharga tersebut. Yang sekarang adalah Yeo Rin, Yeo Rin yang selalu gagal dalam hal percintaan karena entah kenapa semua pria kabur jika menyentuhnya. Itu karena Roh Batu Bertuah yang menjadi reinkarnasinya sangat membenci pria, bukan benci sih.. tetapi ketakutan menjalin hubungan lagi, trauma jika dimanfaatkan dan dikhianati lagi. Meski pada akhirnya lukanya bisa disembuhkan sehingga Yeo Rin sekarang bisa leluasa menjalin hubungan dengan Han Kang Bae.

Pada hari dimana Wol Ju akan dibunuh, yang ternyata malahan ibunya yang dibunuh karena berdan dan menyerupainya sehingga Wol Ju selamat. Adalah hari dimana sebenarnya Seja ingin mempersunting Wol Ju. Sayangnya Wol Ju sendiri malah salah paham, ini semua ulah Ratu. Ia gantung diri di atas pohon keramat.

500 tahun menebus dosanya demi keselamatan anak yang tak pernah bisa dilihatnya..

Saya berpikir apakah Seja itu Kang Bae atau Gwi-Banjang. Ternyata Seja adalah Gwi-Banjang. Memang sengaja berada di sekitarnya Wol Ju untuk membantunya, ia sengaja menyembunyikan identitasnya demi menyertai setiap langkah Wol Ju. Mereka membuka kedai dan berjualan untuk memikat manusia agar menceritakan penderitaan dan keluh kesah mereka.

Gwi-banjang ketahuan kalau dia adalah Seja, Wol Ju jelas marah. Merasa dipermainkan, apakah Seja seperti ini untuk mengejeknya? Melihatnya menderita seperti ini? Dan berpura-pura?

Namun setelah dijelaskan panjang lebar oleh Gwi Banjang, Wol Ju luluh juga. Ia bisa memahami kesalahan semua orang. Andai saya Seja mengungkapkan kebenaranyannya lebih awal, setidaknya bisa membuat luka di hati Wol ju mereda. Mereka mulai romantis setelah meluruskan kesalahpahaman.

Sedangkan Kang Bae ketahuan juga merupakan anak mereka, karena roh pohon keramat yang murka keluar disaat genting. Ketika Wol Ju nyaris dibunuh oleh Won Hyung. Semenjak itu Wol Ju menjadi semakin sayang pada Kang Bae, ia menyesali perbuatannya yang pernah menganggap Kang Bae sebagai bala bantuan dan memanfaatkan kekuatannya.

Happy ending, Won Hyung kembali ke neraka. Kang Bae kehilangan kekuatannya, ia tidak harus mendengarkan keluhan orang-orang. Membuatnya harus belajar untuk mendekati orang lain dan memahami mereka. Wol Ju dan Gwi-banjang menolak reinkarnasi meski mendapat tawaran menjadi anak tunggal dari konglomerat atau bisa saja menjadi penyanyi terkenal seperti IU di masa depan kelak.. wkwkwk,

Wol Ju kali ini akan menolong manusia bukan karena tenggat target, tetapi ingin tulus mendengarkan mereka.