[Unimportant] Buku Yang Gue Baca 2017 ini – [OKTOBER]

NB: Saranku, baca aja dibagian bulan Update-nya aja, tapi kalau mau ngikutin dari awal tahun gak masalah sih.. dan ini banyakan curhatnya, mendingan gak usah dibaca deh.. daripada nyesel…hhhh, ini beneran gak penting soalnya XD

   Harusnya bisa lebih banyak sih, harusnya… but who cares about quantity? *wkwkwk. Saya jarang mengelompokkannya per apa-apa.. jadi kadang lupa kalau pernah membacanya 2 atau 3 kali :v . Terserah.. yang penting jiwaku tenang~ ^^

2013 an saya masih menulis review buku (?) anggap saja begitu, komen komen tentang buku yang saya baca. Genre tak terbatas, terkecuali horror.. kagak! Saya berani nonton horror asal ada temennya banyak, kalau sendirian gak mungkin berani. Dan buku konteksnya harus dibayangkan secara personal, sudut pandang tiap orang berbeda. Karena imaginasiku rada absurd jadi bawa’annya paranoid untuk hal semacam itu.

# 27 Juni 2017#

  1. Matemacinta by Razy Bintang Argian

Ini adalah novel metropop yang ringan sekali, sehari bisa kelar dibaca. Cerita seorang bocah SMA yang tomboy dan suka nyolong buah-buahannya tetangga. Lalu suatu hari kepergoklah dia sama keponakannya P. Karta yang baru lulus kuliah.

Eh tanpa diduga si keponakannya itu adalah guru kelas sementaranya si bocah itu, menggantikan wali kelasnya yang cuti melahirkan. Si keponakan tersebut adalah guru matematika. Hubungannya dengan marmut ((*nama tokoh cewenya)) benar-benar seperti tikus dan kucing, di sekolah Marmut selalu cek cok dan kena hukuman wali kelas barunya tersebut.

Lalu mereka dekat sebagai teman, terjadi sedikit salah paham soal masa lalu Rio. Well endingnya guru kece itu menyatakan cintanya.

Halah… cukup sederhana alurnya namun masih seru untuk diikuti.

  1. Garis Waktu by Fiersa Besari

          Saya membaca buku ini karena kepengaruh seorang Teteh, thanks Teh!. Suatu hari dia cari buku ini dan gw gak tahu.. ya biasa aja. Lalu saya coba baca selang beberapa saat. Kupikir Fiersa Besari ini wanita (?) wkwkwk. Rupa-rupanya dia seorang Bung Bung.

Semacam proses yang indah dari perasaan “suka dan nyaman akan kesendirian” kemudian “kamu datang dan mengacaukan semestaku” kemudian “kita bersama mari bangun mimpi-mimpi itu” lalu “terpisah jarak dan waktu kamu tega mencurangiku” lantas “aku hancur namun tetap mendo’akan yang terbaik untukmu”. Hahahahah…. Dari perasaan hampa – jatuh cinta – cinta yang melambung-lambung – sampai ke patah hati yang dahsyat. Whaaa…

Saya paling ingat dengan kata-kata “Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk menggali perasaanku” Omaigat! Sederhana namun mendalam rasanya ^^.

Bung, saya amat sangat berterimakasih pada wanita tersebut sehingga membuatmu bisa menulis seindah itu. *kkkk

  1. Miss Pesimis

             Iseng doang. Ternyata lumayan juga… renyah dan tertebak sekali. Sudah kepala 3 karirnya bagus, looknya menarik. Kurang apa? Berumah-rumah :v. Seorang wanita yang masih belum bisa move on dengan pujaan hatinya sejak SMP, lalu balik dari AS dan cinlok dengan rekan sekantornya.

Pertanyaannya kenapa judulnya “Miss Pesimis”?. Iya.. karena tokohnya gak yakinan, padahal sudah kelihatan jelas si rekan sekantornya ini naksir dan sungguh-sungguh tapi si heroin berasa “Gak mungkin deh, gak mungkin..”

Well, pada dasarnya perempuan memang kebanyakan seperti itu, dimana kita bisa dengan jelas melihat 2 orang lain saling suka atau ini orang suka ini.. itu orang suka orang ini~ namun untuk menjelentrehkan perasaannya sendiri susahnya bukan main. Jadilah pesimis dan gak yakinan.

Saya kasih rating 18+ disini, karena bukan hanya karena itunya.. karena cerita dan buah pikiran disini gak boleh ditelen mentah-mentah oleh mereka yang masih piyik-piyik :v. Soal itunya biasa aja, gak dijelaskan secara rinci macam mature book lainnya. Hanya saja lifestyle disini memang terlalu bebas dan butuh pikiran yang terbuka untuk “Okeh, mereka itu orang asia yang sudah kebaratan atau.. yah, saya cuman nonton kog. Saya bukan dalam koridor untuk menjudge salah benarnya”

  1. Perjanjian Hati

     Serinya Santhy Agatha. Sebuah roman picisan yang tertebak sekali, drama ala. Yang heroinnya miskin tapi cantik dan menawan sedangkan heronya ganteng nan kaya tapi sifatnya brings*k. Jadi kog..  meski hero dan heroinnya sering cek cok dan salah satunya merasa gak cocok toh pada akhirnya mereka jadi juga. Cinta katanya… *Hahahaha.. Ngimpi!

Untuk yang seri Perjanjian Hati ini masih agak nyambung-nyambung dengan Sweet Enemy, You’ve Got me from Hello, dan pembunuh cahaya.

Biasanya sama sih.. si heronya naksir duluan, berawal dari naksir cantiknya lalu naksir hatinya. Si heroinennya awalnya “Apa-an sih? Gak banget nih orang.. blablabla” lalu lama-lama kepincut juga. Tapi biasanya Heroinenya gak mau ngaku suka duluan kalau si hero gak ngomong duluan.

Perjanjian hati menceritakan soal Heroine yang harus berkorban nikah bohong-bohongan sama heronya demi sang adik, lah kog? Soalnya hero ini punya adek cewek dan heroine punya adik cowo yang mana saling suka dan serius, masalahnya hero ini mau dinikahin sama adeknya sendiri karena mereka bukan saudara kandung.

Maka dari itu hero ngajakin heroine buat nikah bohong-bohongan demi ibunya yang punya penyakit jantung. Walhasil terjebaklah heroine dalam sebuah pernikahan tersebut.

    Singkat cerita ibunya hero meninggal. Bingung nih, beliau pergi.. lantas cerai saja kalau begitu. Namun kan harapan orang-orang terdekat yang membuat mereka belum bercerai.

Di Garden Caffe dia suka cokelat panas.

  1. Sweet Enemy

      Seorang gadis yang dibeasiswani keluarga kaya sekaligus diangkat anak. Ternyata masa lalu gadis itu cukup tragis. Kemudian kakak angkatnya malah naksir dan mereka jadian di ending. Ah sudahlah.. terlalu menye-menye kata gw mah.. tapi seru dan bagus ^^. Nih bocah sukanya ke Caffe Garden dan minuman favoritnya adalah Oreo Milkshake

  1. You’ve Got me from Hello

    Novelis yang baru patah hati dan pindah ke suatu kota, di sebuah Kafe yang bernama Caffe garden dia bertemu dengan pemiliknya. Mereka mulai dekat dan begitulah..

Azka yang terlalu sempurna dan tipikal suka bertanggungjawab, sampai-sampai dia meninggalkan mimpinya manjadi chef demi menanggung beban pewaris dari keluarganya. Juga saat pacarnya kecelakaan karenanya, meski tak cinta ia bersedia bertunangan dengannya. Minuman favoritnya adalah wine, filosofinya rada pahit tapi kalau tahu cara minumnya akan manis.

  1. Pembunuh Cahaya

     Yang ini soal pemilik usaha tanaman yang sering menyetok ke garden caffe. Dia dekati pria untuk ajang balas dendamnya. Yah.. pada akhirnya itu cuman kesalahpahaman..

Si wanita disini suka sekali dengan teh hijau dari garden caffe.

Saya suka penggambaran soal rumah kacanya yang bagus, tanaman bunga segala jenis ada dan nampaknya indah. Saya juga pengen punya kebun bunga-bunga’an model begituan ^^, nanam-nanam tanaman juga salah satu hobiku.

  1. Supernova Petir

    Ini tentang sekeluarga etnis tionghoa yang antimainstream :v . Bukannya coba menjudge.. namun dari pandangan masyarakat memang ada hal-hal yang selalu gak pernah lepas dari mereka. Kalau mereka pasti nikahnya sama sesama etnis lagi, sekolahnya di sekolah yayasan swasta yang isinya orang sipit semua, terkenal pasti tajir. Dll

Namun Elektra keluarga tidak menyamai tradisi tersebut, memilih serba nasional. Disama’in dengan dengan orang kebanyakan. Jadi Etra gak bisa bahasa mandarin dan gak biasain diri memanggil dengan khas mandarin sono, tiap kumpul sekeluarga besar pasti cengo’ gak ngerti pada ngomong apa’an, di sekolah sering diejek karena mata sipit mereka. Meski adek kakak tersebut gak akur tapi kalau kumpul keluarga besar mereka saling melindungi.

       Diawali dengan duo gay kita di supernova yang agak renggang hubungannya soalnya yang satunya sibuk sendiri dan lupa ada janjian makan malam, lalu cerita malih rupo ke si keluarga etnis tionghoa. Si tokoh utamanya pasca meninggal ayahnya, ditinggal Cici’nya nikah, nanggung hutang bokapnya banyak. Masih nganggur dan bertahan dengan nasi telor ceplok. Tetiba suatu hari dia dapat tawaran pekerjaan di sekolah gaib *gelo. Awalnya percaya gak percaya tapi dia lakonin juga :v

Yang gw gak habis pikir adalah pas ketemu nini dan sampai nini-nininya pingsan, dimomen tersebut gw ketawa ngakak sampai perutku sakitnya naudzubillah XD *Hahahaha. Juga soal Cici’nya pindah agama ngikut suaminya, si Elektra suka banget ngibulin Kakaknya

     Petir? Namanya Elektra dan dia suka sekali dengan hujan dan tentu saja petir. Agak-agak mistis-mistis gimana gitu sih..

Tapi kocak banget >_<

  1. Exclusive – Sandra Brown

    Bagiku butuh sekitar seminggunan untuk menyelesaikan novel tebel ini. Meski panjang lebar dan njlimet entah kenapa komentar yang menurutku cocok banget untuk novel ini adalah “Oh d*mn Vanessa!”

Ini fiksi, seorang presiden Amerika yang dicurigai membunuh anaknya sendiri. Dipalsukan sebagai SIDS. Ibu Negara menemui Barrie si wartawan untuk mengirimkan kode bahaya. Barrie mulai menyelidiki SIDS (bayi meninggal sendiri secara tiba-tiba) dan presiden, diperjalanan mengungkap kebenaran ia bersama Bondurant dan cinlok :v.

Yagitulah, ada unsur politiknya. Bagaimana pun juga ini cuman fiksi, fiksi yang seru XD. Plot twitsnya membuatku ternganga-nganga.. gile aje.. ketipu.

Over all ini seru banget.

Sandra Brown siapanya Dan Brown ya? Atau namanya saja yang sama?. Jadi merasa bersalah karena Benteng Digital belum benar-benar kuselesaikan, lucunya saya sudah pernah 3 kali memulainya dari awal.. dititik pertengahan saya selalu berhenti karena suatu hal, jadi ketika mau baca mau tak mau harus mulai dari halaman satu lagi. Yang padahal bukunya Dan Brown rata-rata 500 an halaman -_-? Dan gua lupa sudah masuk halaman berapa dulu???

Pecinta konspirasi / the other side of the dark world.. pasti suka bukunya Dan Brown, semuanya.. gw baca.. terkecuali itu yang Benteng Digital belum kelar-kelar :v

         Sekian kali ini, akan diperharui lagi postingan ini. Karena pasti nambah lagi yang gw baca, walau gak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. 100 rasanya gak masuk akal mengingat keterbatasan waktu.

# 27 Juni 2017#

Buku Part 2

Saya cenderung tidak suka ngikut-ngikuti tren, semisal hari ini yang lagi up banget adalah bukunya Bang Radit, hari berikutnya Asma Nadia, Pidi Baiq, dll.. biasanya akan coba sebisa mungkin menghindari yang sedang ngetren. Aneh ya? Beneran.. saya gak suka jadi orang yang latah, kalau sedang ngetren ini lalu ngikuti, itu ngikuti.. gak ah,

  1. Twilight: New Moon

       Dan itulah kenapa saya baru menjelajah serinya Twilight setelah bertahun-tahun lamanya. Twilight yang pertama saya coba baca 2016/2015 lalu dengan berpikir keras bahwa Edward bukan Robert Pattison, Bella Swan bukan Kristen Stewart. Awalnya memang sulit, tapi lama-lama terjadilah.. saya merusak statement Edward ya Robert.. Bella ya Kristen XD (HHHHH)

       Twllight, rating buku tersebut adalah teenlit remaja. Gak mungkin remaja-nya Indonesia lah.. remajanya AS. Remaja yang umurnya sudah 17 ke atas.

     Kalau buku pertama menceritakan Bella yang penasaran pada Edward, lalu mengetahui kalau ia ternyata Vampir.. lalu mereka menjalin hubungan dan ternyata kebersamaan mereka adalah suatu ancaman bagi nyawa Bella karena Bella hanya manusia biasa. Endingnya manis…

Buku kedua menceritakan betapa hancurnya Bella karena ditinggalkan Edward. Alasannya Edward meninggalkan Bella adalah karena dia tidak mau merenggut kehidupan manusianya Bella, tidak ingin membahayakannya lebih lagi. Mm.. di buku pertama kan diceritakan James mati ditangan Edward dan Victoria sebagai pasangannya.. dendam pada Edward, caranya balas dendam dengan berusaha membunuh Bella.

Karena saking galaunya ditinggal Edward, Bella selama 7 bulanan tingkahnya seperti mayat hidup. Lambat laun mulai dekat dengan Jacob, mereka sering bersama. Setelah dekat dan hubungan mereka diantara teman bukan, kekasih bukan.. Jacob menghilang dari Bella. Rupanya Jacob sedang menyesuaikan dirinya dengan kenyataan bahwa ia adalah Werewolf.

        Bella sering berhalusinasi mendengarkan suaranya Edward ketika dia sedang dalam bahaya. Tindakan konyolnya yang terakhir adalah lompat dari tebing. Edward yang jauh di sana diberitahu oleh saudaranya kalau Bella sudah mati. Edward hancur, ia datang ke Itali untuk minta kematian dari Volturi. Volturi tidak semudah itu mengiyakannya karena melihat bakat Edward yang bisa membaca pikiran.

Bella kalut, dia menyusul Edward ke Italia dengan Alice. Alasannya Edward ingin mati adalah ia merasa tak perlu hidup lagi kalau Bella sudah tidak ada. Selesai, tidak ada yang terluka.

      Singkat cerita keluarga Cullen kembali ke Fork, sekarang keinginan terbesar Bella adalah menjadi vampir seperti Cullen. Malam hari mereka mengadakan voting diantara Cullen, banyak yang setuju. Ini demi keselamatan Bella dan Edward juga tentunya. Carlisle janji akan merubahnya setelah Bella lulus SMA. Edward tidak semudah itu terima, ia marah dan ia setelah dibujuk Bella akhirnya bersedia, meski mengulur-ulur beberapa tahun. Yeah.. dia melamarnya dan janji akan merubah Bella tapi tidak dalam waktu dekat.

    Novel semacam ini menimbulkan delusi dan halusinasi ingin sehari saja jadi Bella Swan yang dicintai Vampir dan dikejar-kejar Werewolf #Sarap

  1. Phoebe – Claire

      Saya penasaran siapa sebenarnya Phoebe? Apakah laki-laki atau perempuan?. Dia menciptakan sosok Claire yang tahan banting, mana ada orang tahan dibanting-banting rumit gitu hidupnya? NYESEK!

  1. Phoebe – Love Latte

      Kisah yang aneh sepanjang sejarah, Seorang pria 25 tahun menikah dengan anak usia 15 tahun?. gajeeee~ *wkwkkw, ah gamau ah.. ogah gw nyeritain novel yang satu ini. *HHHH aneh beneran..

Lalu setelah berpisah lama mereka ketemu lagi ketika si anak itu sudah 23 tahun, yagitu deh.. konyol. Dan tetap sekali lagi nyesek. Barangkali Pheobe terinspirasi dari manga, biasanya pecinta manga lebih suka yang kecil imut-imut. Jujur saja saya gak suka dengan AKB atau JKT 48, masa’ dari tahun ini sampai ke ini lagi mereka pakai seragam terus?  Tak bisakah kalian lebih elegan sedikit seksinya? -_-?? Seperti BlackPink/Twice.

  1. Phoebe – Venus

      Pengacara dengan seorang diplomat buaya. Awalnya karena acara perjodohan, Vanessa mengira Kent yang datang.. etah.. malah Natsuki, yang notabene-nya buaya dan musuhnya. Percikan – percikan asmara datang, suatu ketika si Venus Vanessa hamil. Ia pikir Natsuki tidak akan bisa menerima anaknya, jadi ia memilih pergi saja daripada tiba-tiba ia diminta menggugurkan anak tersebut.

Yang membuatku jijik pada Natsuki adalah sifat buayanya, srigalanya itu lhoooo, entah sudah berapa korbannya? Korban yang harus menggugurkan kandungannya. Ckckckck

  1. Phoebe – Husband

      Bangun-bangun disebelahmu ada pria asing yang ngaku-ngaku suamimu? KKKKKK sejenak Linea merasa bingung, dikiranya ia amnesia atau semacamnya. Lalu mencoba menerima katanya-suaminya-itu, tapi ternyata ia terlibat dalam usaha balas dendam si bosnya yang mengaku suaminya.

Phoebe, siapa kau sebenarnya?

  1. Raditya Dika – Koala Kumal

     Tentang patah hati dari berbagai sisi. Bang Radit di Koala Kumal menceritakan masa-masa patah hatinya pada teman, pacar. Selalu lucu dengan cara yang tak terduga. Seperti Koala Kumal, suatu hari ia dibawa pergi oleh petugas karena suatu hal.. kemudian ia dikembalikan lagi ke hutannya. Koala manis itu bingung, ia berada di tempat yang sama tapi ini sungguh berbeda. Koala Kumal itu kebingungan.

Seperti Bang Dika dengan salah seorang mantannya, ketika si mantan ngajak balikan dan berkata aku bukan orang yang sama lagi. Bang Dika juga bilang ia bukan orang sama lagi. Itulah kenapa Koala Kumal.

  1. Raditya Dika – Manusia Setengah Salmon

    Saya memutuskan untuk menghabiskan bukunya Bang Radit, yang lebih banyak gaje dan itu semua curhatannya Bang Radit namun dirangkum menjadi cerita yang menarik. Perjalanan Bang Radit yang ia gambarkan seperti Salmon yang sedang bermigrasi untuk awal baru yang lebih baik, meski di perjalanan Salmon tidak semua berhasil dan harus melewati banyak rintangan.. mereka tetap gigih bermigrasi demi menelurkan telur-telur mereka.

Seperti halnya hidup manusia, selalu berubah dan berpindah. “Mungkin gue hanya perlu mencari kebahagiaan-kebahagiaan kecil di antara semua perpindahan ini”

  1. Raditya Dika – Marmut Merah Jambu

    Di halaman pembuka Bang Dika ada thanks to Sherina Munaf ^^, buku ini terbit mereka posisi masih pacaran. Sebenernya mantannya Bang Radit itu banyaaak banget kalau dilihat dari buku pertama sampai projek film-filmnya yang baru-baru ini. Dari yang ketahuan sama yang gak kita tahu. Cuman.. emang bener kata Bang Radit, kalau penulis memang jarang membuat media gossip melirik sampai memberitakan kehidupan pribadinya *wkwkwk

  1. Raditya Dika – Cinta Brontosaurus

    Ini bukan review yak, wkwkwk cuman curhat my book experience~, sekedar catatan saja. Hmm.. ada bab kolor, Bang Dika waktu TK banci tampil dan dia suka nari-nari, pentas saja dia kadang menambahi gerakan sendiri sampai dipuji gurunya.. Dika ada bakat nari *wkwkwk. Waktu TK dia naksir temennya, pernah suatu ketika dia kena efek tivi.. kalau cewek suka digandeng tangannya, Bang Dika gandenglah tangan gebetannya. Dengan kepolosan anak TK, temen-temennya bilang kalau gandengan bisa bikin hamil *kkkk. Bang Dika nya udah parno nih, eh pas gebetan ditanya “Kamu gak hamil kan?” jawabnya “Hamil itu apa?” *wkwkwk.

Nah, Bang Dika pentas nih.. buat caper sama gebetan juga, tanpa diduga kostum sarungnya melorot. Membikin semua orang gempar.

  1. Raditya Dika – Babi Ngesot

   Masih soal curhatan Bang Dika dengan gaya penulisan santai bercandaan ala diari. Ada banyak bab konyolnya, salah satunya soal dia takut banget dibuli kakak kelas, juga pas dia ngeband dijaman kuliahnya dulu, bisa-bisanya juga nanyak ke pacar gimana kalau melihara tuyul pas nikah nanti. Ini orang ajaib deh, tahun 2012 saya tahu Bang Dika karena Kambing Jantan.. kemudian isenglah saya buat blog di blogspot.. bosen di blogspot~ akhirnya saya pindah ke wordpress akhir tahun 2013 an karena menurutku interface jauh lebih keren dan sosialnya lebih bagus karena di dashbor ada kelihatan siapa aja yang baru aja posting dan Alhamdulillah sekarang sudah 1 tahun memakai TLD, ya ga gimana-gimana pakai dot com.. biar gak ada yang ngambil nama gw chariszha aja.. cuman buat seru-seruan aja.. *HHHH

  1. Spy in Love – Dwitasari

    Penulis yang sempat membooming bertahun silam karena berdrama ria katanya. Saya pernah konsen yang Raksasa dari Jogja dan Cinta Tapi Beda. Ugh… Cinta tapi beda? Tuhan memang satu.. kita yang sama… haruskah aku? Lantas pergi meski cintaaa takkan bisa pergi… *wkwkwkwk Marcell

Meski dulu dia sempat berdrama dengan account Twitter Bianca Dominique, yang diduga hanya dibuat-buat supaya filmnya laris, meski meski dan meski lain-lainnya.. saya memang kagum dengan tulisannya yang teenlit remaja dan mudah diterima para kaum galauers, kagum namun bukan fanatik. Raksasa dari Jogja dan Cinta Tapi Beda sudah difilmkan, Spy in Love juga difilmkan lhooo.. pemeran utamanya Hamish Daud *ahahahaha Anak bule~

    Ceritanya tentang agen rahasia yang cucunya mantan agen rahasia. Hamish memang cocok buat memerankan sosoknya Putera yang keturunan Bule-Indo. Putera pergi ke Penang kerja jadi manajer hotel sekalian melakukan misinya soal pesawat yang hilang, katanya itu pembajakan dan tokoh central kunci misinya adalah Jasmine yang harus ia lindungi, eh Putera jatuh hati padanya dan mau menikah.

Lucunya… kakeknya Putera tidak tahu kalau cucunya adalah agen rahasia. Hmmm…

Menurutku novel ini tidak berat¸ terlalu ringan untuk ukuran spy-spy an, cocok dibaca kalau lagi bosan, nunggu bus atau gak bisa tidur gitu~. Namun saya memang bukan penggemar Dwitasari Dwita, kalau tidak salah novelnya ada 12 an yang sudah terbit.. saya tak begitu bernafsu untuk mencari tahu yang lainnya.

  1. Dear Nathan – Erischa Febriani.

     Bermula dari rasa penasaran saya akhirnya menjelajah buku ini. Bagiku orang yang pantas pakai nama Nathan ya Nathan dari Mili dan Nathan sih.. siapa tuh aktornya?? Saya lupa namanya *kkk. Dan saya teringatkan seseorang karena membaca buku ini. Ya.. hanya sekedar ingat, biasanya memang cowok bad boy cenderung mudah membuat seorang gadis jatuh cinta. Entah mengapa ya? #melirikKeCermin. Oh, itu dulu.. ketika kita masih ijo.

      Tokoh utamanya adalah Nathan dan Salma, Salma tipikal kutu buku dan polos jatuh cinta pada Nathan yang nakal. Pertemuan pertama mereka adalah ketika Salma telat berangkat ke sekolah, Nathan membantunya melewati gerbang sebelah. Ada yang menarik dari Nathan.. dia menggunakan saya-kamu ketika bicara dengan Salma, selain Salma dia ber-elo – gue. Nathan gencar sekali mendekati Salma, mengantarkannya pulang, sms+telfon, membuntuti Salma, stalking sosial medianya, menempeli semua sahabatnya Salma. Salmanya cenderung malu-malu dan kaku menanggapi Nathan karena dia memang masih polos dan berpikir Nathan bukan anak baik tapi hatinya berkata ia suka dengan Nathan.

      Kenapa Nathan bisa nakal dan nakal? Alasannya karena dia patah hati.. saudara kembarnya meninggal karena membuntuti Nathan yang mau tawuran, dikira Daniel itu Nathan dan ia dihajar. Pasca Daniel meninggal ibunya menjadi stress dan harus dirawat khusus. Ayahnya menikah lagi, Nathan di rumah sendirian dengan pembantunya, ia mulai menyiakan hidupnya dan membenci ayahnya. Nathan yang semula nakal menjadi semakin nakal. Salma yang menurut orang lain biasa.. membuatnya jatuh cinta. Yang tidak secantik para fansnnya Nathan, yang rata-rata.

     Yang paling saya inget dari Nathan adalah dia kalau ngomong ngasal banget, apalagi waktu Aldo KetOS tahu Salma pacaran dengan Nathan si musuh bebuyutannya. Aldo heran dong… masa’ Salma jadian dengan Nathan? Nathannya dengan enteng membalas “Kenapa lo? Mau pacaran sama gw juga?” Wkwkwk dasar…

  • Nathan jahil setengah mati, anak-anak sekelasnya pasti kena kejahilannya. Dia yang sengaja minum kiranti punya temen ceweknya, katanya lagi pms biar tenang. Suka bakar lilin dan ditaroh bawah kursi
  • Suka gangguin guru, kelas yang sunyi dia tiba-tiba muter mp3 cherrybell
  • Naik-naik meja buat gangguin mb-mb kos sebelah
  • Temenannya sama anak kelas 3, suka telat masuk kelas.
  • Intinya kalau Nathan gak masuk sekolah pasti guru-guru merasa tenang dan damai ^^, kita pasti pernah dan masih akan terus punya temen model beginian.

Sayangnya ada hal-hal di novel ini yang menurutku kurang, pengkarakteran tokoh-tokoh yang lainnya selain Nathan dan Salma kurang tegas dan tercerai berai sehingga saya agak kesulitan membayangkannya. Tapi.. Dear Nathan memang menarik, meski begitu saya gak begitu tertarik nonton filmnya. Filmnya remake bisa gak? Nathan ganti kek. dan tokoh-tokoh lainnya juga ganti? #ngarep

  1. Twilight – Eclipse

     Terjadi serangan besar-besaran di Seattle, Bella masih terancam nyawanya oleh Victoria. Edward masih enggan merubah Bella menjadi vampir, ia tidak ingin Bella menyesal melewatkan masa-masa manusianya. Bella masih gamang tapi ia pikir menjadi vampire akan mempermudah segalanya dan menghindari kekacauan. Ia tidak akan terlalu takut pada ancaman Victoria, ayah dan ibunya bisa selamat. Ia bisa bersama Edward selamanya.

    Akhirnya pertarungan antara vampire buatan Victoria dengan keluarga Cullen tidak bisa dihindari. Werewolf dan vampire bekerja sama membasminya. Disini.. saya suka sekali ketika Jacob dalam wujud Werewolfnya membuka moncongnya melet ke salah satu sisi sudut mulutnya. Menurut Bella kalau Jacob tidak melet pasti jatohnya menyeramkan *hhh Setuju!

Kemudian setelah mengetahui Bella hendak menikah dengan Edward, Jacob menghilang berbulan-bulan.

  1. Twilight – Breaking Dawn

     Bella dan Edward menikah! Yuhuuu… Awalnya Bella tidak mau menikah secepat ini karena dalam lingkungan sosialnya pernikahan muda dianggap tidak cerdas dan hanya terjadi jika itu di abad ketika Edward masih manusia, kuno bagi Bella.. apalagi apa kata teman-temannya. Ayahnya awalnya tidak setuju, tapi diluar dugaan Renee malah suka sekali.. karena menurutnya ini keputusan yang tepat, meski masih muda.. Bella sangat dewasa didalam. Namun Edward meyakinkan bahwa bukannya Bella mau jadi vampire? Lantas kenapa memikirkan pandangan manusia yang lain?

Jacob hilang, tapi dia muncul kembali di pesta pernikahan Bella. Bella mencintai Jacob pula namun cintanya ke Edward lebih besar. Setelah tahu keputusan Bella ia benar-benar hancur, namun sedikit mencoba mengerti.

Dan terjadilah, Bella yang enggan menerima barang apapun dari Edward akhirnya harus belajar menerima. Intriknya cukup pelik karena ini endingnya!

     Jacob bertemu dengan imprint-nya.. Renesmee~ <3, kalau boleh jujur… saya suka sekali dengan Jacob versi Werewolf :v, kalau saya bisa dan boleh memelihara anjing pasti akan cari ras akita atau yang campuran srigala yang moncongnya panjang itu lohh.. unyuu~, kalau saja macan dan singa tidak buas pasti saya dengan senang hati memeliharanya *edaan

Werewolf yang katanya di sini ketika para werewolf berubah menjadi srigala maka antar mereka bisa membaca pikiran masing-masing.. tidak ada rahasia, para werewolf pria jijik mendapati pikiran dan pandangan berbunga-bunga dari Leah ke Sam XD. Leah nya sendiri bingung dia suka cewe atau cowo? Gara-gara bisa merasakan cintanya Jacob ke Bella :v

      Ahahahaha, fiksi mulu Cha?? Hmm.. saya lagi konsen buku terjemahan lagi. Dan dua non-fiksi, mungkin kedepannya mau yang terjemahan lagi dan lebih banyak nonfiksi. Kalau ada yang tertarik ingin membaca salah satu buku dari list-ku ini.. hati-hati, beberapa list di atas yang tidak cocok buat anak kecil. Yuhuuu… #31-Agustus-2017

-[ SEPTEMBER ]-

Akhir September 2017

30 September 2017, nulisnya dicicil tentunya.. tapi diposting ketika akhir bulan sahaja.

September, ceriaaa… milik kita bersama…

       Kalau dikulik tahun ini memang kebanyakan pilihan bacaanku bisa dibilang cemen oleh para buku addict sejagad, ketika mereka berkutat pada Sherlock Holmes, Haruki Murakami, J.K Rowlling, William shakespare dll karya serta nama besar lainnya.. Biar..,

       Bulan ini saya agak muak dengan buku yang sejenis narasi romantis puitis, cukuplah satu saja dengan Fiersa Besari di awal tahun dengan Garis Waktunya, bulan ini dan seterusnya saya belum berminat dengan buku sejenis. Karena apa? Membaca buku semacam itu… Rasanya seperti mengorek nanah di koreng sendiri dan membaca curhatan orang lain secara terang-terangan, lantas menyama-nyamakan ke situasi sendiri terlepas penulisnya laki-laki atau perempuan, memelow-melow kan hati sendiri, ujung-ujungnya galau berkepanjangan, kehilangan orientasi waktu. Bagiku pribadi efeknya terkesan membodohkan diri.. at least diriku *HHHHH, terkadang saya pun ingin berteman dengan galau tapi tidak boleh selalu, untuk saat ini tidak mau menggalau ria. Gak boleh… gak boleh gak boleh..

      Kalau fiksi kan kita gak tahu dibagian mana penulis curhat, penulis menyamarkan perasaannya di bab mana, kalimat apa saja, atau bahkan dari bab awal sampai akhir sebenarnya curhatan semua tapi dikamuflasekan  menjadi cerita fiksi yang runut dan apik.

  • (24) Fallen too Far – Abbi Glines

       Awal kenapa kepengen baca adalah sewaktu buka buka sebentar dan saya tertarik dengan nama tokohnya “Rush Finlay” Kog terkesan keren kedengarannya yah? *kkkkk alasan yang aneh.

      Blaire baru saja kehilangan ibunya karena kanker, ia menghubungi ayahnya untuk minta bantuan tempat tinggal. Ayah memberikan alamat rumah Rush anak tirinya, Blaire sebenarnya tidak mau berhubungan dengan ayahnya lagi karena sewaktu ibunya sakit ayahnya malah pergi dan menikah lagi.

Blaire sempat bercanggung ria dengan Rush karena ada rahasia yang Rush sembunyikan dari Blaire. Disaat yang sama Rush sangat amat tertarik pada Blaire, meski awalnya ia mendorong-dorongnya hatinya jauh-jauh dari Blaire.. ia akhirnya menyerah juga. Karena adiknya Rush, Nannette adalah anak dari ayahnya Blaire juga.. dipikirannya Rush, Blaire hanya akan membuat Nannette sakit hati.

      Saya sempat pusing dengan pohon keluarga mereka. Ibu Rush memiliki Rush bersama seorang rockstar tapi tidak menikah, Nannette dan Rush saudara seibu tapi beda ayah- ayahnya Blaire, jadi kalau diantara Nan dan Blaire ada sesuatu pasti Rush akan memilih Nan apapun yang terjadi, itulah yang membuat Blaire kadang gamang dan tahu diri siapa dia ini. Rush tampan dan kaya, ia tinggal pilih siapa yang mau dengannya dan Blaire merasa minder dengan itu. Diceritakan Blaire ini cantik dan baik sekali orangnya tapi dia gak sadar, sebenarnya Rush sudah terpikat dari awal melihatnya, semakin jatuh terlalu dalam sukanya setelah mengenal jauh siapa Blaire.

      Setelah mengetahui kebenarannya Blaire memilih pergi menjauhi Rush, ia merasa dipermainkan, dibohongi oleh Rush. Saya tidak akan menjelaskan detailnya, namun memang cukup menarik dan mood booster sekali roman seperti ini.. *kkkk

**Ada kata-kata di novel ini yang saya suka, sejak paragraph awal kan POV nya Blaire.. jadi kebanyakan dari sudut pandangnya Blaire yang saat itu ia baru 19 tahun sedangkan Rush 24 tahun:

*Blaire: Disana. Sepasang mata perak terlintas di pikiranku dan luka yang menembus kebekuan. Aku tahu dimana hatiku berada dan aku tidak yakin bisa melihatnya lagi, …

*Blaire: Aku ingin mengulurkan tanganku dan menyentuh wajahnya. Untuk mengatakan padanya semua akan baik-baik saja. Dia akan melangkah maju untuk meneruskan hidup dan melupakan semua ini. Mengenai kami. Tapi aku tidak mempu melakukan itu. Bagaimana aku bisa menghiburnya jika aku merasa hampa di dalam?

*Blaire: Bukan dia yang menyebabkan aku lari. Dialah yang menjadi alasanku ingin tinggal.

*Blaire: Jarak…kami butuh jarak. Dan aku butuh menangis.

  • (25) Never too Far – Abbi Glines

       Blaire hamil. Ia semula hendak menyembunyikan kehamilannya dari Rush, takut Rush dan keluarganya tidak akan bisa menerimanya. Ia tidak mau anaknya hidup dalam kebencian keluarganya Rush. Blaire masih belum merasakan Rush mencintainya, lebih tepatnya ia beranggapan mungkin Rush hanya terpikat pada fisiknya saja dan akan cari yang lain seperti sebelum-sebelumnya kalau sudah bosan.

Suatu hari temannya malah mengajak Blaire kembali, demi kelangsungan hidup Blaire kembali dan pelan-pelan berusaha membuat jarak dengan Rush. Tapi kehamilan membuatnya jadi lebih sensitif dan perasa lebih dari sebelumnya.  Disaat yang sama Blaire butuh Rush tapi ia mendorong-dorong Rush menjauhi hidupnya.

     Pembaca bisa lebih tahu soal Rush yang sudah menjadi ayah dan ibunya Nannette, ia dewasa sebelum waktunya dan tertekan diwaktu yang sama, sejak kecil ia merawat Nan dan melimpahinya dengan kasih sayang, waktu bebasnya adalah ketika ayahnya mengajaknya keluar. Sedangkan ibunya asyik berpesta dan hanya menyentuh Nan jika akan dipamerkan ke teman-temannya.  Ibunya geram Nan bertanya terus kenapa Rush punya ayah sedangkan Nan tidak? Ibunya mengajak Nan menemui keluarganya Blaire dan kembarannya, Nan makin iri dan cemburu benci pada Blaire sekeluarganya. Jadi ketika Nan lihat Blaire ia jadi jahat padanya.

       Singkat cerita Nan, Rush, dan Blaire mengetahui kebenarannya kalau ayahnya Blaire ternyata bukan ayahnya Nan. Ayahnya Nan adalah salah satu anggota rekan ngeband ayahnya Rush. Nan mulai membuka hatinya pada Blaire.

POV nya dibagi antara Rush dan Blaire. Disini kita bisa lihat sudut pandangnya Rush yang menurutku menarik, seberapa bingungnya ia menghadapi tingkah Blaire.. ia yang bukan tipikal romantis tiba-tiba jadi gentle man pada Blaire, Rush berusaha menuruti keinginan Blaire yang tak terucap.  Bagaimana ia mengiba-iba perhatiannya Blaire agar percaya ia benar mencintai Blaire.. khawatir sekali pada Blaire yang masih ingin kerja ketika dia hamil, rasa cemburuannya ke Blaire, kesalahpahaman antara keduanya, dll

**Kata-kata yang menurutku menarik di buku bagian kedua:

*Rush: “Kau butuh aku, aku disini”. Aku berhenti. Aku terdengar menyedihkan bahkan ditelingaku sendiri. ( POV nya Rush, saya beneran ketawa dengan kalimatnya Rush itu, dia benar-benar menyedihkan saat itu, hhhh )

*Blaire: Aku bukanlah seseorang yang cantik. Dialah yang indah tapi aku tidak mengatakannya. Jika dia ingin berpikir aku cantik maka aku akan membiarkannya. ( POV nya Blaire )

*Blaire: Aku hanya menginginkan agar kau bahagia. Kau pantas untuk berbahagia. Kau tidak perlu mengkhawatirkan aku. Aku kuat. Aku bisa melakukan ini seorang diri. [ That is lovable lines, ]

  • (26) The Power of Introverts – Susan Cain

      Perbandingannya  introvert dan ekstrovert adalah 1/3, berarti dari 3 orang diperkirakan 1 diantaranya adalah introvert. Kenapa orang-orang banyak yang menganggap kaum introvert semacam kaum yang terkucilkan? Ya itu tadi.. karena introvert 1/3 dari penduduk bumi, jadi.. yang dominan so pasti akan mendiskriminasi yang minoritas, sengaja maupun tidak sengaja, atau yang minoritas justeru me-mind blowing yang mayoritas. Itu sudah hukum alam.

        Ada kata-kata dari David Dobbs yang saya suka “Most of us have genes that make us hardy as dandelions: able to take root and survive almost anywhere. A few of us, however are more like the orchid: fragile and fickle, but capable of blooming spectacularly if given greenhouse care”

 Kumpulan artikel sih tepatnya, bukan buku juga.. tapi dihimpun jadi satu dan isinya lebih padat dari halamannya. You know what I mean kan guys..

  • (27) Quiet (The Power of Introverts in a World That Can’t Stop Talking) – Susan Cain

     Nyari terjemahannya kagak ada, yaudah.. baca versi aslinya saja sampai kepengen muntah saking tebelnya 900an halaman maaak, kalau kata-katanya agak susah dikit sambil ngawang-ngawang kamus*kkkk. Bukunya kan semacam buku healing gitu ya.. mungkin interpreternya kudu paham betul, bukan sekadar menerjemahkan kata per kata. Kita pasti gampang buat nonton film/dokumenter pakai sub English gitu.. tapi kalau buat menerjemahkan byself.. emang agak susah ya? Contoh ringannya aja subtitle film, terkadang dari bahasa Ibu asal negaranya dengan bahasa kita tidak punya maknawi yang sama padahal artinya itu di kamus. Tugas intrepeter.. Menghembuskan roh napas yang sama ke bahasa yang berbeda.

   Saya juga agak bingung menceritakan buku ini bagaimana, yang jelas spesies yang satu ini memang menarik dengan cara yang tak kebanyakan orang mengerti, bagaimana bisa tokoh-tokoh dunia kebanyakan adalah introvert, betapa besar kontribusi mereka disepanjang sejarah, well.. semua dibahas terperinci dengan bukti-bukti factual. Bukanlah sebuah kekurangan yang harus dihardik atau dipaksa berubah, atau sengaja menyembunyikan jati dirinya.. hanya butuh ruang tersendiri untuk berpendar, seorang introvert adalah sosok yang sering bergulat dengan pikirannya sendiri. Katakanlah biasanya mereka memang rata-rata cerdas secara tekstual dan mengejutkan kalau sudah membagi pemikirannya pada dunia, contoh nyatanya.. Einstein.. J.K Rowling, Bill Gates, dll

“I knew that in 1921 the influential psychologist Carl Jung had published a bombshell of a book, Psychological Types, popularizing the terms introvert and extrovert as the central building blocks of personality. Introverts are drawn to the inner world of thought and feeling, said Jung, extroverts to the external life of people and activities. Introverts focus on the meaning they make of the events swirling around them; extroverts plunge into the events themselves. Introverts recharge their batteries by being alone; extroverts need to recharge when they don’t socialize enough.”

      Pada dasarnya setiap individu manusia memang unik sih menurutku. Perbedaan adalah manifesto dari kekayaan semesta bukan?.

“Introverts, in contrast, may have strong social skills and enjoy parties and business meetings, but after a while wish they were home in their pajamas. They prefer to devote their social energies to close friends, colleagues, and family. They listen more than they talk, think before they speak, and often feel as if they express themselves better in writing than in conversation. They tend to dislike conflict. Many have a horror of small talk, but enjoy deep discussions. “

  • (28) Supernova Gelombang – Dee

        Jika kita hanya konsen satu buku supernova rasanya ada yang kurang dan hampa, bingung besar. Karena saya akui baru mengerti fiksi yang satu ini sangat menarik dan mempengaruhi pembacanya dalam waktu yang lama setelah masuk ke Gelombang.

Sayangnya saya tidak membaca Supernova secara urut. Dulu tahun 2014/2015 saya mulai dengan yang Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh lalu ke Akar. Paling ingat dengan tokoh Diva dan newsletter misterius si Supernova.. tentu membuat pembaca bingung kalau hanya berhenti di buku pertama, dulu agak bingung ini apa sih? Perselingkuhan atau apa?. Lalu ke Akar bagian 1, kenalan dengan Gio si manusia eksentrik dan perjalanan hidupnya, yang nempel banget adalah kasus hilangnya seseorang di suatu hutan entah mengapa. Kemudian 2017 ini saya kembali ke Supernova lagi yang Petir lalu Gelombang. Untuk yang petir narasi hidupnya si Elektra, lalu berkenalan dengan Alfa si keturunan batak.

     Dari Alfa lah saya baru kebuka matanya lebih jelas soal keterkaitan satu sama lainnya antar tokoh dari buku pertama sampai yang Gelombang dan yang terakhir nanti ada Intelegensi Embun pagi.

     Alfa semula kita tahu hanyalah anak batak, suatu hari ada acara pemanggilan roh dan dia didatangi penjaganya. Alfa kemudian diperebutkan dua Datu’, salah satunya berpura-pura baik tapi ia berusaha mencelakainya dan satunya lagi menolongnya dan memberinya petunjuk siapa dirinya yang sesungguhnya. Alfa sekeluarga merantau ke Jakarta, saat SMA dia menjajal ke AS lewat saudaranya, ia menjadi imigran gelap. Singkat cerita Alfa yang jenius ini bisa kucing-kucingan dengan petugas imigrasi, kerja banting tulang, lalu ketrima di Univ bergengsi dengan beasiswa penuh, kemudian Tom yang menjadi tutor tamu mengendus bakat Alfa, ia mengajaknya bermain valas wallstreet, setelah itu keimigrisian gelapnya lenyap dan dia hidup hanya untuk bekerja. Lebih tepatnya selalu menghindari untuk bermimpi, ia berusaha untuk terus terjaga.

   Permasalahannya Alfa dia menghindari tidur, karena tidur baginya adalah kematian, ketika Alfa tidur dia biasanya akan reflek menggeser kepalanya dan menutupi wajahnya dengan bantal, itulah kenapa dia seringkali terbangun dalam keadaan gusar nyaris mati karena kesulitan bernapas. Selama 11 tahun ia tidak pernah tidur sekali jalan 5 sampai 6 jam lebih. Hanya sedikit-sedikit dan menjaga pola hidupnya tidak drugs/alcohol, apapun segala sesuatunya yang membuatnya hilang kendali diri sendiri, terlalu sempurna.

      Lalu kemudian kedua sahabatnya menyarankan Alfa untuk sekali-kali menikmati hidup, Alfa terlalu sempurna untuk ukuran manusia, karena waktu tidurnya sedikit ia jadi punya banyak waktu untuk belajar apa saja, so perfect! Terkecuali kebiasaan tidak pernah tidur dan tidak main perempuannya serta tidak mengenal Tuhan.

       One day.. Alfa had one night stand with someone who tells her name Ishstar. Alfa tertidur 5 jam setelahnya, ia merasa kacau karena semua probalitas tidak tidur yang ia usahakan jalin menjadi pola hidup ekstrim berubah dalam semalam, Alfa yang selalu terikat waktu tiba-tiba mengalami disorientasi waktu, ia kembali menghadapi mimpi yang dianggapnya buruk.

    Alfa tidak bisa lari lagi, ia akan menghadapi kenyataannya. Singkatnya ternyata dia bukanlah manusia seperti biasanya yang ia duga selama ini, ia mengemban suatu misi dan kodenya adalah Gelombang, ia harus menemukan rekan sesamanya dan menghindari para pencelakanya. Perjalanan dari kebingungannya adalah perjalanan menemukan kembali ingatannya yang sudah dihapus, sehingga ia Alfa dan para rekannya mengalami amnesia setelah lahir menjadi wujud manusia baru, Gelombang sebelumnya juga sudah menciptakan skenario untuk ditemukan dirinya kembali dari wujud lain. Pelan-pelan Alfa mengerti jalannya.

      Dari journeynya Alfa, kupikir aku agak tergelak dengan kebiasaan orang batak yang asal mencomot nama-nama asing ke anak-anak keturunan mereka, sampai sekarang masih banyak kan? Kadang kan kita denger namanya barat bule banget dan bayangan kita pasti ada campuran bule dan segala macem, eh pas ketemu malah pribumi asli *wkwkwk. Thomas Alfa Edison dipanggilnya Ichon.. bukan Alva karena petugasnya dulu salah tulis, Sir Issac Newton dipanggilnya jadi Uton.. Alfa geli dengan kata Sir dinama abangnya karena artinya “Tuan”, lalu Albert Einstein jadi Eten. Wkwkwk, Dan Alfa tidak suka menyebut dream sebagai dream mimpi,, lebih suka menyebutnya target, kurasa karena dia gak suka dengan mimpinya yang menakutkan. Karena tiap bangun dia pasti tersengal-sengal tertutupi bantal di muka dan membiru hampir mati.

     Dan karena tidur yang paling dibahas disini, saya jadi tertarik membicarakan soal mimpi dan tidur.. mimpi sadar dan kendali, kita pasti sering/pernah mengalaminya. Terkadang kalau saya tidak bisa tidur dan harus butuh tidur karena harus bangun pagi biasanya saya memaksakan diri untuk memejamkan mata dan memikirkan masalah hari tersebut kenapa dan kenapa bagaimana seharusnya diselesaikan, harusnya blablabla.. gini gitu? Atau merencanakan sesuatu untuk hari esok sambil membayangkannya. Lalu ketiduran deh… enjoy yourself~

      Saya sebenarnya juga gak terlalu percaya tidur harus 8 jam, untuk masa pertumbuhan anak-anak kurasa masih relevan, bagi bayi dan balita barangkali lebih banyak lagi. Namun untuk seusiaku waktu adalah soal aktualisasi diri, belajar.. produktivitas dan uang *tsaaah~ , setidaknya jangan sampai badan drop ketika memulai hari mah gapapa begadang..  tapi kalau sudah parah capeknya tidur ya.. tak selamanya kopi akan bisa menolongmu terjaga.. tubuhmu ada limitsnya*wkwkwk

  • (29) Supernova – Akar

      Karena saya bacanya sudah lama jadinya agak ngeblur ceritanya. Saya agak kangen sama Bodhi *kkk, tapi kangennya bukan sebagai kekasih ke kekasih.. ini pure karena Bodhi yang termasuk manusia unik, maka dari itu saya baca ulang saja, tapi lompat-lompat karena pelan-pelan saya inget jalan ceritanya. Si botak yang sama sekali gak punya rambut sejak kecil tapi ada semacam tulang punggung di tengah kepala plontosnya, entah muncul dari mana, dari apa, tidak ada yang tahu pasti. Sejak kecil tumbuh besar di lingkungan kuil. Lalu ia berkelana kesana kemari mencari kitab suci sampai dapetlah ia keahlian men-tattooo.. sekalian memastikan itu wanita yang Bodhi Tato di Thailand iyakah Ishtar yang one night stand dengan Alfa? Dulu, saya berspekulasi kalau Ishtar adalah Diva dari Supernova – Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh. Jika benar Ishtar adalah orang yang sama, maka sepertinya ia selalu muncul disetiap serinya Supernova dan keberadaannya selalu samar misterius.

  • (30) Supernova – Partikel

     Semua tokoh utama selalu bernuansa “anomali” serta sempurna dengan keunggulan masing-masing. Zarah terlahir dari ayah dan ibu yang sebelumnya saudara tiri. Ibunya adalah anak kandung dan ayahnya adalah anak angkat, kakak adek bukan sedarah itu mulai luntur berkat renik-renik asmara, Firas si anak emas semua orang, cerdas dan tampan, masa depan cerah. Lahirlah Zarah setelah pertikaian kecil karena mereka sebelumnya keluarga.

Zarah dilarang sekolah oleh Firas dengan alasan ia tidak suka pendidikan formal dan menjadikan anaknya seperti anak kebanyakan, akhirnya Zarah diajar secara mandiri oleh Firas sendiri, Firas sendiri diketahui menyimpan pemikiran absurd tentang jamur/fungi dan keterkaitannya yang amat mendalam. Betapa ia percaya alam dan manusia bisa saling bicara, seolah Firas mendewakan dan menTuhankan fungi. Karena bagaimana pun juga Fungi diceritakan dalam sejarah sangat berperan penting dalam kelangsungan bumi, sebelum dan pasca bencana meteor dll. Nenek moyang manusia adalah fungi menurutnya Firas ^^

      Firas mulai aneh, sulit ditemui dan hidup di dunianya sendiri. Hanya Zarah yang ia bagi rahasianya, soal alien dll. Singkat cerita Firas menghilang, Zarah seperti kehilangan pegangan, ia berusaha mencari ayahnya dari jurnal-jurnalnya, ia pun ingin sekolah demi mencari ayahnya. Zarah sulit diterima karena ia sejak kecil tidak pernah diajarkan perihal keimanan, Tuhan, jadi ketika besar ia condong mempertanyakan keberadaan Tuhan berdasarkan logikanya. Semacam ateis lah..

Zarah berpergian jauh demi mencari ayahnya. Seperti beberapa tokoh sebelumnya, perjalanan hidup Zarah adalah perjalanan menemukan dirinya sendiri. Seperti Bodhi, Etra, dan Alfa..

Sampai sini saya merasa tidak perlu banyak menebak, toh akan terbongkar di seri terakhir *kyayakyaaa~

    Dan lagi lagi sama kesanku terhadap para tokoh utamanya, terlalu sempurna dengan cacat yang luarbiasa. Rata-rata mereka punya appearance yang good looking dari orang kebanyakan, mereka memperdebatkan keberadaan Tuhan, lebih logic dan cenderung jenius, sibuk sekali mengenali diri sendiri. Mereka menjalani kehidupan yang anomali, aneh dan terlalu miring kadang terlalu sinting bagi masyarakat awam. Namun ada satu hal yang selalu Dee sisipkan di tiap serinya, bahwa hidup itu bak perjudian.. harus tahu kapan berhenti dan menahan diri.

Pernah ada kalimat kira-kira punya bunyi sejenis ini, petani itu berjudi dengan lahannya.. melemparkan semua benihnya namun tidak ada yang menjamin semuanya akan bertunas.

Bagaimanapun novel fiksi ilmiah begini lebih indah disimpulkan pikiran kita masing-masing, tergantung yang baca siapa.

     Membaca buku supernova sebenarnya seperti mengingatkanku pada khayalan masa kecilku, yang pernah iseng berpikir ada gak sih orang diluar bumi kita? Dimensi lain? Katakanlah alam semesta ini luas dan tak terkira.. yang itu artinya pasti ada galaksi lain dan bumi lain yang seperti kita jalani, ada entitas lain yang tak terbayangkan. Yang sama-sama bisa dihuni, karena kependekan akal dan keterbatasan fisik kita jadi cukup sulit untuk saling bertemu. Atau barangkali kita saling bertemu tapi tak saling tahu asal muasal, mereka yang lain yang cukup tinggi intelegensinya melebihi kita manusia yang ada di sini, sama manusianya tapi lebih unggul dalam hal otak, barangkali. Dasar laut itu ada kehidupan lain selain mamalia, ikan, dan hewan air lainnya gak sih? Atau mungkin ada yang berbentuk setengah manusia dan cukup pandai menyembunyikan diri. Mulai konyol dan gila kedengarannya..

    Dan pernah membayangkan, bisa jadi saat kita menulis cerita.. kita sebenarnya menciptakan kehidupan lain yang runut sesuai cerita kita, pernah gak sih mereka yang di dalam cerita kita merasa bertanya-tanya siapa sih yang bikin hidup mereka rumit, ya seperti Dimas dan Reuben dengan novel Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuhnya sampai bikin Re bingung dia merasa distalking atau disetir hidupnya kog sama persis sampai puisinya juga *kkkk. Insanity of my mind.. such annoying.. how pitiful mind *hhhhhh itu cuman khayalanku. Sesuatu yang terkhayalkan harusnya termaafkan mau segila apapun itu.. hh, cerita dalam cerita.. mimpi dalam mimpi..

  • (31) Supernova – Intelegensi Embun Pagi

     Yeah! Majimak cheorom.. majimak cheorom ma ma ma jimak cheorom, seolah ini akhir pencarianku. Seri terakhirnya membuatku tersenyum mengembang, pias campur lega, akhirnya banyak pertanyaan bodohku terjawab di sini. Alfa si Gelombang sekaligus pemimpin Gugus Asko, Bodhi si Akar, Elektra si Petir, Zarah si Partikel, dan Gio si Kabut. Dan Permata akan lahir dari Zarah kelak, entah harus komentar seperti apa pada novel seri supernova, tampaknya yang pas menurutku adalah ini.. “Supernova layaknya simpul rumit yang diikat berlapis-lapis dan sistematis meski tampak semrawut, jika berhasil diurai hati-hati maka si pengurai akan menemukan kepuasan serta kelegaan tersendiri”

Setelah di puncak serinya… waktunya berpisah, tapi rasanya seperti nonton konser musisi paporit *kkk dimana kita kepengen sekali teriak angkor “WE WANT MORE! WE WANT MORE!! WE WANT MORE!!” padahal si musisi harus segera mengakhiri pentasnya *HHHHH

Saya butuh buku fiksi ilmiah lagi… Urutan tokoh peretas tersayangku

(1..) ALFA. Semula saya suka banget dengan Alfa sebagai manusia sempurna, lalu kupikir mengingat Bodhi jadi suka Bodhi, Alfa yang sempurna dan kokoh sekali.. agak arogan tapi cerdik, nyatanya memang sampai akhir tetap suka dengan Gelombang. Kesan pertama tahu namanya ya inget pasukan khusus/tim khusus dan Alfa kan maksudnya adalah suatu awal-puncak dan permulaan, unggul. Alfa mengingatkanku pada lagunya Super Junior yang judulnya Sexy, Free & Single *HaHaHaHaHa!, orangnya diceritakan memang kece abis.. sosok yang pas sekali menyandang title “Sexy, Free & Single” hanya saja kehidupan cintanya berbanding terbalik dengan kesuksesannya. Kalau mau ngayal parah lagi, poster Alfa yang ganteng rapih pakai jas nonformal dengan tagline “Sexy, Free & Single” lalu ada nb-nya no hp “Call Me Baby”  *Hahahahahaha… kalau ada beneran pasti gw teror nomornya Alfa.

       Jadi kamu bayangin siapa Cha?? Ada deh.. salah satu seleb yang mungkin tidak 100% menggambarkan fisiknya Alfa, tapi dia tinggi dengan perawakan badan yang pas tidak gemuk atau kurus.. charming, sempurna banget.. sekilas lihat wajahnya kita langsung bisa menyimpulkan dia cerdas orangnya, hanya saja warna kulitnya terlalu putih untuk Alfa sih menurutku, tapi beneran dia pas banget!! Saya gak bisa bayangin orang lain selain dia. Meski saya bukan penggemar setia/fanatiknya, memang diawal karirnya saya sempat menggilainya.. dan tentu saja saya jatuh cintanya dengan si Alfanya dengan meminjam appearance dia.. ^^v

 (2..) BODHI. Penggambarannya yang kepala botak tapi ada semacam tulang menyembul dari bawahnya yang seperti dikasih implant padahal bukan, tapi wajahnya cantik dan bakalan kelihatan makin cantik kalau dikasih wig, saya hanya kepikiran satu orang buat bayangin sosok Bodhi ini. Kesan pertama soal nama Bodhi? Cuman inget pohon Bodhi  nya Sidharta Gautama

(3..) ELEKTRA. Si mungil yang menyimpan kekuatan besar. Memang kedengarannya dia lemah dan tidak percaya dirinan sih, tapi saya lebih suka Etra daripada Zarah, Zarah terlalu sempurna.. cewek tangguh. Kesan pertama nama Elektra di pendengaranku, listrik.. apa lagi? Wkwkwk

(4..) ZARAH. Cewek tangguh, si pemberontak dan petualang. Syukurlah ketemu jodohnya, Gio yang cocok banget dengannya, seneng lihat Zarah bisa berpikir semua penderitaannya harus kehilangan ayah dan mencarinya sampai keujung dunia.. penolakan orang-orang pada pemikirannya, dia dianggap aneh selama ini, ia merasa penderitaannya terbayarkan lunas setelah bertemu Gio, belahan jiwanya. Kesan pertama nama Zarah? Atom.. partikel? Inti terkecil, sebesar biji zarah.. yagitudeh..

(5..) GIO. Saya gak terlalu mengenal Gio, karena dia tidak seperti keempat tokoh sebelumnya yang memiliki petualangan terperinci dibukunya sendiri, ia hanya sering muncul diperawalan dan memang seperti kabut ceritanya, meski tak utuh tapi selalu memulai. Ia pikir dulu Diva – Bintang Jatuh adalah cinta sejatinya, nyatanya bertemu Zarah selama tak lebih dari sekian hari sudah menjadi segalanya. Kesan pertama nama Gio? Hanya nama biasa, tapi untuk si embun pagi alias kabut ini memang beda sendiri, namanya ada di nama tengahnya.. jadi saya agak tidak menyangka kalau dia juga peretas sih..

      Kalau Infiltran, Kell si bule banyol.. Tim Chen-Doll.. wkwkwk makan terus dipikirannya. Pak Kas si bapak-bapak tua yang hobi nyesep rokok dan suka ngomong medok jawa. Liong si remaja SMP yang lagaknya macam dosen senior,, agak geli bayangin dia dari sosok sirkus shaolin, boboho atau temennya cocok kali ya buat dibayangin jadi Liong *kkk, tapi mereka hanya kulit.. entah bisa berwujud apalagi. Yang jelas trio kwek kwek, we always missing you guys!

    Seneng tahu ternyata Ishtar bukan Bintang Jatuh-Diva tapi dia adalah Penjaga, jadi Diva dan gugusnya hanya ingin melakukan percepatan. Tidak mau terlalu lama menjalani samsara, mencari kode-kode ingin cepat sadar siapa jati dirinya, risikonya gugusnya hancur dan ia mengungsi ke Asko gugusnya Alfa dkk, permasalahannya Alfa adalah ia ternyata dikejar-kejar Ishtar selama ini, karena peretas punya siklus mati.. hidup lagi dalam bentuk manusia lain, semacam reinkarnasi tapi mereka bukan manusia tapi mereka semacam alien  (?) bener kan? Alien kan arti simpelnya sesuatu asing bagi manusia, dewa (?). Hidup dalam cangkang manusia dan menjalankan tugasnya. Alfa akhirnya harus mati wujud manusianya, … Dimas dan Reuben yang manusia biasa yang penuh tanda tanya, dll… kereeen, yang suka buku rada aneh dikit dan terbuka pemikirannya ini supernova cocok sekali buat anda sekalian!

Para peretas. Novel Intelegensi Embun Pagi.. mereka bukanlah akhir, justru ini adalah awal.. mereka harus meninggalkan keluarga dan sanak saudara, mengembara ke tempat jauh.

Saya cukup beruntung karena baca bukunya disaat serinya sudah lengkap, apa jadinya harus nunggu 8 tahun, sekian tahun untuk tiap serinya. Bisa jamuran dan lumutan saya…

WE WANT MORE! 100 kali #masih_teriak2

  • (32) Beautiful Disaster – Jamie Mc Guire

      Salah satu novel yang aneh, konflik lain selain hubungan percintaannya cukup aneh menurutku. Abby Abernathy adalah Lucky Thirteen yang mana julukan itu dia dapat karena ayahnya merasa kehilangan kemampuan pokernya di ulang tahunnyanya Abby. Sedangkan tokoh laki-lakinya? Travis adalah seorang petarung kampus, keduanya saling tertarik. Bagaimana cara menjelaskannya ya? Di sini saya kzl/gondok banget dengan Abby yang lamban merespon Travis dan impulsifnya Travis, dalam artian Travis cintanya ke Abby seperti terobsesi sampai-sampai bikin tattoo di lengannya dengan tulisan “Pigeon”, nama panggilannya ke Abby.. karena menurut Travis, pacarnya ini seperti burung merpati.

Kalau suka bilang aja suka, jalani komitmen kalian dengan penuh pengertian satu sama lain. Kalau gak suka ya bilang aja gak suka! Jangan main di zona teman tapi mesra!. Kalau merasa gak cocok putuskan saja berpisah, jangan maju mundur putus nyambung gak jelas hanya karena pemikiran-pemikiran “Sepertinya” “Takut ini itu” -_-, semua bisa dikondisikan dan pecahkan masalahnya bersama.

Endingnya mereka nikah, padahal mereka baru 19 tahunan. Wkwkwk, terserah lu deh..daripada Travisnya sakau merasa gak dicintai Abby dan Abby –  nya kebingungan diterorin Travis, masih cinta dan selalu cinta tapi Abby menjaga jarak tapi anehnya dia akan terbuka sekali kalau Travis sudah sangat dekat. Membingungkan sekali bagiku..

  • (33) Fade Into You – Kate Dawes

     “Fade” Series is a quick read, all three books can be resolved at one time sit. Bener sih, baca ini cepet banget. Rasanya seperti iklan lewat aja gitu. New York Times and USA Today Best seller.

     Olivia Rowland meninggalkan kehidupan Midwestern setelah lulus dari perguruan tinggi dan menuju ke Los Angeles untuk bekerja pada sebuah agen pencari bakat di Hollywood. Baginya kehidupan di LA adalah gegar budaya, tapi tidak sebanding dengan kejutan yang ia dapatkan ketika Max Dalton memasuki kehidupannya.

     Max Dalton adalah seorang produser/sutradara/penulis termuda dan paling cemerlang di Hollywood. Dia kaya, sukses, tampan, dan tidak pernah kekurangan wanita, tapi hanya ada satu wanita yang dia inginkan, dan dia berniat untuk mewujudkannya.

  • (34) Fade Into Always – Kate Dawes

      “Fade” Series is a quick read, all three books can be resolved at one time sit. Masih kelanjutannya, tapi ini seri terakhirnya. Saya sengaja menyimpan buku keduanya.. anggap aja nanti flashback *hhhh

     Tahu gak.. sebenernya ada satu hal sama yang menarik dibuku-buku dari 32 – 34 dan beberapa novel yang kubaca selama ini? Heroinenya tidak suka diberi-beri hadiah berbau uang serta kemewahan dan dan cintanya murni karena pribadi heronya. Klise sekali memang, memang bener ada golongan wanita yang kepengen dibuktikan rasa cintanya dengan bentuk barang, harta dan ada golongan wanita yang tidak butuh apa-apa selain keberadaan kekasihnya.

     Karena mereka terkadang merasa seperti menjual cintanya/seolah menjual diri kalau bersedia menerima hadiah-hadiahnya dan ada perasaan terikat dengan “Balas budi”, adakalanya perasaan seperti itu tidak semua orang mengerti rasanya. Saya sering ngasih saran ke temen-temen yang menjalin hubungan untuk jangan terlalu banyak menerima dan ngasih kado kalau hubungan kalian rentan sekali putus suatu hari nanti.. siapa tahu-negatip tingking boleh pan.. *wkwk, karena ada semacam unsur apa ya?? Laki-laki adalah mahkluk yang mengungkit-ungkit kebaikan yang dia lakukan, apalagi kalau dia marah.. tak jarang pasti nyeplos “Apa gak inget, aku kasih kalung! Cincin! Dasar matre! Nganterin kamu ke sini situ! Emangnya gw tukang ojek lu? Dengerin curhatanmu semalaman! Gak tahu diri” Wuuu.. semua hal-hal yang sekiranya ia pikir baik dan care banget ke dirimu pasti akan diungkit. Intinya minta pamrih. Harusnya definisi cewe matre harus kita ubah jadi giniii… tentu harus seiya dengan kata-katanya ya, selain itu bukan urusanku.. *hhhh “Kalau gw bilang gw cewe matre dan gak tahu diri mau apa lu? Matre bukan maksud morotin kamu demi kepentingan pribadi.. matre buat masa depan anak-anak kita, gak tahu diri dengan sering ngomong terlalu jujur soal hal-hal tidak baik didirimu biar jadi lebih baik lagi orangnya”

HHHH, hobi baruku akhir – akhir ini adalah membalik quotes-quotes jadul yang beredar di pasaran dan kata-kata dengan makna negatif. “Jangan menilai buku dari sampulnya” – Jadi.. “Kamu boleh menilai buku dari sampulnya, tapi kalau tak berniat serius untuk membacanya sampai akhir maka jangan dirusak, baiknya tinggalkan saja”

Sedari dulu juga sudah hobi membalik dan mengoreksi omongan orang sih, jahil aja.. *kkkkk

Kayak.. “Pengalaman adalah guru yang paling berharga” jadi “Pengalaman akan bernilai sampah jika tidak pernah dipelajari”. Bener dong… hahahaha.. mau terserah pengalaman: guru/tutor elu S3, S4, Samsung S-17.. efse’ F4*eh, kalau kamunya gak mau mengambil ilmu darinya alias mengabaikannya meski mendengarnya.. sambil masuk kuping kanan keluar kuping kiri ya sama aja bohong dong.. hhhhhhhhhh

  • (35) Sleepaholic Jatuh Cinta – Astrid Zeng

      Perjalanan Tecla dari benci ke cinta pada Philip, hmmmmmmmmm drama banget!. Si Tecla ini tukang tidur sedangkan Philip yang gila kerja dan perfeksionis. Satu komentarku “Ngapain bisa baca buku ini? Gak ada gregetnya”. (¬_¬”) kupikir ada percikan-percikan kejutan diperjalanan.. eh.. enggak ada, biasa aja. Sedikit kecewa..

  • (36) Come Away With Me – Kristen Proby

       Ini romance, seneng deh sama romansanya novel USA.. rata-rata kedua tokoh utama sudah menyimpan ketertarikan diawal pertemuan, hubungannya berjalan dengan cepat secepat 5G LTE *hhhhh. Langsung to the point ngomong suka dan serius, tidak berdrama ria dengan main benci benci terus cinta seperti karya asia kebanyakan.

     Cuman bedanya proses memang penting kan.. diantara proses menuju cinta di karya asia kebanyakan akan selalu dibumbui kelucuan dan ketika sudah sangat serius momen nikahnya pasti bagus. Bedanya novel USA adalah ketakutan dari heroinenya menjalin hubungan lebih lagi karena dan mereka takut banget kalau sudah hamil dengan pemikiran pasti heronya gak bisa terima.. kurangnya rasa percaya pada si heronya meski pembuktian cinta si hero terbilang sudah luarbiasa.. eniwei sebenernya wajar adanya perasaan ragu dikubu wanita sangat tinggi.. intinya butuh diyakinkan seribu kali baru percaya,

yang menurutku sedikit aneh.. ketika heronya yang ngebet banget pengen nikahin,  tentu saja mereka akan sangat terima bayinya karena cintanya ke heroine yang besar tadi. Tapi unggulnya.. langsung saling menunjukkan ketertarikan diawal dan tidak bertele-tele, proses perkenalan hati ke hati mereka juga terjalin cepat.

*♛Nice dialog♛~

*Mark: Semua gadis memikirkan tentang pesta pernikahan mereka. Itu membuat kami para pria ketakutan setengah mati.

*Natalie: Aku tak pernah merencanakan pernikahan. Itu bahkan tidak ada dalam radarku. ( Wuooo.. suka sekali dengan kata-kata Natalie yang satu ini, meski sepanjang bab dia membuat pembaca envy karena seperti dapetin jackpot, digilai Luke si aktor kece, romantis setengah mati dan sayang sekali padanya sampai jadi overprotektif *qqqq.. ya.. bagaimana pun juga mereka cocok,  Luke dan Natalie tak terpisahkan bagai permen karet di rambut. Dan sebetulnya saya cukup bertanya-tanya besar apakah setiap pasangan punya kecenderungan tidak ingin berpisah sedetik pun? Hei.. c’mon butuh privasi woii.. tapi kalau udah cinta mati sepertinya privasi udah gak ada ya? Kkkkkkk, ini novel romance yang membikinku bertanya akan hal ini lebih sering ketimbang baca genre sejenis kebanyakan, baru beneran sadar sekarang sepertinya.. soal si pasangan permen karet, perihal perasaan tidak mau berpisah dan bersama selalu 24 jam sehari x 7 hari seminggu? Karena saya gak pernah kepikiran seperti itu pada seorang pun sampai sekarang.. kalau suka dengan orang pasti ada jamnya tersendiri, gak harus selalu, oh.. berarti saya memang tidak pernah jatuh cinta pada seseorang sampai sedalam itu..  belum pernah masuk ke tahap cinta yang bisa dengan sadar berkata “Aku rela mengiris nadi demi dirimu”, sekarang itu terdengar menjijikkan bagiku… tapi bagi mereka yang dimabuk cinta itu wajar, hmm, sepertinya saya memang iya masih normal-normal waras memandang cinta, belum sesinting itu.. perlu dikaji ulang, apa gw harus bikin angket dan nyebar ke orang-orang..? HHHHHH)

Ah sudahlah… skip cinta-cintaannya. Trilogi Hunger Games sepertinya seru…





© [ OKTOBER 17 ]  I Dare You To Lift Yourself Up Off The Floor.  ©

 Cemen part II – sekali lagi… pilihan bacaanku kebanyakan masih fiksi dan yang ringan-ringan saja.

        Tidak pernah menarget berapa dalam setahun, namun angka penuh 100 tampak menggiurkan bagi pecinta buku dimana pun dia berada ‘bukan?. Paling tidak kalau mau mencapai target itu saya harus mengurangi sesuatu yang bisa mendistracting diri disetiap waktunya *hmm, aiduno.. 50 aja udah syukur kog… intinya moodku dalam membaca juga tergantung perasaan, kalau lagi bagus ya bisa banyak.. tidak terpaku “harus”, pernah 1-2 bulan tidak baca buku sama sekali. Pernah bisa serakah, setelah berkelana dalam kata terkadang rasanya seperti sudah keluar dari lini waktu selama setahun bahkan seabad, sukar merasa nyata padahal baru sejam dua jam meninggalkan realitas ^^.. seperti bangun bangun mata memerah dan mengerjap-erjap kantuk “Ini di mana? Aku siapa? Aku manusia? Buktinya apa jika ini masih bumi? Setya Novanto mana?, Pak JKW mana sepedanya saya!? Aku sudah lupa caranya naik sepeda Pak!“ Namun tujuanku membaca hanya ingin saja, hanya ingin mencari ketentraman hati. Jawaban yang tak membutuhkan penjelasan rumit bukan? *kkk. Makanya saya penikmat Romance dan novel fantasi ketimbang buku nonfiksi apalagi agama *kkkk

     dan seleraku juga random.. penulis buku favorit pun tak ada, namun akhir-akhir ini lagi suka dengan Dewi Lestari.. seterkenal itukan Mba Dee sampai Nicknamenya dipakai hampir semua orang yang namanya Dewi *wiuw. Mbok ya kalo mau bikin Nickname yang kreatif dikit pemirsa.. jangan niru yang sudah tenar-tenar, namun sebenernya semuanya serba random.. tidak pernah betah pada satu hati yang sama istilahnya, ya.. kalau ada saatnya saya bilang suka pada sesuatu dan seseorang berarti memang sangat istimewa. Mudah bosanan.. Apalagi disuruh nulis review buku? Beuh.. males euy,  saya sering berkelana melihat review orang-orang namun merasa tak cukup layak untuk menulis review sendiri.

      Sudah sebulan berlalu saya masih belum bisa lepas dari Alfa, kekonyolannya disegala situasi membuatku tidak bisa berhenti memikirkannya.. agak sengak arogan orangnya sih.. tapi kupikir tidak masalah, setiap orang punya sisi sombongnya sendiri asal tahu tempatnya. Masuk akal bagiku untuk seorang Alfa bersikap searogan itu. Namun saya tidak menyarankan anda untuk secongkak Alfa ini di kehidupan sehari-hari, memang saat di amrik dia malah jadi semacam dokumentar from zero to hero *hhhhhhh menggelikan.. padahal kan Supernova novel supranatural-ala, baru seru saat dia di Tibet bareng Nicky Evans.. dan nyaris meninggal di jembatan, ku akui memang rada janggal seperti ditambal.. tapi yasudahlah, toh saya menikmatinya.

       di blognya Dee menceritakan bagian yang tidak jadi dia masukkan ke IEP.. apa jadinya kalau Dee benar-benar jadi memasukkan Nicky dan Ishtar ke IEP bersamaan? Suka sekali saat Alfa tak jarang berbohong perihal pacar imaginernya pada Mamak yang memaksa-maksa si bungsu segera memperkenalkan pacarnya dan menikah *hhhhhhhh, di Gelombang saja Mamaknya sudah semangat sekali pada Miranda dan langsung kepengen mengesahkan hubungan yang tidak ada itu.. *hhhh, sebelumnya kan Ichon bohong ke Mamak perihal punya pacar yang bokapnya punya penyakit langka dan sebentar lagi meninggal.. sebagai pacar yang baik Ichon pun ingin menemaninya.. ngeles mulu~ padahal Alfa lagi ogah balik ke Indonesia, betapa saya bisa membayangkan sekuat apa resonansi suara Mamak saat Alfa sering menjauhkan ponselnya dari telinga *kkk, tapi Dee tidak jadi melakukannya (masukin si Nicky Evans) karena bisa membuka simpul baru, yang akhirnya malah membuat pembaca merasa diberi harapan, ini saja IEP sudah kelar saja banyak yang tidak rela *huf. Ichon… uh Ichon yang sayang sekali pada Mamaknya.. ^-^. Yang pas ditanya dua sohibnya apakah ada wanita di hidupnya Alfa? Alfa dengan bangganya menyebut Mamaknya *hhh

  • (37) Filosofi Kopi – Dewi Lestari

      Sebuah kumpulan prosa yang indah serta cerita pendek dari Dewi Lestari. Kopi ya? Saya bukan pecinta kopi. Kupikir jantungku sedikit lemah jadi kopi tidak terlalu baik bagiku, bukan karena saya membencinya namun demi kebaikan diri sendiri saya menghindarinya.     Sewaktu membaca Cinta dalam Gelas – Andrea Hirata.. saya tergelak dengan penceritaannya tentang betapa kentalnya warung kopi dengan para bapak-bapak dan gosip, siapa bilang gosip hanya makanan sehari-hari ibu-ibu? Cara seseorang meminum kopi dan ragam penyajiannya juga mengindikasikan sifat peminumnya tapi Andrea Hirata menyimpulkannya dengan candaan sih. Lelaki melayu, kopi dan catur + gorengan + rokok.. tak terpisahkan.. Jika Andrea Hirata bicara masyarakat melayu dan kesederhanaan Warung Kopinya.. Dee membicarakan kedai kopi, sesuatu yang lebih modern dan kopinya bukan itu-itu saja.

    Sedangkan Dee menceriterakannya mirip seperti halnya cara barista memaknai tiap jenis kopinya. Sebagai kaum pecinta budaya populer saya memilih Cappuccino sebagai kopi terfavorit. Bukan tanpa sebab, toh lidah tidak pernah bohong bukan? Cappuccino untuk orang yang menyukai keindahan dan kelembutan. Kopi yang genit, harus punya standar tampilan yang tinggi.. mereka tidak boleh kelihatan sembarangan, kalau bisa terlihat seindah mungkin. Itu kata Ben *hehe. Yang nonton film Filosofi Kopi pasti tahu Ben diperankan siapa? FILOSOFI KOPI “Temukan diri anda di sini”. Ben memang sempat patah arang karena merasa sudah sombong dengan kopi terbaiknya, rupanya kalah dengan kopi di pedalaman.

      Tapi saya lebih terkesan dengan cerita Rico de Coro *hhhh, seekor kecoak yang naksir anak pemilik rumah yang berusia 13 tahunan kalau tidak salah. Si Rico ini *kkkk saya geli membayangkan kecoak terbang, bukan jijik atau takut. Kalau pun ada di dekatku sekarang pasti saya pukul dengan sandal XD. Dan prosa SPASI-nya di Filosofi Kopi. Kenapa fabel hewan bisa seseru ini? Wkwkwk. Rico oh Rico, aku fansmu, hahaha ngefans dengan kecoak terbang. Rico adalah Putera Mahkota dari kerajaan kecoak dapur, ayahnya mengakui diri  lebih elit ketimbang kecoak got karena sebelumnya sering dengerin tivi. Juga cerita tentang Lana yang kukira wanita, rupanya Bapak Maulana yang gay XD *Astaganaga

  • (38) Hunger Games – Susan Collins

      Aw! Peeta, kenapa kamu begitu manis sih? Sikapnya manis sekali pada Katniss.

    Saya terjerat oleh romantika dua anak remaja di Hunger Games, oh Tuhan… aku terjerat romansanya Peeta dan Katniss ^^/  Saya akui kalau mau mencari romansa manis carilah di Korea dan Jepang, tapi urusan action dan sci-fi barat jagonya XD

      Sebelumnya kupikir Hunger Games cukup mengerikan untuk mengimbangi perasaanku yang sedang tidak punya perasaan ini. Ternyata memang mengerikan namun dibumbui romance yang begitu kuat antara Peeta dan Katniss dan Gale. Anjiiir, cinta segitiga!. Hunger Games membuatku sedikit mual bergidik ngeri bisa melihat seember nanah yang keluar dari robekan luka Peeta, gelembung nanah sebesar genggaman tangan akibat sengatan tawon mutan di tubuh Glimmer, hobi Katniss yang suka menggigit pipi dalamnya sampai berdarah dll, Susan Collins mengimbanginya dengan memberikan banyak ciuman, pelukan antara Peeta dan Katniss sehingga tensinya sedikit berkurang, itu bukan poin utamanya. Namun perasaan Peeta yang tulus ke Katniss lah yang membuatku senang meski Peeta merasa cintanya bertepuk sebelah tangan, sedangkan Katniss masih belum bisa mengonfirmasi sebenarnya hatinya untuk siapa? Gale atau Peeta?

    Okeh, saya belum pernah menonton filmnya namun kupertimbangkan nanti setelah selesai membaca triloginya.

Hunger Games adalah permainan saling membunuh diantara 12 distrik, hanya pemenangnya yang akan hidup. Katniss masuk ke Hunger Games demi menggantikan Primrose adiknya yang bahkan namanya sedikit sekali diantara peserta lain di distrik 12. Ia harus memainkan peran sebagai pasangan kekasih yang malang dari distrik 12 demi dapat banyak donatur, ini semua gara-gara Peeta yang menembaknya diatas panggung.. terang-terangan menyatakan perasaannya pada Katniss. Betapa cinta matinya Peeta.. tergila-gila pada Katniss sedangkan Katniss hanya akting supaya tetap bisa bertahan hidup di arena *hhhh, kasihan lihat Peeta diakhiran kecewa berat rupanya ia bertepuk sebelah tangan. Sebenarnya Katniss juga suka Peeta, hanya saja perasaannya ke Gale masih merundunginya. Terlebih yang dipikirkan Katniss hanyalah keselamatan ibunya dan Primrose. Bagaimana Peeta yang tahu segalanya tentang Katniss namun Katniss tidak pernah memperhatikannya. Saya suka sekali dengan pengumuman bahwa pemenangnya boleh 2 orang dari satu distrik, setelah mendengar pengumuman tersebut Katniss langsung berteriak “PEETAAA!!” , antara so sweet dan lucu menggelikan + konyol… hahaha

Katniss: Pasangan kekasih bernasib malang yang putus asa kepingin pulang. Dua hati bersatu. Kisah cinta. Karena tidak pernah jatuh cinta, ini akan jadi sedikit sulit. Aku memikirkan orangtuaku, …

Peeta sangat manis disini, dia yang pandai berbicara dan menyentuh hati siapa saja yang mendengarnya dan dia baik. Yang menarik disini adalah Peeta dan Katniss seperti tidak ada hasrat membunuh sebesar peserta lain, mereka biasanya membunuh karena ketidaksengajaan dan mempertahankan diri. Yang jadi masalahnya adalah endingnya diumumkan pemenangnya hanya ada satu, antara Peeta dan Katniss harus mati salah satunya. Katniss mengajak Peeta makan berry beracun saja daripada membiarkan satu yang menang. Akhirnya keputusan dirubah, pemenangnya boleh dua.

  • (39) Hunger Games II: Cathcing Fire

      Karena tindakannya Katniss, ia dianggap memberontak. Quarter Quell dimulai. Hunger Games sebelumnya yang hanya mengirimkan 24 anak dari 12 distrik.. biasanya akan jadi berlipat ganda, pemenang Hunger Games sebelumnya biasanya akan menjadi mentor selanjutnya. Namun karena Quarter Quell kali ini cukup istimewa, yang dikirim adalah 24 para pemenang dari Hunger Games yang masih hidup. *jedaaar! Rasanya ada petir yang menyambar-nyambar di atas kepalaku, betapa teganya

(︶︹︺), tensiku sedikit berkurang setelah melihat Peeta dan Katniss lolos dari maut.. di buku kedua harus senam jantung lagi.

Semuanya adalah pembunuh berpengalaman, dikumpulkan dalam satu tempat yang cukup berbahaya karena didesain khusus, tiap jam-jam tertentu disuatu domain akan terjadi fenomena, hujan darah, hewan liar menyerang, dll. Tujuan Katniss adalah membuat Peeta hidup, Katniss endingnya merasa ditipu karena dia tidak tahu rencana pemberontakannya Distrik 13.

Ugh! Sayangnya saya belom kelar baca buku bagian 3, baru beberapa lembar saja *kkkkk, tapi belum begitu mood untuk melanjutkan sih..

  • (40) With Me In Seattle – Fight With Me by Kristen Proby

      Terlibat affair dengan Bos? Dan di perusahaan dilarang sesama karyawan untuk menjalin hubungan asmara? Nate dan Jules justru pacaran. Mereka pacaran karena sebelumnya sudah saling tertarik dan menjauh karena peraturan perusahaan, namun mereka akhirnya menjalin hubungan juga. Masalah mereka adalah komunikasi, Jules yang merasa tidak mungkin menjalani ini dengan Nate, terlebih pemikiran pasti akan dipecat kalau ketahuan. Apalagi Nate adalah atasannya, sesaat cukup sulit membedakan antara pekerjaan dan hubungan pribadi. Mereka diluar mereka berdua tentunya bersikap profesional, hubungan bisnis. Meski Jules terkadang kesal sekali melihat Nate di jam kerja seperti tidak menganggapnya istimewa, juga saat di luar kantor ketika Jules ingin membantu Nate tapi ditolak karena Nate mengatakan ia ingin memisahkan antara pekerjaan dan hubungannya dengan Jules.

Suatu ketika mereka kepergok dan akhirnya Jules disidang, Jules marah sekali pada Nate karena tidak membelanya dan malah duduk tenang tanpa ekspresi di ruangan. Saya ngerti perasaannya Jules yang ia ingin dibela bukan karena ia merasa benar, namun karena ia tidak suka perasaan ditekan seperti itu sendirian sementara Nate ada di sana dan bisa saja menenangkannya. Setelah sidang itu, Jules menghindari Nate dan ingin mengakhiri hubungannya, ia juga tidak mau dengar penjelasannya Nate.

Dan Nate merasa benar karena sebelum Jules masuk ke ruangan sebenarnya Nate sejak pagi berjam-jam sudah membela Jules habis-habisan, ia rela dipecat asal Jules tetap tinggal, dan ia mau tetap bertahan di perusahaan asalkan Jules dipecat baik-baik dan diberi pesangon yang lumrah serta diberikan rekomendasi perusahaan lain. Dan Jules gak tahu itu, makanya dia marah sekali pada Nate..

    At the end, Nate juga memutuskan untuk resign dan membangun perusahaannya sendiri dengan Jules, dengan kemampuan Nate yang mumpuni selama ini dibantu Jules yang sama kompetennya.. klien banyak percaya padanya meski perusahaannya masih rintisan. Nate melamar Jules, Jules yang semula tidak tertarik pada pernikahan jadi antusias sekali.

  • (41) With Me In Seattle (Play With Me) – Kristen Proby

     Meg si mantan Lady Rocker sekarang fokus menjadi perawat dan Will si pemain football. Meg sempat tidak suka dengan Will karena mengiranya angkuh, berkali-kali Meg mengirimkan permintaan agar Will dan teman-temannya mengunjungi anak-anak yang dirawat agar memberikan semangat mereka hidup lagi tapi manajemennya Will menolak berkali-kali pula. Si Meg salah paham, mengira Will secara personal yang menolaknya.. padahal manajemennya. Setelah Will dan teman-temannya berkunjung, hubungan mereka selancar jalan tol. Lalu masalahnya berubah ke masalah kepercayaan dirinya Meg dan terus berpikir Will akan pergi meninggalkannya ketika bosan.

     Yang terasa lucu salah satunya adalah ketika Will meminta Meg untuk fokus menonton pertandingan footballnya via televisi, dipergantian babak Will janji akan melihat langsung ke kamera dan mengatakan “Hai!” terkhusus untuk Meg *haahaha

  • (42) Boy Candra – Setelah Hujan Reda

      Bagaimana bisa hujan bagi sebagian orang merupakan bahagia dan sebagian lainnya merupakan air mata?. Aku terjerumus sepersekian waktu.. Hahahaha Mas Boy oh Mas Boy… bulan lalu kupikir aku akan berhenti membaca yang model beginian,.. looking for something cheesy? So I pick this one! Haha, maka saya putuskan membaca Setelah Hujan Reda. Dari judulnya saya sudah ngerti pasti Boy bakal menceritakan tentang patah hati, namun aku tidak membacanya dalam rangka patah hati.. saat ini aku tidak berbunga-bunga dan tidak juga sedih, hanya merasa kosong dan aneh. Kering kerontang.

       Kumpulan cerpen yang ditulis dengan bahasa sederhana yang runut tentang patah hati pada kehidupan dan segala tetek bengeknya, yang membuatku mengernyit nyeri tiap akhir cerpennya “Gila! Gw gak baca! Pura-pura gak pernah baca ah.. kog sakit ya?”

Salah satunya yang membuatku kesal adalah cerita tentang pernikahan yang dijodohkan, si pria yang terlalu baik dan istrinya yang judes/mengabaikannya karena tidak mencintainya sejak awal. Si prianya berusaha membuat istrinya jatuh cinta padanya, dan apa yang membuatku kesal???? Si suami memaksakan diri bersembunyi menjadi sosok lain sehingga membuat istrinya tergila-gila. Mengingatkanku pada film india saja..wkwk Shah Rukh Khan yang cupu dan jadi playboy itu lho…,

Istrinya ngefans sekali dengan seorang penulis yang misterius daripada ke suaminya sendiri. Sampai suatu ketika si istri yang sudah dapat kontak penerbit novelnya dan hendak bertemu penulis idamannya itu. Si istri di rumah kaget luar biasa rupanya suaminya sendirilah si penulis misterius itu, dia tahu dari draf di PC suaminya saat sang suami ketiduran

Ada tertulis: Jika aku tidak bisa membuatmu jatuh cinta jatuh cinta pada diriku sendiri. Aku akan membuatmu jatuh cinta sebagai orang lain. Karena aku hanya ingin melakukan satu hal, membuatmu jatuh cinta.

      Kalau aku mencintai seseorang aku takkan pernah menginginkannya berubah demi diriku karena itu berarti aku mencintai orang lain dan memaksakan sosok lain di dirinya, tak perlu mengikuti kemauanku dan apa yang kusukai. Membiarkan dirinya menjadi dirinya sendiri. Karena jatuh cintanya pada dirinya, lantas mengapa memaksakannya menjadi yang lain.. bukankah jika begitu artinya aku tidak mencintainya seutuhnya sebagai dirinya?.

      Ada juga cerita tentang LDR, seseorang memilih sosok yang selalu hadir ketimbang yang jauh meski telah lama terjalin. Apakah LDR harus selalu memberatkan bagi yang menjalaninya? Selemah itukah perasaanmu padanya hanya karena sesosok baru yang hadir dan selalu ada ketimbang ia yang jauh di sana?. Cerita LDR selalu membuatku kelu, dengan kecanggihan teknologi kenapa jarak menjadi sebuah masalah? Bagiku lebih baik kedua hati saja yang dekat daripada berdekatan raga tapi terasa jauh di hati, perasaan rindu dan was-was adalah beragam bumbu yang seru, kepercayaan yang timbul tenggelam adalah cobaan. Sesulit itukah untuk bersabar dan percaya?, tapi kurasa yang menyerah duluan alias yang memilih pergi dengan yang lain sudah membuktikan ia yang mudah berpaling dan tak cukup kuat untuk bertahan. Apakah rasa nyaman harus selalu dicari dari manusia? Tidakkah kau libatkan Tuhan dalam tiap urusanmu?. Bukankah dalam LDR pertemuan kalian nanti akan jadi seru, mengamati seberapa banyak dia berubah dan kebingungan sendiri “Kog mukanya berubah? Ini kamu bukan sih?”. Dalam LDR kebanyakan orang menyalahkan rasa sepi kesepiannya, konyol… itu hanya alasan yang mengada-ada, pada dasarnya manusia memang egois dan mau enaknya saja. Dengan alasan butuh teman untuk membagi cerita sedih hati dan pelipur lara maka mereka mendua, argh.. alasan lagi… lagi lagi dia membesar-besarkan perasaan kesepiannya, plislah.. berhenti syuting drama di depanku! Menjijikkan -_-,  ingatkah pernah kubilang yang selalu ada itu seperti pop mie dan makanan bungkusan instan lainnya? Kalau kebanyakan bikin penyakitan. Hati memang tidak bisa memilih namun ia tahu kemana seharusnya ia pulang.

     Buku ini membuatku berpikir.. Hujan pasti akan mereda selebat apapun itu, kesedihan pasti akan berlalu mau sepilu apapun itu.. mula-mula berupa rintik kecil cantik, beruntun renik-renik air jatuh ke bumi dan membuat seseorang mendongak tersenyum bahkan menari-nari dibawahnya.. tak lupa menadahkan tangan. Seorang  yang lainnya mulai sendu.. berdiri menyilangkan kedua tangannya di dekat jendela karena merindu, sesekali duduk dan menangkup kedua pipinya sendiri dan mencermati tiap bait lagu yang ia putar. Seorang lainnya lagi hatinya langsung koyak ketika hujannya mulai melebat bercampur angin badai, tertanam di bangunan dingin, atau di pinggiran teras toko atau bahkan halte serta mau tak mau mengulas pikirannya sendiri yang selama ini dihindari. dan yang lainnya bersyukur karena lahannya siap ditanami kembali. Namun kesemuanya itu punya jeda yang harus mereda, tak ada yang namanya selamanya. Move on.

      Namun buku ini tak seistimewa itu bagiku, biasa saja. Hanya salah satu persinggahan pikiranku yang sedang kelu, tak tahu harus menangisi apa dan tak mengerti harus menertawakan apa. Bosan.. bosan setengah mati.  Bagaimana kalau kapan-kapan baca romansa lagi? Aha.. ide yang bagus.

  • (43) Why Men Lie – Allan & Barbara Pease
    • Karena pria memang jarang suka membicarakan masalah pekerjaan di rumah, mereka juga tidak suka membahas masalah pribadi jika bertemu dengan teman-teman mereka.. ya, mereka hanya sekadar melepaskan stres yang menumpuk. Terkadang kita merasa aneh bapak-bapak bisa mancing berjam-jam tanpa ngobrol, diamnya adalah pelepasan ketegangan serta emosinya. Gengsi mereka sangat amat tinggi, kalau mau meluluhkannya ya turuti permintaan mereka dan jangan sekali-kali mengatakan apapun yang membuat harga diri mereka jatuh.
    • Dan kenapa pria suka bola? Ada ilmunya.. kaum hawa jangan protes atau merasa diduakan, ini terbentuk semenjak di alam liar pada zaman manusia purba selama ratusan tahun, jadilah tertanam menjadi kebiasaan bahkan sampai abad 21 begini.. para pria memang ditugaskan untuk berburu dalam kelompok, ada gairah dan semangat ketika melakukannya. Berproses dan menuju pada goals yang ditetapkan, ada kebanggan tersendiri jika mendapatkannya. Karena sangat aneh abad 21 masih berburu kecuali untuk suku pedalaman.. maka bergeserlah ke sesuatu yang memacu adrenalin berupa olah raga apapun itu, terlebih sepak bola. Jadi mereka merasa seperti terjun ke lapangan sendiri, ikut main padahal cuman nonton.. bisa-bisanya meneriaki wasit geblek padahal tahu wasitnya gak bakalan denger. Setia sekali pada satu tim, sangat ingat dengan jelas momen goal cantiknya tapi lupa hari jadian/pernikahan sendiri. Jadi pada dasarnya jangan memandang pikiran pria pakai sudut pandang wanita, karena gak bakalan nyambung.
    • Kalau pasangan sama-sama stres serba tertekan, biasanya wanita akan jadi cerewet bercerita dan sang pria jadi berubah lebih pendiam daripada biasanya. Si wanita akan menuntut “Sayang, cerita dong.. ada masalah apa?”, yang padahal… pria ketika ada masalah sebenarnya cukup ingin sendiri/melakukan hobinya saja, itu ngisi baterainya seorang pria ketika stres berat. Karena kesalahpahaman, lalu berantem karena si pria gak mau cerita.. si wanita kepengen dibutuhkan. Si wanita ingin didengar, si pria kepengen ngasih solusi.
    • Saranku, kalau si wanita dalam mode ingin bercerita kekesalan/kebahagiaannya.. si pria harus bertanya gini “Kamu kepengen aku ngasih solusi sebagai laki-laki atau cukup mendengarkanmu saja selayaknya teman perempuanmu?”
    • Tapi bukan hanya mematung mendengarkan, kasih empati kayak gini “Oh iya, bosmu agak keterlaluan ya.. padahal kamu sudah bekerja keras menyelesaikannya”/ “Iya ih, Andin jahat ke kamu kog lupa bayar utang padahal udah dikode-in gitu sama kamu ‘ya?”. Didengerin pasti seneng deh dia.. bukan butuh solusi terkadang, cuman kepengen didengerin. Sementara pria merasa kalau ngasih solusi ke wanita adalah bentuk sayangnya, tapi wanita malah menangkapnya gak peka. Studi kasus, si Cinta cerita dimarahin seniornya karena berangkat telat padahal dia bawa file penting dan si Tomi bukannya belai’n Cinta sewaktu Cinta cerita tapi malah komentar “Kamu sih, dikasih tanggung jawab malah meleng. Udah tahu metronya suka macet masih naiknya mepet jam sih?”. Disaat itulah Cinta mewek “Tomi jahat! Gak peka! Aku kehujanan makanya telat” Hahahaha..
    • Dan si wanita juga harus pengertian kalau pasangannya ada masalah, si prianya juga harus ngomong “Kasih aku 20 menit sendiri, kamu siapin makan dulu” Si wanita mengerti dan pergi kemana gitu,
    • Hubungan semacam ini hanya akan harmonis kalau keduanya terbuka akan keresahan masing-masing, bukan saling menyalahkan atau menuntut. Yah… si pria nya gengsian, si istrinya juga bingung mau gimana. Jadinya salah paham, harusnya bisa saling memahami dan menghargai, memposisikan diri, kalau tidak? Ya bubar jalan..
  • (44) 7 Habits – Stephen R Covey

    Kata seseorang buku ini cemen, gak terlalu ngerti kenapa dia mengatakan hal tersebut. Namun hanya satu pemikiran dalam benakku karena buku ini “Aneh setengah mati, membuat kepalaku berdenyut-denyut”. Karena jika dipraktekkan secara utuh di dunia nyata akan sedikit sulit. Ya sudah.. diambil postifnya saja, susah amat?

  • (45) Pudarnya Pesona Cleopatra – Habiburrahman El Shirazy

    Seorang lulusan dari mesir dijodohkan oleh orangtuanya dengan anak sahabatnya. Dia berusaha keras menumbuhkan perasaan cinta ke istrinya yang tidak dicintainya itu, tapi ia gagal. Pemicu utama gagalnya karena sudah sejak lama di Kairo pikirannya sudah tertanam bahwa wanita yang cantik adalah yang berkebangsaan arab dan hidungnya mancung menawan. Meskipun istrinya terbilang sholehah, berparas ayu khas wanita jawa, serta menghormati suaminya.. dia sama sekali tidak terketuk hatinya. Singkat cerita ia berpura-pura mencintai sampai istrinya hamil tua dan meminta pulang ke rumah orangtuanya saja. Si suami mengizinkan, ia kebetulan ada penataran seminggu. Di penataran itulah ia mengobrol dengan rekan baru yang pernah mengalami kekecewaan mempersunting wanita mesir karena terpikat parasnya, permintaannya tidak pernah tanggung-tanggung serta tuntutan hidupnya luar biasa mewah, terlebih perbedaan kultur si suami harus sering mengalah.. semua diurusi sendiri dari masak dll. Meski sudah sangat amat dimanjakan, si istri malah memfitnahnya membuat hidupnya bagai di neraka, setelah bertemu mantan pacarnya di Kairo ia meminta cerai.. membanding-bandingkan sang mantan dengan suaminya yang beda jauh hartanya, si suami tidak tahan dan main tangan, dia dipenjara dan tidak ada yang membelanya.

   Dari situlah tokoh utama mulai sadar bahwa ia sudah menyia-nyiakan istrinya yang selama ini sudah bersabar dan memuliakannya. Ia pulang ke rumah mertuanya, ingin ia lihat istri dan anak di kandungan istrinya.. Namun sayang nasib berkata lain, istrinya meninggal karena terpeleset di kamar mandi. Sudah seminggu yang lalu wafat, si suami tidak dikabari karena sebelumnya si istri berpesan tidak ingin mengganggu pikiran suaminya. Sang suami menyesal, disaat perasaan cintanya sudah tumbuh dan membuncah justru istrinya harus pergi.

   Hmm.. hm.. Kang Abik menuliskan kalau ia membuat cerita ini bagi mereka yang terlalu mementingkan kecantikan wajah.

  • (46) Meniti Jalan Hidayah – Al-Faqir ila Allah Ari Wahyudi

    Aku bertanya pada diriku sendiri setelah membacanya “Tumben sadar?” Hahahaha. Saya bukan tipikal ukhti ukhti yang suka sekali memakai pakaian melebar ke tanah dan serba tertutup, atau mengikuti pengajian tertentu. Aku tidak mau jadi fanatik pada apapun, aku tidak ingin membatasi diri belajar ilmu dari sudut pandang ulama manapun. Semuanya boleh, untuk melengkapi kazanah berpikir.

 Tidak, bagiku asalkan longgar sopan.. yang harus ditutup ya ditutup dan tidak mengundang banyak perhatian untuk menatap atau sampai memuji cantik. Karena sekarang orang-orang jadi suka pamer lengan dan telapak kaki, padahal kan itu aurat? Hmm.. ahsudalah, itu pilihan mereka masing-masing. Pokoknya prinsipku gini, bukankah diwajibkan berhijab untuk menjaga diri dari yang bukan muhrim? Tujuannya bukan untuk menarik perhatian. Jadi kenapa harus mencolok? Niatannya pasti sudah berbeda yakan? Tapi kesemuanya cuman pikiranku, aku tidak sebaik itu…. Aku ini juga nakal, kalau dinasehatin orang masih suka bantah kog. Kebanyakan nakalnya versi anak-anak yang suka seenaknya sendiri.

(╭ ̄.)

Aku juga tidak feminim yang sampai tahu semua jenis make up atau jenis pakaian yang sedang ngetren namun sedikit tahu bagaimana seharusnya tampil segar. Karena saya suka dengan aktor dan aktris drama, tentu tampilan minimalis dan elegan adalah tujuannya, bukan menor tebel.. yang mengundang lalat dan tungai buah XD

     Ada satu hal lucu yang bisa ditengarai bagi kami pecinta kekoreanan, yang suka tampil serba make up tipis berarti sesama kami, meski tak selalu. Dan yang menor tebel kemungkinan besar bukan kaum kami *hahaha

    Buku ini bagaimana cara menjelaskannya? Sebagai pencerahan dikala lelah? Boleh boleh boleh.. banyak tertampar dan tercerahkan, namun di bagian inilah yang sangat berkesan..

||Fudhail bin ‘Iyadh rahimahullah bertanya kepada seorang lelaki, “Umurmu berapa?”. Dia menjawab, “Enam puluh tahun.” Fudhail pun berkata, “Kalau begitu kamu semenjak enam puluh tahun yang lalu berjalan menuju Rabbmu dan sudah hampir sampai.” Maka lelaki itu pun berkata, “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raji’uun!!” (lihat Aina Nahnu min Ha’ula’i, 2/25)

Btw saya kog jadi ingin baca buku-bukunya Stephen King ya? Gara-gara film horror badut di got itu lhoo.. I.T. *wkwkwk

Advertisements

4 thoughts on “[Unimportant] Buku Yang Gue Baca 2017 ini – [OKTOBER]

  1. wah buku yang dibaca kak karisa uda sebagian pernah di baca.. itu sebagian dari ebook yaa..
    aku favorit stephanie meyer krn mampu cerita vampire yg bg org serem ditangan mbak meyer jd sweet bgt haha

  2. @Ima, Yep beberapa.. soalnya enak bisa dibawa kemana-mana & gak perlu kasih pembatas XD. Jadi kepengen punya pacar Edward *hhh

  3. jangankan kak karisa, aku juga mau.. Dalam nyatanya mas edward serius kalau jalani hubungan tapi slalu disakiti..

  4. @Ima, eeeits… tapi si edward niatnya gak mau nyakitin, dianya aja yang terlalu baik ke Bella. Mikirnya si edward gak mau bikin Bella kecewa, yang padahal justru buat Bellanya sedih, Bella cuman kepengen Edward disisinya selalu selamanya. Misskomunikasi lah.., tapi bimbang.. aku juga kepengen si Jacob juga sih, sabar banget dan selalu anget dipeluk. Irit deterjen mah.. kalau sama Jacob, soalnya jarang pakai kaos *hahaha

Thankyou sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar/share via fb/twitter jika berkenan. Boleh panggil apa saja (Karissa/Chariszha) tapi jangan admin, dan lagi … Jangan di-copy paste dengan alasan apapun. Semoga betah di rumah saya ini yah … ♡(ˆ▿ˆʃƪ)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s