Romance Is A Bonus Book.

Berkat menonton salah satu video Bang Radit yang ini: https://youtu.be/QRg0z5hd4e4
Jelas saya tidak bisa langsung tenang.
Ya sudah, mari nikmati ini.
Saya penasaran kenapa Lee Jong Suk mau mengambil perannya sebagai Profesor, Kepala Editor Penerbitan, dan Penulis di drama ini.
Kita mungkin agak risih membayangkan Noona Romance di sini. Karena jarak umurnya jauuh sekali dengan lead femalenya. Tapi manis juga. Meski sebenarnya saya tidak berharap banyak juga.
.
.
Dan – I adalah seorang wanita yang baru saja bercerai setahun lalu dengan suaminya. Ia mengirim putrinya ke Filipina untuk bersekolah di sana. Di korea ia menjalani hidup luntang luntung, kerja serabutan sembari mencari pekerjaan tetap.
Meski dulu adalah sosok yang dihormati di tempat kerjanya. Karena sudah menjadi ibu rumah tangga penuh selama sepuluh tahunan, ia pun diremehkan.
Yang paling menusuk adalah omongan dari salah satu tim perekrutnya adalah, berani-beraninya orang yang sudah lama tidak bekerja ingin kembali berkerja dan membanggakan kesibukannya sebagai ibu rumah tangga! Dunia ini sudah banyak berubah, tau apa yang ku lakukan demi mempertahankan pekerjaanku?!. Ini benar-benar melukai harga diriku.
.
.
Eun-Ho adalah karakter sempurna yang diperankan Lee Jong Suk. Saya mulai ngerti kenapa Jong Suk ambil drama ini.
Entah mengapa dia banyak sekali memerankan tokoh yang kecerdasannya di atas rata-rata. Sayangnya dia tidak percaya dengan cinta.
Alasannya adalah Dan-I, ia sejak kecil mengenalnya. SMA dia mengenal pacar Dan-I dan mulai risih sendiri dengan perlakukan Dan-I pada pacarnya yang kelewat bodoh menurutnya. Kalau bahasa gaulnya barangkali Budak cinta kali ya..?
Karena bagi Eun Ho mencintai itu artinya mendampingi sampai akhir, bersama berjalan disisinya susah maupun senang. Ia tidak mau jatuh cinta jika itu membuatnya bertingkah bodoh.
.
.
Tapi penonton mengerti sebenarnya si Eun Ho itu cinta mati dengan Dan-I. Namun batas adik dan kakak ini memang sudah menjadi belenggu baginya. Ketika mabuk saja ia selalu mendatangi rumah Dan-I. Kadang ia dengar Dan-I tertawa, bertengkar dengan suaminya, menangis. Sayangnya ia tidak bisa berbuat apa-apa.
.
.
Ada bagian drama ini yang sungguh menyayat hati. Bagaimana Dan-I rindu sekali orang-orang memanggil namanya langsung. Bukan Sayang, Ibu, Menantuku, Nyonya, Ketua atau sejenisnya. Karena ia merasa kehadirannya adalah hidup jika namanya dipanggil. Terlebih di tes rekrutmen kerja di penerbitan Eun Ho ini dia diharuskan menuliskan surat untuk dirinya sendiri.
Saya tidak ingat persis kata-katanya apa. Tapi punya nilai seperti ini:
“Kang Dan-I.. kita sudah hidup bersama puluhan tahun. Tapi aku masih belum bisa memahami dirimu. Maafkan aku yang tidak menghargaimu, membuatmu merendehkan dirimu sendiri, mendahulukan orang lain ketimbang dirimu sendiri, membuatmu sedih. Mulai sekarang cobalah mencari apa saja yang kau sukai dan inginkan,…”
.
.
.
Karena judulnya ada bukunya. Tentu saja lebih banyak membahas soal buku.
Bagaimana prosesnya, ulasan singkat di sampulnya apa saja, bagaimana buku sampai di tangan pembaca.
Menekankan kalau baca buku jangan di toko buku. Karena buku tersebut yang sudah kumal akibat ditekuk, dibolak-balik, namun tidak dibeli, justru akan berakhir di tempat daur ulang kertas.
Kecuali itu buku tester yang memang sengaja pihak toko atau penerbitnya untuk contoh.

Cari perpustakaan atau kemana kek. Tapi tolong jangan membuka paksa plastik buku di toko buku.

Advertisements

8 thoughts on “Romance Is A Bonus Book.

  1. Wah kak karissa nonton video bang radit. Emang nonton itu melebihi film horor manapun gegara itu aku jadi suka manner om hao yang santun.. Btw kak karissa nonton drama ini kok aku ga minat sejak tragedi ljs di bandara dan sampe sekarang belum wamil ๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ง

  2. Om Hao ini beda dari yg lain, menjelaskan segala sesuatu yg astral dengan ilmiah dan logis. Beliau sekilas kelihatan mirip Rideab Kamil ya..? ๐Ÿ˜‚.
    Oh itu.. yg terkait keimigrasian? Emang salah agensinya sih, tapi ya udahlah.. aku nonton ini iseng doang kog.

  3. Ternyata bnyk yg bilang mirip kang emil๐Ÿ˜„Bener bgt om Hao jelasin sangat sains bangeet sepertinya dia cerdas, trus bisa bahasa belanda karena keseringan main ama noni londo sepertinyaa..
    Emang sih salah agensi tp ljs kek sudah ilfil maklum pertama kali๐Ÿ˜Œ

  4. Aku nonton video youtube yg ada Bang Dika-nya itu, langsung pusing. Apalagi soal pocong di buku mereka itu bisa dateng gegara dibacain buku cerita, mantranya lah.
    Kepikiran sama buang pembalut kudu dicuci dulu.. kalo nggak mb kunti pada ngumpul. Aduuh.. parno gila rasanya. Sekarang aku sering kepoin youtube mereka, apalagi si Genta kan yg punya cerita Keluarga Tak Kasat Mata itu kan?.

  5. Tapi jangan sering2 kak, katanya benda mati akan menangkap suara sekaligus atmosfir bisa mengundang kalau nonton video horror๐Ÿ˜…๐Ÿ˜ฐ
    Ternyata kata petuah kalau habis pake pembalut kudu di cuci ternyata aku baru tahu sekarang kenapa bisa demikian
    Iya tapi aku suka cerita versi kaskus ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  6. Iyaaa kalau lagi gabut aja deh. Aku tuh orangnya takut dengan segala sesuatu yg seperti itu, tapi penasaran. Ya kan mitosnya kalau mereka dibahas.. memang dateng kan?
    Rasa penasaran itu bahaya. Wkwk

  7. Iya mitos, klenik, pantangan jawa dibahas secara detail dan ilmiah. Tapi yang aku suka apa yang selama ini salah kaprah jadi tercerahkan. Pokoknya informasinya bisa valid ga bisa ditemukan di buku atau media apapun. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Don't be shy. Leave a reply ;)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s