[Unimportant] Review Goblin Episode 1, the Greatest Drama for This Year!.

        Daebak!, amazing!, awesome!. Dari semua jenis drama, slice of life, melodrama, komedi romantis, fantasy, historical/seaguk. Yang menjadi list tingkatan teratas dalam genre drama favoritku adalah fantasy, entah fantasy dalam seaguk atau fantasy yang lainnya pasti selalu mengundang decak kagum. Drama ini ditulis oleh Kim Eun Suk yang notabene nya adalah penulis naskah Descendants of the Sun, Kim Eun Suk sudah sering menulis drama yang keren-keren dan populer.

Kalau kalian cari yang ganteng-ganteng juga ada di goblin, Gong Yoo! Lee Dong Wook! Sung Jae!. Sedikit info nih? Sung Jae adalah anggota boyband BTOP yang menyanyikan ost Cinderella and Four Knights “For You”. Kalian tentunya tahu Sung Jae juga mendapatkan penghargaan sebagai best couple KBS Drama Awards 2015 bersama Kim So Hyun berkat peran mereka di School 2015.

     Kunci dari menikmati sebuah karya fiksi adalah mengesampingkan dulu nalarmu *haha!, maksudku anggap saja itu fiksi, terinspirasi dari sesuatu yang nyata dan tidak nyata akan tetapi nikmati saja. Just feel it~ ❤ and you will find happiness *eh. Dinikmati saja, ikuti alur ceritanya dan jangan banyak bertanya soal kebenarannya di dunia nyata akan tetapi kamu boleh menebak-nebak ceritanya mau dibawa kemana sih? Ini habis ini gimana? Apa ini sama itu? dsb, si penulis tentunya terinspirasi dari yang nyata dan tidak nyata, diperlukan kemampuan yang hebat untuk meramu imaginasi yang mengada-ada menjadi masuk akal dan layak dinikmati dalam bentuk drama. Tak lepas dari penulis naskah dramanya dan tim produksi yang bekerja keras di dalamnya, hm. . . dan jangan lupakan apapun dramanya yang membuat semuanya bisa jalan lancar adalah investornya *k k k,

          Dan tolong, jangan terlalu mempermasalahkan Kim Go eun yang tidak secantik artis korea lainnya. Lihat saja kemampuan aktingnya, Goblin adalah drama kedua yang Kim Go Eun bintangi, dia lebih sering tampil di film sebelumnya ketimbang di drama. Aku suka Park Hae Jin dan dulu pas jaman-jaman Cheese in The Trap aku bersyukur tidak merasakan cemburu dan bahkan malah seneng lihat Park Hae Jin lovey dovey dengan Kim Go Eun. Menurutku KGE bukanlah tipikal yang bakalan cocok seratus persen menerima shipperan yang berlebihan oleh para pecinta kdramaland. Balik lagi dengan jugment masyarakat korea yang menganggap cantik itu seperti Yoona yang kutilang atau yang flawless seperti Song Hye Kyo. Kalau mintanya begituan ya, Kim Go Eun mah kalah..

Flash Recap:

      Kim Shin (Gong Yoo) adalah jenderal yang tangguh di jaman Goryeo dan disegani oleh para anak buahnya, mengalahkan para musuh dengan pedangnya. [Kuperhatikan di corak pedangnya ada sesuatu yang so pasti bagi pecinta teori konspirasi tahu apa itu, gak gagagagak? Saya sedang tidak ingin membicarakan soal itu di sini *kkkk…. Saya juga mudeng tuh di jaman-jaman descendants of the sun, lihat judulnya aja sudah begituan *eh, #abaikan dan jangan terlalu memaksakan diri untuk mengerti, just feel this drama okay?]

Kim Shin pulang setelah 3 hari 3 malam dari pertempuran. Bukannya sambutan hangat dari yang mulia yang ia dapat, justru tuduhan pemberontakan yang Kim Shin terima. Orang-orang yang berpihak pada Kim Shin dihabisi oleh perajurit raja. Ratu muda juga berpihak pada Kim Shin, ia terbunuh.

[Cameonya Kim So Hyun, ia menjadi ratunya. Rajanya adalah Kim Min Jae, si Song Joong Ki kw 5]

Kim Shin akhirnya juga menemui ajalnya, ia meminta anak buahnya membunuhnya dengan pedangnya sendiri.

      Singkat cerita Kim Shin yang sekarat dibawa ke sebuah hamparan luas bunga, ia meninggal dengan pedang masih tertancap di dadanya. Waktu berlalu, seorang pria tua dan cucunya menemui tempat persemayaman terakhir Kim Shin dan Kim Shin disaat itulah menerima kutukan dan hadiahnya. Kim Shin tidak akan pernah mati, ia akan menyaksikan semua kematian orang yang dikasihinya dan tidak akan pernah melupakan satu pun, ia menjadi goblin sebagai hukuman dan hadiahnya. Di kebangkitannya tersebut ia menemui yang mulia raja dan kasim setianya, Kim Shin balas dendam.

       Waktu berlalu dan Kim Shin tetaplah menjadi goblin yang abadi, di jaman modern ini kita juga bisa melihat malaikat maut yang tampan nan rupawan diperankan oleh Lee Dong Wook. Tugasnya tentulah mencabut nyawa orang. Goblin pulang ke kediamannya, sebuah rumah yang ia miliki dan dijaga turun terumurun dari generasi ke generasi pelayan setianya Kim Shin. Goblin bertemu dengan abdi setianya yang sudah 20 tahun lamanya tidak ia temui karena pergi berkelana, Goblin berkenalan dengan cucu abdinya yang bernama Deok Hwa. Versi besarnya Deok Hwa nantinya adalah Sung Jae.

Deok Hwa kecil tidak mengerti kenapa kakeknya setunduk itu dan sesopan itu pada pria yang jauh lebih muda. Goblin tanpa penjelasan terperinci langsung mengatakan dirinya akan menjadi paman, kakak, anak, dan cucunya Deok Hwa. Deok Hwa kecil semakin sebal dengan omong kosong itu.

~~~

      Pada suatu hari Goblin saat sedang bersantai ia mendengar do’a tulus yang memohon dengan sangat agar bisa tetap hidup.. tak perduli ia memohon pada siapa saja. Goblin mendekati wanita yang nyaris meregang nyawanya tersebut, wanita itu mengiba demi anaknya yang masih di dalam kandungan, ia tidak bisa mati begitu saja akibat ditabrak mobil. Sebagai dewa yang baik ia ikut campur dengan garis takdir manusia yang seharusnya sudah meninggal. Goblin membiarkannya tetap hidup.

Beberapa saat waktu berselang, si malaikat pencabut nyawa datang. Ia memastikan kematian seseorang dengan catatannya, tapi wanita itu nyatanya masih hidup.

     Wanita yang Goblin selamatkan akhirnya melahirkan seorang bayi perempuan, sejak kelahirannya.. para hantu sudah tahu kalau anak itu adalah pengantin Goblin. Anak itu diberi nama Eun Tak oleh ibunya dan tumbuh menjadi gadis yang terbiasa dengan hal-hal magis, Eun Tak memiliki indera keenam.

Sepertinya Eun Tak sejak kecil sudah meragukan apakah do’anya benar-benar ada yang mendengar? Kalau didengar kenapa tidak kunjung dikabulkan?. Eun Tak pikir Ibu harus mengganti kue beras dengan kue agar permohonan Eun Tak dikabulkan.

     Eun Tak pulang ke rumah dan mendapati kue ulang tahun dan ibunya, ia dengan ceria menceritakan hari ini di sekolah, ibu menyuruhnya menghidupkan lilin dan membuat permohonan. Namun Eun Tak menyadari kalau ibunya sekarang ini hanyalah roh. Ibu terkejut ternyata anaknya memang bisa melihat makhluk halus, ibu mengakui dia sekarang ada di RS. Keduanya menangis, Eun Tak di ultah ke  9 tahunnya ini ia bertekad untuk tidak membuat permohonan lagi.

Eun Tak keluar dari rumah dan menuruti nasehat ibunya sebelum pergi ke alam lain, menggunakan syal dan jangan sembarangan menatap mata roh yang ditemuinya. Naasnya dia malah bertemu malaikat pencabut nyawa yang hari ini hendak mengambil nyawanya. Syukurnya seorang nenek yang telah lama dikenal oleh ibunya Eun Tak datang menyelamatkannya karena diminta ibu Eun Tak sebelum pergi kea lam baka, nenek beralasan kalau nama Eun Tak tidak ada di daftar cabut nyawanya si malaikat pencabut nyawa. Malaikat pencabut nyawa mengingatkan seharusnya Eun Tak tidak pernah lahir, karena ucapan si nenek… malaikat pencabut nyawa lalu pergi.

     Nenek memberikan hadiah ultah berupa selada hijau ke Eun Tak, mulai sekarang Eun Tak harus melarikan diri dari malaikat pencabut nyawa dan jangan sampai bertemu dengan malaikat tersebut.

     Eun Tak tumbuh sampai usianya 19 tahun, ia sudah terbiasa menyendiri dan dijauhi teman-temannya padahal sudah di tahun terakhir sekolahnya. Suatu hari tanpa sengaja saat hujan ia bertatap muka dengan goblin. Goblin saat itu tidak mengenali Eun Tak sebagai pengantin goblin.

    Di hari ultah Eun Tak ia akhirnya mengajukan permohonan lagi setelah 10 tahun yang lalu ia berikrar tidak akan membuat permintaan lagi. Ia ingin punya pekerjaan, tidak membebani bibinya, dan punya pacar. Goblin yang ada di hamparan bunga nun jauh dari tempat Eun Tak langsung mendekati Eun Tak, dia merasa dipanggil oleh Eun Tak. Eun Tak mengenali goblin sebagai arwah, dan goblin sendiri heran sebenarnya Eun Tak itu apa? Kenapa ia tidak bisa membaca masa depannya Eun Tak?.

Sebagai hadiah ultah ia meminta bunga di tangan goblin. Bunga soba, dalam bahasa bunga berarti kekasih.

      Aku sangat suka adegan ini, saat moment-moment romantis *kkkkk 😀

Eun Tak dan goblin sering berhubungan, Eun Tak awalnya tidak tahu bagaimana caranya memanggil goblin tapi dia segera tahu kalau ternyata dengan meniup lilin ia bisa membuat ahjussi goblin datang. Saat itu ia tidak tahu makhluk jenis apa pria umur 30an tahun itu. Hantu? Malaikat?, pada akhirnya Eun Tak yakin kalau ahjussi ini adalah goblin. Eun Tak menceritakan dirinya adalah pengantin goblin, ada tanda di tubuhnya pula, dan goblin tercengang mengetahuinya. Ia menyuruh Eun Tak memperhatikannya dan mengatakan apa yang bisa dilihat Eun Tak. Eun Tak hanya mengatakan hal-hal di luar harapan goblin, sebenarnya goblin ingin dengar kalau Eun Tak bisa melihan pedang tertancap di tubuhnya.

Tanpa sengaja Eun Tak ikut goblin ke Kanada, goblin juga kaget sendiri kenapa eun tak bisa ikut?. Mulai sekarang… Eun Tak sudah memutuskan akan menikah dengan ahjussi, saranghae… *wkwkwkwk

~Goblin~

      Durasi episode satu hampir 1 setengah jam, 1 jam lebih 28 menitan lah.. aku suka aku suka!. Karena ini hanya review maka aku hanya akan menceritakan yang singkat-singkat saja dan mengomentari hal-hal yang ingin aku komentari. Ada banyak kog yang merecapnya, don’t worry~

       Nenek ini ternyata seorang wanita cantik, aku tidak tahu siapa namanya di drama dan nama aslinya. Aku pernah melihat Eonni ini di liar game, Imaginary cat, dan image yang kutangkap dari peran-peran lain yang kulihat adalah… dia wanita kece!. Karena ini eps 1 maka aku tidak terlalu tahu apakah dia goblin/malaikat/dewa?. Letmesee eps 2 nanti..

Pantes aja aku gak asing sama auranya di nenek yang fresh meskipun keriputan, hahahahah… ternyata si Eonni ini ya?

      Deok Hwa yang tengil diperankan oleh Sung Jae, versi kecilnya Deok Hwa lucu banget anaknya. Gemess… kecil-kecil aktingnya ajiiiib!. Dia di eps 1 berniat menyewakan rumah goblin karena bakal ditinggalkan selama 20 tahun, sayangnya yang sewa adalah malaikat pencabut nyawa *wkwkwk. Awalnya goblin gak mau tapi si malaikat penyabut nyawa mengancam akan mengambil nyawa anak yang ibu anak tsb goblin selamatkan dulu, goblin nyerah juga.

Deok Hwa juga mengajak mb mb malaikat/siapalah/apalah itu minum bersama, apesnya malah gak bawa uang, cardnya diblokir, dan telfon paman goblin pun tidak ditanggapi. Wkwkwk, menurutku Sung Jae cocok dengan karakter yang tengil-tengil semacam ini, di School 2015 aku suka banget karakter yang Sung Jae perankan, sangat pas dengan dia!.

Lee Dong Wook tetap kece mempesona meskipun pada protes kenapa jadi second lead, helooo… bagiku sudah cukup senang karena bisa melihat 3 pria tampan beda generasi dalam satu frame, sudah cukup… aku gak kebayang jika semua mintanya para fans dituruti, yang ini salah? Itu salah? Hahahaha?!. Kalau semisal Eun Tak bukan diperankan oleh Kim Go Eun, dan justru diperankan aktris yang lebih cantik aku yakin Gong Yoo pasti sudah dishipperin *haha!. Shipper fanwar di kdramaland itu sudah sesadis-sadisnya  di korea, yang paling fenomenal di tahun lalu adalah shipperwarnya R88 *fiuhh… aku saat itu untungnya gak nonton R88 tepat waktu, baru nonton setelah sekian bulan ending di Korea.

     Adegan mana yang kusuka? Ada banyak sih!. Semisal saat Eun Tak merasa tertipu karena terlalu ngarep dengan kata-kata goblin katanya akan diterima kerja di kedai ayam tapi malah ditolak mentah-mentah. Saat ia mengeluh, goblin datang. Saat itu Eun Tak pikir dirinya peri, ahjussi… apa kau lihat sesuatu?, apa aku ada sayapnya? *kkkkkkk. Kim Go Eun centilnya anak sma dapet banget, suka deh sama aktingnya Eonni yang satu ini 😉

        Tuh kaaaaaan…. Gong Yoo is the best lah pokoknya, kwkwkwkwkwwk ^^. Selama waktu yang lama, entah seratus? Seribu tahun? Kim Shin goblin mencari pengantin goblin. Dia selalu berkelana selama 20 tahun dan pulang 20 tahun kemudian ke rumahnya. Ia mencari-cari pengantin goblin, hanya pengantin goblin lah yang bisa melihat pedang tertancap di tubuh Kim Shin, dan hanya pengantin goblin lah yang bisa menyelamatkan Kim Shin dari kehidupan abadinya. Pengantin goblin harus menarik pedang yang tertancap di tubuh goblin agar goblin bisa lenyap dan tenang dari keabadiannya.

        Ini menyakitkan bukan? Kamu mencari-cari pengantinmu hanya demi kematianmu, menghentikan kutukan serta hadiahmu, keabadian yang kau punya. Kurasa ibaratnya koma dan penderitaan panjang tak berujungnya Kim Shin… ia berjuang untuk melepaskan belenggu keabadiannya dengan mencari pengantin goblin agar dia bisa mati dengan tenang, tetapi di lain sisi mungkin akan menyakitkan untuknya bila ia jatuh cinta pada pengantin goblinnya nanti,

Serba tidak pasti… serba salah…

  • Mati-menghilang dari dunia ini dengan tenang setelah pengantin goblin menarik pedang dari tubuhnya. Kesepiannya akan menghilang pula.

Atau…

  • Menikmati cintanya, karena seribu tahun lamanya akan terbayarkan dalam sekejap ketika ia jatuh cinta. Dan harga yang harus dibayarnya adalah keabadian.. melihat serta mengingat kematian orang terkasihnya.

Episode 1 Yoo In Na belum dapet scene sekalipun. Desember ini benar-benar Desember ceria, penghujung tahun drama-drama yang ada justru bagus-bagus…

Ini adalah calon drama sepanjang masaku, yang bakal ditonton ulang jika senggang tapi rasanya tidak membosankan. Dan meskipun ini drama, drama ini recommended juga untuk bukan kdrama addicted, orang yang gak suka drama korea nonton ini pun bisa cocok kok, karena kualitasnya movie. Universal.karissaremi

Like FP baru kami untuk mendapatkan update-an artikelnya>>>> FANPAGE

Advertisements

About Karissa Yi

Someone who can't live without drama. ["chariszha.com" - Can't Life without drama ]

Posted on 5 December 2016, in Goblin and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. DAEBAKK!!!saya suka saya suka!

  2. Wah ga nyangka ada yg bahas lengkap eps satunya! 😂 I am currently watching this drama too and soooo in love dg bromance yg ditunjukkan para om2 gong yoo & dong wook. Hihihi thanks utk ulasan super lengkap eps 1-nya 😄 jd pengen refresh lagi smbl nunggu eps 5-6 minggu depan 😂

  3. @baby, iya… aku melting lihat bromancenya. Makasih sudah mampir+komentar ^^

Don't be shy. Leave a reply ;)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s