[Review] Film Indonesia: Rasuk

Tumben ngereview film dalam negeri?. Anyway ini film masih tayang di bioskop, baru perdana tayang tanggal 28 Juni kemarin ya guys, saya gabut banget gak tau mau ngapain.. akhirnya ngajak temen nonton ke bioskop. Padahal berharap ada film romantis dramatis sejenis bikin nangis-nangis apa kek.. gak ada..
Kebetulan yang tayang hari itu jadwalnya banyakan adalah film horror. Diantaranya adalah Jalangkung, Kuntilanak, sama film anak-anak Ku Lari Ke Pantai.
Karena salah satu temen bilang dia udah nonton Jalangkung dan Kuntilanak, walhasil kami pilih Rasuk saja. Anyway saya bukan pecinta film horror.. mati listrik aja saya berasa masuk dunia lain? Ini… nonton horror di bioskop! Suaranya bergema kemana-mana, lampunya dimatikan *yaiyalah..
Tumben? Waras mbak? Tanyaku ke diri sendiri *wkwk, secara.. bukan saya banget..
Singkat cerita setelah beli tiket dan nunggu bentaran, kami masuk ke ruangan. Kebetulan kami kebagian duduk di depan.. iya.. depan banget, bakalan pusing nih abis nonton.. pikirku sembari ngambilin popcorn-nya, yang entah kenapa popcorn di bioskop selalu lebih enak dibanding tempat lain šŸ˜‚
Seperti biasa, sebelum film dimulai kita akan disuguhkan berbagai macam trailer movie yang sedang on-going tayang beserta iklan-iklan yang entah kenapa dramatis banget. Iya kan?
Ada filmnya Bisma yang sunda rocker itu, Teteh Syahrini yang ceritanya punya tim bodyguard konyol, juga iklan lobster yang bikin saya nangis *kkk
Dan saya sudah berjanji sejak awal pada diri sendiri “Apapun yang terjadi jangan tutup mata, teriak teriak aja, rasa’in takutnya! Fighting!” Tapi ya gak bisa.. meskipun saya bukan tipe orang yang bisa teriak cempreng sekalipun pas takut.
.
.

Okay, kita mulai review saya..
Di awal cerita kita menjumpai Shandy Aulia duduk cantik dengan gaun putih sedang menarasikan hidupnya, dalam hati saya menyayangkan.. sayang bukan sesi foto prewedding, ini film woy! Horror lagi~. Ia adalah Langgir Janaka, nama yang menurutnya cukup aneh.. baginya seaneh hidupnya yang sial. Semenjak kematian ayahnya dia mulai membenci dunia.
Ia merasa ibunya menyalahkan dirinya atas kematiaj ayahnya, saat itu Langgir sekolah dasar. Sepertinya menang lomba kartinian, ia menenteng piala di halaman depan sekolah dan menjatuhkannya ke jalan karena gatal memakai baju kebayanya.
Ayahnya mengambil piala tersebut dan mengangkatnya dengan bangga. Tapi tak lama kemudian mobil melintas menubruknya, ayahnya meninggal.
Selang waktu kemudian ibunya menikah lagi, yang membuat Langgir makin kesal adalah nama adik balitanya yang aneh.. Bakula Borneo. Menurut ayah tirinya ia beri nama tersebut sebagai pengingat perjuangannya di tanah Kalimantan sebelum menikah dengan ibunya Langgir.
.
.
Geng putri sejagad kumpul di bascamp. Si Lintang mengajak para sahabatnya untuk liburan di villa Karma Rinjani. Langgir tidak begitu tertarik.
Langgir lalu pergi, dia memberikan kue ultah untuk Abimanyu. Abimanyu berdo’anya bukan untuk dirinya sendiri, ia berharap Langgir sehat selalu, tidak pernah berpikir ingin bunuh diri terus. Langgir yang ada hati ke Abi pun entah kenapa bisa ceria sekali jika dengan Abi, saat itu dia belum tahu Abi pacaran dengan Inggrid.
Karena suntuk akhirnya Langgir memutuskan untuk ikut gengnya liburan ke Karma Rinjani. Di perjalanan mereka main kartu, siapa yang dapet joker akan mati duluan.. usul Langgir. Semuanya ketakutan pas ternyata dapet joker semua.
Di tengah perjalanan mobil mogok, mereka memutuskan jalan kaki. Mengikuti tanda panah. Tanda panah yang setelah mereka ikuti bisa muter sendiri. Mereka nyasar jauh, di perjalanan mereka diikuti sesosok wanita berkebaya putih dengan tudung berwarna senada.
Hampir putus asa, mereka lalu bertemu dengan gadis tadi. Namanya Kumala Sari, ia menunjukkan dimana pondoknya. Yang anehnya di bagian ini adalah sewaktu mereka perkenalan. Seperti.. saya Sekar, Inggrid, Langgir, Lintang, kami adalah putri sejagad. Dalem studio banyak yang bergumam “ini ngapain disebutin segala putri sejagadnya?” Wkwkwk konyol kan?
Di kehidupan sehari-hari bisa gak kalian begitu?
Sesampainya di villa gadis itu hilang, mereka disambut Pak Cecep yang jaga villa. Abi Manyu ternyata sudah menunggu di dalam. Langgir berubah ceria sekali, dipikirnya Abi ke sana karena Langgir. Tapi Inggrid yang gak tahu Langgir naksir Abi pun dengan entengnya memperkenalkan Abi sebagai pacarnya.
Langgir marah dong, ia naik ke atas dan diikuti Sekar. Sekar mencoba memahami situasinya, bingung kenapa Langgir bisa semarah itu.. akhirnya ketahuan lah kalau Langgir suka Abi. Nah.. disitulah Sekar membuat Langgir makin marah, ketika dia bilang.. “Lo gak ngomong ke kita sih, kita kan gak tau”. Langgirnya naik darah, “terus gw harus bilang ke kalian! Gw salah!”
Langgir keluar, Sekar dikunci’in dari luar. Ia mau pulang sekarang juga. Nah.. kejadian rasuk merasuk mulailah. Disaat-saat mereka bertingkah tidak etis.. saya berkali-kali memalingkan muka dari layar. Hahahahaha.. lagian sound efeknya beneran bikin kaget dan berisik. Batal deh.. batal.. gw gak mau lihat disaat mereka berusaha bikin kaget..šŸ˜§
.
.
.
Si Langgir ketemu sama Kumala Sari, lalu lihat penampakannya kemudian dia lari dan jatuh ke galian kuburan. Ia dikerubuti keco’a, masuk-masuk ke mulutnya juga. Dia tak sadarkan diri. Di villa, si Inggrid yang menurut gw cakep banget.. dia lagi nyisir rambut lalu kerasukan. Rambutnya dia potong-potong asal, you know what I mean lah. Tampangnya yang cakep tadi berubah jadi ngeselin. Sekar dan Lintang syukurnya ke atas naik setelah denger teriak teriaknya si Inggrid. Mereka tentunya diserang, setelah sadar.. Sekar membantunya merapikan rambutnya.
Lintang izin keluar ruangan, dia mencari obat asmanya. Eng ing eng.. malah gantian kerasukan.
.
.
Kalau bagian Sekar kerasukan pas apa ya? Saya lupa. Yang jelas setelah nolongin Lintang.. dia keluar cari Pak Cecep buat nolongin mereka keluar dari hutan tersebut. Tapi.. dia malah ketemu Kumala Sari, seperti Langgir dia syok dan lari. Tapi dia mendapati Pak Cecep hendak menghabisi Langgir untuk dijadikan pengganti tubuh rohnya Kumala Sari.
Jadi gini guys. . Abi kan jatoh, lalu ditolongin para warga yang ceritanya lagi ngeronda. Nah.. di rumah pak ustad.. kayaknya ustad, dia diceritain perihal mitos Karma Rinjani. Soal sihir kelabang, dahulu ada Mas Rudi yang ikut membangun villa atau mandornya gitu.. anaknya Kumala Sari diperkosa salah satu pekerjanya. Kumala Sari lalu bunuh diri, Mas Rudi yang tidak bisa terima pun akhirnya berusaha membangkitkan roh anaknya. Nah.. istrinya berusaha melarang, sayangnya suaminya tidak mau. Jadilah Mas Rudi mencari pengganti tubuh putrinya.
Dan.. Mas Rudi itu ternyata menyamar menjadi Pak Cecep yang ditemui Abi dan Putri Sejagad tadi. Pak Cecep yang asli sudah Mas Rudi bunuh lama. Mengetahui para gadis dalam bahaya, Abi ingib kembali ke villa.
.
.
*Putri Sejagat
Langgir tergabung dalam satu geng yang namanya Putri Sejagat, ia sayang mereka tapi juga membencinya disaat yang bersamaan. Benci pada kehidupan mereka yang menurutnya sempurna, keluarga lengkap dan penuh kasih sayang. Parasnya guys.. good looking semua! Seneng saya lihatnya. Ada Lintang yang belakangan bakal penonton ketahui ternyata mengidap kanker.. sering berbohong ke kawan-kawannya kalau ke Singapura buat liburan, padahal aslinya berobat. Yang kedua Sekar, ternyata anak tiri yang diadopsi keluarga kaya, Inggrid yang pacaran dengan Abimanyu.. Langgir murka mereka jadian, lalu tragedi rasuk merasuk terjadilah. Dan Langgir si tokoh utama yang penuh dendam dan kebencian.
.
.
*IN FACT, NGAKAK TIME
Ini horror lho guys, tapi kami satu studio bisa ketawa saat:
1.) Langgir abis balik dari bascamp putri sejagat, tiduran di kamar. Dia denger Bakula nangis, Langgir samperin itu kamarnya dan marah-marah.. which is yang bahasanya kaku banget untuk percakapan sehari-hari. Seinget saya nih ya.. “Bakula! Aku ini bukan kakak kamu! Aku tidak akan pernah sayang kamu!”
Bakulanya nangis terus. Kami ketawa karena ya bocah mana ngerti diomelin? šŸ˜‚
2.) Pas Langgir bentak-bentak Bakula dan balesannya Bakula cuma “He’eh..”n “Ha~”. Hahahahah balita ngerti apa neng?
3.) Ketika Abimanyu mencari Langgir di dalam hutan. Motornya tiba-tiba mati pas Abi tinggal bentaran. Terus duduk membonceng dengan anggunnya sosok Kumala Sari. Lucu kenapa? Soalnya tiba-tiba aja Kumala Sari duduk pose membonceng dan motornya hidup lagi. Konyol tapi juga serem
4.) Ketika Abi dikaget-kagetin dengan penampakan muka bubur, dia naik motor ugal-ugalan sampai akhirnya gelundung jatuh. Jatuhnya gak masuk akal, cepet banget gelundungnya šŸ˜…
.
.
And then endingnya seperti dipaksakan, kenapa? Sekar yang menemukan istrinya Mas Rudi yang terkunci di pondokan pun kog tiba-tiba sudah tiba di rumahnya Langgir. Pak Ustadz, Abi, Lintang, semuanya sudah ada di rumah tersebut dengan cepetnya. Wkwkk
Honestly saya belum pernah baca novelnya Risa Saraswati. Genrenya itu saya hindari buat baca, hahhah
.
.
*KEKURANGAN RASUK
– Dialog percakapannya terlalu bahasa novel. Karena omongan sehari-sehari kalau dibuat nulis emang kagak enak. Gak ada seninya gitu istilahnya.. wkwk, tapi kalau bahasa Indonesia baku dibuat percakapan sehari-hari juga gak enak. Cocoknya jadi subtitle drama ajah.. hahah
– Setiap orang punya rahasia dan masalah yang dipendam, harus dibagi.. bagi! Gak ah.. terkadang tidak semua hal diri kita bisa dibagi ke orang lain.
– Ustadz.. ente cuma bisa baca ayat kursi? Readers pernah lihat yang diruqyah gitu? Kadang jinnya gak mempan di ayat kursi. Ada ayat tertentu.. dan gak harus selalu ayat kursi. Meski kita tau ayat kursi lebih populer.
– Endingnya yang dipaksakan. Katanya yang baca novel dan nonton.. versi filmnya hanya sebagian kecil saja dari novelnya dan disesuikan untuk keperluan komersil.
– Menurut temen saya Rasuk gak begitu menyeramkan untuk ukuran pecinta horror seperti dirinya.
.
.
*KELEBIHAN RASUK
– Para pemain yang bening-bening
– Latar tempat yang indah. Seperti yang saya bilang di awal, soal Langgir yang duduk dengan gaun putih di puncak gunung. Hutan yang masih asri,
– Latar suara yang jago bikin kaget. Ini kekurangan atau kelebihan sih? Sumpah.. sound efectnya bikin alah.. mak.. ya gitulah, capek di telinga saya.

Komentar untuk film ini,
Berisik! Bikin pusing..šŸ˜«
Readers ada yang tertarik nonton? Menurutku bagus, memanjakan mata sekali.. sekaligus senam jantung.. buat yang gak in banget dengan horror seperti saya.

Advertisements

Posted on 6 July 2018, in Film and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Aku lebih milih nonton oppa2 daripada nonton horror. Wkwkwk. Liat posternya aja udah merinding apalagi nonton filmnya. Bisa2 masuknya ke bioskop, keluarnya di ugd. šŸ˜‚šŸ˜‚šŸ˜‚

  2. Wkwk, aku keluar bioskop langsung meriang. Pusing2 gitu.. šŸ˜‚

Don't be shy. Leave a reply ;)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s