[Sinopsis] Criminal Minds – Episode 11 Part 2

    Timjangnim pikir jika pembunuhannya terjadi baru-baru ini, pasti ada suatu hal yang memicu traumanya.

Hyun Joon menemukan sesosok mayat di salah satu ember. Han optimis mereka bisa menemukan penyebab gangguan kepribadian gandanya Kim Min Soo.

Kim Min Soo datang membawakan sepiring makanan untuk Min Young, ia berlutut dan bersikap patuh. Bukankah kau lapar? Kalau tidak keberatan maukah kau mencobanya? Ayah memasak sedikit daging.

“Apakah kau Kim Min Soo?” Kim Min Soo mengangguk

“Min Soo-ssi, Siapa orang yang datang padaku sebelumnya?”

“Itu adalah Ayahku. Apakah dia melukaimu cukup parah?”

“Ayah belajar hukum dalam waktu yang lama, jadi dia sangat tegas.” Kata Min Soo dengan takut

“Tidak apa-apa, Min Soo. Terima kasih… atas perhatianmu.”

Min Soo menawari Min Young makan daging, menurutnya enak. Min Young meminta bantuan Min Soo, ia ingin makan dengan nyaman namun tangannya diikat, jika tidak keberatan maukah Min Soo melepaskan ikatannya sebentar? Tanganku sakit.

“Tidak, Aku tidak bisa. Ayahku akan memarahiku.”

Min Soo mengeluarkan sesuatu dari lacinya. Ia kemudian mengisi suntikannya dengan suatu cairan, ia bilang ini akan membuat Min Young merasa nyaman nantinya, tapi jangan bilang bilang pada ayahku.. ayah bahkan tidak tahu kalau aku punya ini. Min Young memberontak tidak usah! Ia baik-baik saja. Min Soo bilang ia akan akan pastikan itu tidak sakit.

Min Young kesakitan. Setelah beberapa saat Min Soo yang penakut berubah menjadi kasar, cara bicara dan suaranya pun juga berubah.

“Dasar penyihir kotor! Berani sekali kau menipu putraku untuk melakukan hal seperti ini?” Min Soo memukul kepala Min Young

“Sekarang Aku akan mengungkapkan… apakah kau memiliki kualifikasi untuk menjadi pelindung hukum.”

Letnan Membawakan datanya. Kim Il Ho telah meninggal sekitar enam bulan yang lalu. Sun Woo melihat ada sesuatu yang aneh disini. Ada sebuah catatan setiap jamnya.  “tanggal 2 Juni, 9:19 am. Jika kau membutuhkan kayu untuk keadilan, kau harus menjadi seseorang sesuai keinginanmu”.

Seperti ini.

9:19 am, 11:25 am, 4:05 pm, 9:14 pm, dan 11:42 pm. Itu terus berlanjut, tapi pada suatu hari tertentu, dia tidak menulis apapun.

“Dia mungkin lupa menulisnyan untuk satu hari.” Tebak detektif

Sun Woo tidak setuju, bagi orang seperti Kim Min Soo menulis diari adalah pekerjaan yang penting.  Dia tidak mungkin berhentik kecuali ada alasan khusus yang spesial. Timjangnim menemukan catatan yang lain. Tertulis Tanggal 5 Juli.

“Ayah harus membuat keputusan. Dia ingin di eksekusi. Aku memberitahunya bahwa Aku tidak bisa, tapi Ayah… menyuruhku untuk mematuhi keputusannya.”

“Jadi Kim Min Soo membunuh Ayahnya… sebagai hasil dari keputusan Ayahnya?” Simpul Detektif

Namun menurut Hyun Joon bukan karena ini tertulis sekitar 2 bulan yang lalu sedangkan ditemukan 6 bulan yang lalu Kim Il Ho meninggal. Kang Timjangnim mulai menarik benang merahnya, Kim Min Soo menulis diari seolah-olah ayahnya masih hidup, suatu hari Min Soo tidak menulis diari.. dia mengalami sesuatu yang sangat traumatis sehingga tidak menuliskannya. Bisa jadi gangguan kepribadiannya dimulai pada hari itu. Bahkan setelah Kim Il Ho meninggal,  dia terus menulis jurnalnya… dengan tulisan tangan yang sama.

Hyun Joon juga menyadari kalau kamar Min Soo kotor dan berantakan sedangkan Kim Il Ho rapi dan bersih bahkan setelah pemiliknya meninggal. Sun Woo dan Hyun Joon menyimpulkan kalau salah satu kepribadiannya Kim Min Soo adalah ayahnya sendiri.

Menurut Timjangnim ini karena Kim Min Soo tumbuh dibawah kepengasuhan yang keras. Saat itu berhubungan dengan benar dan salah, dia mungkin memiliki pandangan tentang hitam dan putih untuk berbagai hal. Saat Kim Il Ho mengatakan akan menghukum mati dirinya, Kim Min Soo mengalami kontradiksi didalam opininya. Dia pasti mengikuti perintah Ayahnya karena dia adalah hakim, tapi dia tidak bisa membunuh Ayahnya.

Jadi kepribadiannya terpisah untuk… memecahkan kontradiksinya. Itu saat dia menciptakan Eksekutor yang mengeksekusi kematian Ayahnya. Yang menciptakan Eksekutor itu adalah kemarahan… didalam diri Kim Min Soo setelah disiksa terus menerus. Dia menjadi psikopat tanpa emosi manusia didalam dirinya. Dia tergerak semata-mata karena keputusan Kim Il Ho.

Hyun Joon menemui Nana. Nana menemukan bahwa Kim Min Soo memancing orang-orang dengan memasang iklan perbaikan komputer dengan murah. Mereka akan menelponnya atau menghubunginya melalui pesan online. Ada begitu banyak orang.

“Bisakah kau masuk dengan akun Kim Il Ho?”

“Apa? kau bilang dia mati 6 bulan yang lalu. Sistem ini baru berumur 3 bulan.”

Hyun Joon ingin menyelidiki sesuatu, Nana mencarikannya. Benar Kim Il Ho memiliki akun sendiri. Setelah diakses terbukalah gambar-gambar terorisme, penembakan dan pengeboman di semua layar monitornya. Nana cukup terkejut, Hyun Joon bisa menyimpulkan bahwa yang membunuh orang-orang adalah kepribadian Kim Il Ho yang berada di tubuhnya Kim Min Soo… bukan Kim Min Soo sendiri.

Di salah satu layarnya terlihat rekaman Min Young dan orang-orang lainnya yang diawasi. Nana tidak bisa menemukan lokasinya, alamat IPnya berubah tiap 30 detik.

   Kepribadian Kim Il Ho menyuruh Min Young memilih salah satu dari orang-orang yang ditampilkan layar monitor untuk Min Young habisi didepan rekan kerja Min Young. Kalau tidak Min Young akan Kim Il Ho habisi duluan.

“In dubio pro reo. Artinya terdakwa mungkin tidak akan dihukum oleh pengadilan… jika keraguan atas kesalahannya masih ada. Aku yakin kau juga mengetahuinya.”

“Apa yang kau katakan?” Kim Il Ho menjambak rambut Min Young

“Sampai kau membuktikan kejahatan yang mereka lakukan, kau tidak bisa menghukum mereka.”

“Bukti?”

“Sama seperti pemburu, kau tidak bisa memburu… orang yang tidak bersalah atas nama hukum.”

“Diamlah dan pilih salah satunya, atau Aku akan membunuh mereka semua.”

Kim Il Ho akan membuktikannya ia bisa melakukannya, Eksekutor!. Panggilnya pada Kim Min Soo, Kim Il Ho menoleh dan seketika sorot mata dan raut mukanya berubah. Ia berdiri di belakang Min Young dan mengeluarkan pisau dari sakunya.

Min Young akhirnya memilih orang yang akan dibunuh, tapi ia akan memilih yang selamat duluan. Min Soo bertanya memastikan sekali lagi. Min Young bilang  akan memilih 2 yang selamat terlebih dahulu. Min Soo bilang ia Kim Hee Ok. 42 tahun. Mereka yang bodoh dan angkuh… tidak memiliki hak. Itu dari kesombongan yang berlebihan.

Nana menemukan nomor telepon salah satu pelanggannya, Sun Woo kemudian menghubungi wanita tersebut.

Min Young kemudian memilih pria di tengah. Min Soo menyebutkan dosanya, Kim Young Bae. 49 tahun. kau seharusnya tidak merasa iri dengan milik tetanggamu, tapi dia melakukan dosa kecemburuan. Karena kau sudah melakukan pekerjaanmu, aku akan melakukan pekerjaanku.

“Tunggu… Tunggu… Selain itu… pasangan itu, apakah kedua anak mereka melakukan kejahatan? Mereka sepertinya berumur sekitar 10 dan 5 tahun. Apakah itu karena keserakahan?”

Tanya Min Young, lalu ia melihat ke kamera. NCI juga melihatnya, Timjangnim kemudian meminta Nana untuk mencaritahu alamat keluarga yang Min Young maksudkan.

Kim Min Soo memukul Min Young sampai terjatuh dan kamera kemudian dimatikan. Sun Woo meminta video rekamannya diputar ulang, beberapa kali saat mengatakan pemburu Min Young melihat ke kamera. Sun Woo rasa kalimatnya tidak cocok dengan situasinya dan bukan cara Min Young berbicara. Min Young sedang memberkan kode,  Hyun Joon pikir pasti berhubungan dengan area perburuan. Kemudian mereka mencari daerah perburuan.

Nana menemukan 3 daerah perburuan. Kamera dihidupkan kembali, Kim Min Soo memegangi sebuah buku dan membacakan vonisnya

“Mereka yang bodoh dan angkuh… tidak memiliki hak. Itu adalah kesombongan yang berlebihan. Atas penipuan di pengadilan yang suci dan melakukan kebohongan. Aku mengumumkan Yoo Min Young…  akan di eksekusi pada jam 23:00.”

Kemudian kamera dimatikan. Seseorang menghubungi Sun Woo dan memberitahukan CCTV yang merekam Kim Min Soo… pada pukul 9:56pm didekat kompleks apartemen.

pukul 10:13pm. Menurut Han.. Jika CCTV yang merekam Kim Min Soo pada pukul 9:56pm, butuh waktu sekitar 17 menit.

“Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan siaran seperti ini?” Tanya Timjangnim, Nana bilang sekitar 2 atau 3 menit. Menurut Han jika benar dia, perkiraan jika menyetir dengan kecepatan 80km per jam, Kim Min Soo seharusnya berada dalam jarak… 25km dari kamera CCTV.

Nana dapat 3 lokasinya. Kemudian Timjangnim memerintahkan tambahan bantuan untuk memencar.

    Min Young mencoba berbicara pada Min Soo. Min Soo yang membawanya kemari, sepertinya Min Soo tidak suka kalau ayahnya melakukan pembunuhan. Jika Min Soo yang menelepon untuk melaporkan pembunuhan untuk mencegahnya.. bukankah berarti Kim Min Soo sangat menyayangi ayahnya?. Kim Il Ho geram, ia murka dengan kata-kata Min Young

Min Young meminta Kim Min Soo keluar, ia janji akan melindunginya. Kim Il Ho mencekik lehernya dan dan mengarahkan pisau ke Min Young. Selama beberapa detik Min Soo keluar, Min Young minta ikatannya dilepaskan dan akan melindungi Min Soo dari ayahnya. Dengan mata berair dan ketakutan ia melepaskan ikatan Min Young. Ia meminta Min Young  bertahanlah.

Baru sebentar, Min Soo berdiri raut wajahnya berubah garang lagi. Kim Il Ho mengayunkan pisaunya, Min Young menjatuhkan dirinya, nyaris saja terkena.

Min Young berhasil membanting Kim Il Ho, tapi Kim Il Ho menyuntikan sesuatu ke kaki Min Young sehingga membuatnya lumpuh.

Sun Woo yakin Kim Min Soo akan membunuh dengan caranya sendiri, mereka hari mencari tahu apa metode pembunuhannya kali ini.

Dari data yang Hyun Joon mengetahui kalau ibunya Min Soo meninggal sat usianya 10 tahun.. apa penyebab kematiannya? Nana menjawab kalau ibunya Min Soo meninggal akibat bunuh diri. Namun ada yang aneh, Kim Il Ho mengatakan hal yang berbeda.

Dia bilang dia dihukum karena menipu suaminya, dan pantas mati. Petugas lalu menyelidiki Kim Il Ho untuk berjaga-jaga, tapi dia memiliki alibi yang pasti. Mereka mencoba menyelidiki pembunuhannya, tapi pada akhirnya, mereka menyimpulkannya sebagai bunuh diri.

Sun Woo minta lokasi pembunuhannya dari Nana, Nana tidak tahu tepatnya tapi tertulis di pegunungan didekat Hyungjoo-si.

Hyun Joon teringat vonis matinya Min Young, juga kartu tarot disetiap komputernya.  Hyun Joon meminta Nana melihat kartu mana yang menunjukkan dosa penipuan di layar monitor?. Nana menyenterinya. Ada sebuah kuburan didalam kartu tarot yang bermakna kebohongan. Seseorang yang tergantung diatas pohon… dengan tali di lehernya.

Ada lokasi pemakaman disalah satu lokasi perburuan. Nana akan mengirimkan lokasinya.

Min Soo sudah menalikan Min Young ke sebuah pohon. Hyun Joon dan Sun Woo menemukan lokasinya, di sana terparkir sebuah mobil. Sun Woo akan meminta bantuan cadangan namun butuh waktu yang cukup lama.

Min Soo sudah siap merekam aksinya. Hyun Joon dan Sun Woo menyusuri kuburan.

sudah histeris melihat Min Young ditarik. Hyun Joon dan Sun Woo tak jauh dari sana, Hyun Joon akan mendekat.. ia minta Sun Woo tetap di sini untuk siaga melindungi Hyun Joon nantinya. Hyun Joon memegangi Mi Young yang tak sadarkan diri sudah separuh ditarik

Min Soo datang dan menyayat lengan Hyun Joon. Hyun Joon melawan Min Soo dengan tangan kosong. Saat hendak menyerang Hyun Joon dengan pisau, Sun Woo menembaknya sampai jatuh.

Min Young pucat sekali, tak berapa lama kemudian matanya terbuka karena Sun Woo memintanya sadar. Min Soo bilang ia ingin Min Young diselamatkan, tiap melihat Min Young ia teringat ibunya. Ibunya dikuburkan di sini. Kim Min Soo tak sadarkan diri.

Min Young dibawa ke ambulance, Timjangnim menanyakan keadaannya. Min Young memegangi tangannya sebelum masuk ke mobil. Timjangnim hanya mengangguk pelan.

Kemudian Timjangnim bertanya keadaannya Hyun Joon. Hyun Joon bilang tidak masalah, ia tidak seberapa. Timjangnim memuji kinerja Hyun Joon yang bagus. Ia menepuk lengannya.

Min Young berterima kasih pada Sun Woo. Sun Woo balas berkata tidak apa-apa.

NB:

Buongiorno! Selamat pagi dalam bahasa Italia, saya dulu kebanyakan nonton drama yang tentang fashion jadinya kepengaruh suka dengan bahasa Italia (งˆ▽ˆ)ง . Sayangnya orang-orang kadang suka sotoy bilang itu bahasa prancis *wkwkwk beda neng~ , kalau prancis itu contohnya saya suka idiom ‘L effort est ma force, pelafalannya lebih mainin hidung nyelilit di lidah.

Ini apa ya? Gw kalo ngambek (¬_¬”)¬ Beritali-ria~

Saya hanya konsen Criminal Minds dan Save Me, drama on-going lainnya saya kurang tertarik, kalau bisa nonton banyak nanti gak bisa bikin recapnya dong *kkk, kan nulis sekalian nonton °\(‾▿‾)/°.. jadi kalau belum ada recapannya di sini itu artinya saya belum nonton juga, eniwei memang sedang tertarik dengan yang action, thriller, crime seperti Save Me dan Criminal Minds sih. Lagi nunggu Dramanya Suzy dan Lee Jong Suk ˆʃƪ) While You Were Sleeping.

 

Advertisements

One thought on “[Sinopsis] Criminal Minds – Episode 11 Part 2

Thankyou sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar/share via fb/twitter jika berkenan. Boleh panggil apa saja (Karissa/Chariszha) tapi jangan admin, dan lagi … Jangan di-copy paste dengan alasan apapun. Semoga betah di rumah saya ini yah … ♡(ˆ▿ˆʃƪ)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s