Bahasa Alien

Ada bahasa jawa yang saya gak suka kalau dengernya. Apa itu?
“Sampean”
Suer.. saya mending kuwe kuwe kowe. Gak enak aja dengernya. Hahah..
Lalu kata apa yang saya suka? “Njenengan” alias kamu versi halus. Tapi biasanya itu buat orang tua atau yang di atas kita. Mas Mas pernah protes karena saya panggil “Pak” hhhhh,
“Kog Pak sih? Rizki! Ki piye anak buahmu? Nyeluk aku Pak ih..”
Aku “Lha piye? Kang?”
“Stempel e ndi mbah?” (Balas dendam dianya ke gw )
Aku “Iki, neng ngarepe njenengan..” hahahaha.. penghinaan bukhaan?. Mas Rizki udah ketawa gitu,
Rizki: Lho, wes tua berarti.. soale pantes dicelok njenengan. Wajahmu boros soale kog.
.
.
Saya ada beberapa temen yang bahasanya aneh menurutku. Bahasa ngapak, deretan Pemalang, Batang, sekitarnya.
1. Entong.
Entong: Habis. Pertama kali denger kata ini saya bingung. “Meg, entong ki opo? Mudengku ki centong. Opo sinetron kae lho si entong..”
Biasanya sore-sore menjelang malam saya, Anis, Mega, Meli, Gendut membercandakan perbedaan bahasa ini.
Perutku benar-benar sakit dibuatnya. Yang diledekin biasanya si Anis sama Mega.
โ—
โ—
2. Tepak
Pertama gak ngeh, tepak? Tepak bola? ๐Ÿ˜‚. Owalah… wadah makan sejenis tupperware?. Hhahahaha
โ—
โ—
3. Wedang
Dalam sejarah kehidupanku, wedang itu adalah teh anget. Tapi aku salah! Wedang itu air! AIR PEMIRSA.. air.. mashaAllah.. ๐Ÿ˜‚
โ—
โ—
4. Langka
Ini yang paling aneh. Saya pernah nanya gini ke Diaz.
“Yaz.. neg ngarep onog wong akeh ora?”|| Yaz.. depan sana ada orang banyak gak?
“Langka..” jawab Diaz dengan polosnya. Hah?
Langka? Peradaban manusia sudah musnah atau bagaimana?
Langka broh!
Imam juga ketawa tiap denger orang-orang ngapak ini ngomong langka.
Imam: “Langka, sumber air sudah dekat! Asem asem.. kesane koyok entek blas..”.
Saya juga pernah berusaha menjelaskan ke Diaz, Yaz.. langka itu maksudnya gak ada sama sekali. Kalau kamu bilang langka, otomatis aku nangkapnya gak ada. Kan konyol, masa’ depan ada orang gak?
Langka! Manusia pada diculikin alien atau gimana ini? ๐Ÿ˜‚
Airnya langka, kita di Jateng hlo Yaz! Sumber air masih dekat~ ๐Ÿ˜…
.
.
5. Dijukut
Satu dalam pikiranku. Diambil pakai ujung-ujung telapak tangan. Dengan ekspresi jijik. HHHHHH
Diambil sih artinya. Tapi aneh aja..
.
.
Sekian deh ya, saya lupa apa-apa lagi. 22:00

Advertisements

21 thoughts on “Bahasa Alien

  1. Sayah korbannya ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜‚ orang tua sayah asli jawa tulen. Bapak dari nganjuk, mama dari Banyuwangi-tapi besarnya di Solo. Saya lahir di Bali-besarnya di kalimantan. Pernah mondok di Jombang tapi pesantrennya skala nasional jadi tetep berbahasa indonesiyah. Malah parahnya campur bahasa asying. Lulus mondok balik lagi ke kalimantan. Kuliah sampe lulus ya di Kalimantan. Orang tua sibuk kerja dari sayah kecil, nggak pernah di latih ngomong bahasa jawa. Giliran pas gede gini di ajak pulang kampung, frustasi ngadepin orang-orang sekampung nggak ngerti pada ngomong apa. Kasyihanilah sayahhh ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  2. Ha ha ha nah gitu maksudkuโ€ฆ apa sih faedahnya ๐Ÿ˜€ Oke salam kenal ya Mbak Karissa, baru kali ini kan, saya mampir ke blog (atau website nih? -_- ) -nya Mbak Karissa. Ha ha ha

  3. Padahal saya tadi cuma balik nanya, kenapa jadi ribet gini sih? Wkwkk. Salam kenal juga, blog atuh.. soalnya kontinyu update postingannya. Milik pribadi dan isinya cuma hobi dan cerita2 keseharian. Kalau website lebih ke punyanya instansi2 gitu, dan isinya statis formal. ๐Ÿ˜

Don't be shy. Leave a reply ;)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s