[Review] Stairway To Heaven – Drama Lawas, Unforgottable Drama.

Jung Suh & Song Joo – Choi Ji Woo & Kwon Sang Woo

  • Title: 천국의 계단 / Cheon-kuk-ui Gye-dan
  • Also known as: Stairway to Heaven / Stairs To Heaven / Steps in Paradise
  • Genre: Romance, Drama
  • Episodes: 20
  • Broadcast network: SBS
  • Broadcast period: 2003-Dec-03 to 2004-Feb-05
  • Viewership ratings: 38.8% avg, 45.3% final
  • Original Soundtrack: Stairway to Heaven OST

Park Shin Hye & Baek Sung Hyun

Tumben nulis review? Karena menurutku drama ini cukup berkesan bagiku. Sayang sekali jika kids jaman now tidak tahu awal mula kebangkitan drama korea, kisaran 2004 – an *hahahaha, sedangkan readers yang sudah tahu lama, mungkin kita bisa nostalgia bareng lagi. Ayo nangis bareng … drama ini bikin nangis sesenggukan gak ketulungan.

    Shinhye dan Sunghyun manis banget! Waktu kecil imut-imut sekali, dulu sewaktu tivi ikan terbang /tivi semut/tranz masih aktif menyiarkan drama, drama ini salah satu yang diputar. Sudah lama sekali, saya gak begitu ingat kapan ini tayang.. yang jelas seingetku ada dua drama jaman baheula yang susah kulupakan, karena keduanya ada masa kanak-kanak tokoh utamanya yang cukup menarik, yang pertama drama ini (Shinhye + Sunghyun) dan yang kedua adalah dramanya Song Hye Kyo dan Song Seung Hoon (Moon Geun Young). 2006/2007? Apa jamannya serial mandarin yang hosyang hosyang atau apalah itu ya? Saya juga penonton serial hosyang-hosyang, suka banget dengan Meteor Garden F4 versi Taiwan (Tao Ming Se & Barbie Hzu), juga penikmat film india sebelum banyak nonton drama korea. Kaset indiaku banyak lhoo, sekarang masih ada rapih, cuman … masih bisa diputer atau kagak saya juga tidak tahu *wkwkwk.

     Untuk drama korea pertamaku … gak begitu inget apa, yang jelas sejak kecil memang sudah suka nonton drama. Sudah terkontaminasi drama sejak kecil. Jadi saya cenderung tidak peduli ada yang mengejek hobi ini, ini bukan fanatisme.. namun seperti keluarga. Meski kadang bosan dan benci saya merasa harus bersama drama. Ini bukan bentuk dari pemujaan atau kegilaan tapi suatu kenyamanan yang memaksa untuk tinggal.

.

.

.

 

Berawal dari kejenuhan…

      Semenjak mudah sekali menemukan drama di internet, ada keinginan untuk mencari drama-drama lawas yang sempat kutonton tapi terpotong-potong. Tapi gagal dan terlupalah berkat drama baru-baru. Nah.. karena sekarang sedang tidak banyak nonton drama yang makin kesini plotnya membosankan menurutku.. akhirnya saya cari yang lama-lama lagi. Tahun 2016 an baru kesampaian Secret Garden dan kisaran 2013 an Sungkyunkwan Scandal.. itu masih gak lengkap karena Indowebster gak ada lagi filenya, beberapa drama juga sulit sekali dicari.. sepertinya do’aku baru terjawab sekarang, ketemulah site yang lumayan lengkap drama lawasnya. Aw! Seneng banget!! [ dramakoreanindo.com ]

     Stairway To Heaven. Tahun 2003 – 2004 segitu editingnya masih terbilang seadanya, sinematografinya juga biasa aja, sound efeknya juga sederhana … cenderung lebay malahan. Penampilan para tokohnya cenderung seperti pemain telenovela yang bangun tidur atau mau tidur wajahnya terpulas make up lumayan tebel, gak kayak drama tahun 2012 – 2017 yang kekinian. Namun ada satu yang tak terlupakan, plotnya jago banget menguras air mata. INI KENAPA???. Melodrama banget! Cinderella harus sungkem ke mereka karena kalah mengharukan.. Hahahaha… pokoknya jahat banget, sadisnya gak kira-kira. Apa ini yang membuatku ikut-ikutan galau semingguan ini??

Kamu gak tahu drama ini atau gak inget? Berarti kamu masih angkatan muda dan baru suka drama? Kalian tidak pernah merasakan serunya nungguin drama tayang di tivi dan rebutan remot tivi karena tayangnya biasanya menjelang magrib *hahaha, jaman segitu internet tak semenjamur dan semudah sekarang, ada namun cukup menguras kantong.

Sunghyun sewaktu kecil ganteng banget ya?? Shinhye imut banget. Cocok ih.. jangan bilang sewaktu syuting Stairway To Heaven mereka saling suka? Cinta monyet gitu, ceritanya tokoh yang Sunghyun peranin.

KENALAN DULU DENGAN TOKOH-TOKOHNYA..

  • Kwon Sang Woo – Cha Song Joo
  • Choi Ji Woo – Han Jung Suh/Kim Ji Soo
  • Kim Tae Hee – Han Yoo Ri
  • Shin Hyun Joon – Han Tae Hwa/Han Chul Soo

Pemeran anak-anak/Tokoh utama versi muda.

  • Baek Sung Hyun – Cha Song Joo
  • Park Shin Hye – Han Jung Suh
  • Park Ji Mi – Han Yoo Ri
  • Lee Wan – Han Tae Hwa

 

Ibu tirinya Jung Suh ( Tae Mi Ra )

PLOT – STORY

      Han Jung Suh dan Cha Song Joo semenjak kecil selalu bersama. Mereka tinggal di sekitar pantai, setiap hari bermain lumpur dan mencari kerang bersama. Han Jung Suh selalu ada disisinya Song Joo ketika ayah Song Joo meninggal, begitu pun sebaliknya ketika ibunya Jung Suh meninggal.

Perasaan kakak adik pertemanan masa kecil mereka mulai berubah menjadi cinta. Suatu hari ayahnya Jung Suh menikah lagi dengan aktris terkenal, Tae Mi Ra. Prof. Han dan Tae Mi Ra nampak bahagia, maka dari itu Jung Suh tidak keberatan memiliki ibu baru.. ia senang melihat ayahnya bahagia.

Rupanya Tae Mi Ra memiliki anak-anak sebelum terkenal. Yoo Ri dan Tae Hwa. Suami pertamanya bebas dari penjara dan memarahi Tae Mi Ra yang menelantarkan anak-anak mereka. Lalu Yoo Ri dan Tae Hwa akhirnya ikut tinggal bersama keluarganya Prof. Han. Jung Suh menerima kedatangan mereka dengan baik.

Tae Hwa hanya suka melukis dan membenci ibunya, Yoo Ri jahat pada Jung Suh dan mulai menginginkan semua yang Jung Suh miliki. Baju-baju dan barangnya. Jung Suh tidak keberatan, ia mengizinkannya, dia juga ingin akrab dengannya sebelum lanjut sekolah ke luar negeri setelah lulus.

Suatu hari, Jung Suh dijemput Song Joo pulang dari sekolah. Yoo Ri mulai iri, ia berusaha merebut Song Joo darinya. Pertama-tama ia menjajal pakaian hadiahnya Song Joo yang untuk Jung Suh tanpa izin. Jung Suh awalnya marah, tapi ia memaklumi setelah Yoo Ri berasalan ia tidak pernah mendapatkan apa yang Jung Suh miliki sejak lahir.

Tapi Yoo Ri merusaknya. Lalu pembagian nilai, Yoo Ri ranking 2 sedangkan Jung Suh 1. Semenjak saat itulah Tae Mi Ra memprovokasi Yoo Ri untuk mengungkuli Jung Suh dalam hal apapun, termasuk mendapatkan Song Joo yang dia sukai.

Jung Suh tidak bisa bertemu Song Joo, Jung Suh juga tidak jadi ke luar negeri dengan Song Joo. Saat-saat itulah yang paling menderita bagi Jung Suh, dia mencoba tegar dengan pertimbangan ayahnya bahagia.. tidak apa-apa ia ditindas ibu tiri dan saudara tirinya. Lagipula Jung Suh punya kepribadian yang tidak suka mengatakan bahwa ia sedang sakit hati atau kesulitan, jika ada saatnya ia mengatakan sakit maka berarti itu sangat berat baginya.. hanya Song Joo yang mengerti hal tersebut sejak lama.

Song Joo dan Jung Suh bertemu di taman bermainnya Song Joo, Jung Suh suka sekali naik komidi putar dan Song Joo menungguinya dari pinggir sambil melambaikan tangannya. Song Joo janji akan mencari Jung Suh nanti apapun yang terjadi.

Saat yang paling mengharukan adalah ketika Jung Suh dikurung ibu tirinya tidak bisa menemui Song Joo sebelum meninggalkan Korea, saat itu Jung Suh memegangi rekorder yang berisi pernyataan cintanya Song Joo padanya. Berkat Tae Hwa yang tidak sengaja membukakan ruangan properti, Jung Suh berhasil ke bandara bertemu Song Joo untuk terakhir kalinya.. ia akan menjawab perasaannya Song Joo. Song Joo memberikannya kalung, mereka saling memasangkan kalungnya. Jung Suh merekamkan kaset bahwa ia juga mencintai Song Joo, meminta Song Joo membawa kaset besertanya.

Jung Suh tidak bisa berkomunikasi dengan Song Joo, surat dari Song Joo selalu diambil Yoo Ri. Tae Hwa salah paham menganggap Jung Suh ada perasaan padanya hanya karena kebaikan hati Jung Suh yang melingkarkan syal dan membuatkannya sup rumput laut sebagai hadiah hari ulang tahunnya Tae Hwa. Mereka selalu bersama sampai dewasa.

Sampai saatnya tiba Jung Suh harus pergi ke LN bersama Song Joo. Song Joo pulang, mereka hendak bertemu tapi Yoo Ri menabrak Jung Suh saat hendak menyeberang. Yoo Ri meminta ayahnya untuk menyembunyikan Jung Suh. Jung Suh diketahui mengalami amnesia. *mulai alay hahaha*

Sementara itu Yoo Ri memalsukan identitas mayat hancur dengan Jung Suh. Semua orang menjadi mengira Jung Suh sudah meninggal,

Tae Hwa

Tae Hwa memutuskan untuk tinggal dengan Jung Suh dan ayahnya. Selama 5 tahun Song Joo masih belum bisa melupakan Jung Suh. Yoo Ri terus menerus mendekatinya, mereka juga hendak ditunangkan.

Song Joo punya prinsip, sama halnya dengan bumerang yang sering ia mainkan sejak kecil dengan Jung Suh. Tak peduli dilemparkan sejauh apapun, “Cinta pasti akan kembali” seperti bumerang

Sayangnya Song Joo bisa melihat Jung Suh sekali lagi. Jung Suh namanya sekarang adalah Kim Ji Soo, mulai kesini mulai menarik.. Song Joo selalu berusaha mendekati Jung Suh yang amnesia dan menjahilinya.

Kwon Sang Woo – Cha Song Joo

    Meski nanti Song Joo akan berhasil membawa kembali Jung Suh ke sisinya.. Jung Suh nantinya mengalami kanker mata seperti penyebab kematian ibunya dulu. Tentu Song Joo akan berusaha menyelamatkannya dengan segenap tenaga. Jung Suh mendapatkan donor, pendonornya adalah Tae Hwa yang selalu mencintai dan menyayangi meski tahu hatinya Jung Suh hanya untuk Song Joo. Jung Suh dengan mata masih diperban diajak Song Joo melawat pendonornya,  Jung Suh berterima kasih tanpa tahu siapa orangnya. Posisi saat itu mereka sudah suami istri.

Disaat terakhirnya Jung Suh meminta Song Joo melihat laut bersama, laut yang sama yang sering mereka jadikan tempat bermain saat kecil dulu. Meski operasi berhasil, sayangnya karena kematian memang sebuah kepastian yang tidak bisa dihindari.. Jung Suh memejamkan matanya untuk selamanya dalam pelukan Song Joo. Disaat terakhir Song Joo meminta Jung Suh menunggunya sebelum Jung Suh memasuki pintu surga, ia ingin Jung Suh masuk ke surga bersamanya. Sedalam itulah Song Joo mencintai Jung Suh.

Sad ending… saya tidak terlalu mengerti perasaan seseorang yang sangat ingin bersama orang lainnya bahkan dikehidupan sekarang dan kehidupan kekal kelak, cinta seperti apakah itu? Sebesar apakah itu? Tidakkah itu menakutkan? Seolah kamu bersedia memberikan jiwa dan ragamu padanya seorang. Perasaan semacam itu membuatku merinding. Entahlah, semoga saya dan readers yang belum mengerti, akan mengerti rasanya kelak.. nanti.. entah kapan. Kalau pun pada akhirnya tetep gak ngerti, ya sudahlah …


Ost. Original Soundtrack Stairway To Heaven

Kim Tae Hee umur 20 an.

     Lagu yang khas dari Stairway To Heaven adalah I Miss You yang dinyanyikan Kim Bum Soo, kepengen dengar? Di laman Stairway To Heaven dan otomatis terbuka jika readers buka blog ini via komputer/laptop. Banyak yang mengkovernya, sekelas Eunkwang BTOB, Chen EXO, bahkan Taeyeon.. bagiku versinya Kim Bum Soo tetaplah juara.

Komentar – komentar Yuks!

  • Kim Tae Hee 2004 berarti umurnya 20 tahunan, sumpah… cantik banget! Saat itu operasi plastik kurasa belum secanggih sekarang, kalau sudah ada pasti permintaan tertinggi salah satunya pasti kepengen dimiripin Kim Tae Hee. Wajahnya muda banget dan cantiknya jutek, cocok jadi antagonis.
  • Choi Ji Woo sewaktu itu diakhiran 20-an, 27 an kira-kira. Sekarang dia 41 tahunan, dari dulu tidak pernah berubah. Makan apa sih? Formalin? Bukannya tambah tua tapi malah tambah awet muda makin keren dan cantik.
  • Kwon Sang Woo keren! Sudah.. bingung mau komentar apa.. ajussi yang satu ini perfect jaman segitu.
  • Shin Hyun Joon, kurang tahu sekarang bagaimana karirnya. Yang jelas cocok memerankan seniman saat itu.

  Tak terasa sudah 12 tahun lebih saya suka drama … ckckck. Yaampuun …   buktinya tau drama sejadul ini. Stairway To Heaven.

Advertisements

Thankyou sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar/share via fb/twitter jika berkenan. Boleh panggil apa saja (Karissa/Chariszha) tapi jangan admin, dan lagi … Jangan di-copy paste dengan alasan apapun. Semoga betah di rumah saya ini yah … ♡(ˆ▿ˆʃƪ)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s